Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Getar Keyboard iPhone Buat Kamu yang Belum Terbiasa

Cara Mematikan Getar Keyboard iPhone - Header

Gadgetren – Jika merasa terganggu dengan adanya getaran yang muncul saat mengetik menggunakan keyboard di iPhone bersistem iOS 16, kita dapat mematikannya dengan cara yang sangat mudah.

Setelah sekian lama, Apple akhirnya menyematkan fungsi getaran untuk keyboard bawaan iPhone. Mereka melakukannya lewat pembaruan iOS 16 beberapa waktu lalu yang menawarkan berbagai macam fitur dan dukungan baru.

Dengan fungsi getaran ini, mengetik dengan keyboard bawaan iPhone tentu akan menciptakan pengalaman yang sedikit berbeda. Sebagian orang mungkin akan merasa terbantu tetapi sebagian yang lain justru bisa cukup terganggu.

Umpan balik berupa getaran memang bisa membantu kita memastikan apakah tombol-tombol huruf pada keyboard sudah tersentuh dengan baik atau belum. Namun jika tidak terbiasa, mengetik bisa terasa kurang nyaman apalagi buat kita yang sensitif terhadap hal itu.

Bersama dengan dukungan baru untuk iPhone ini, Apple untungnya menyematkan pengaturan yang mudah untuk digunakan. Kamu yang ingin mematikan getaran keyboard bahkan hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut.

Cara Mematikan Getar Keyboard iPhone

  • Buka Settings
  • Masuk ke menu Sounds & Haptics
  • Klik setelan Keyboard Feedback
  • Matikan opsi Haptic

Setelah mematikan opsi Haptic dengan menggunakan langkah-langkah di atas, getaran saat mengetuk tombol huruf pada keyboard bawaan iPhone seharusnya tidak akan muncul lagi. Mengetik pun bisa kembali terasa seperti sebelum-sebelumnya.

Namun perlu diingat bahwa cara di atas berlaku untuk keyboard bawaan iPhone. Jika memanfaatkan dukungan dari layanan pihak ketiga seperti Google Keyboard (Gboard) atau SwiftKey, kita perlu metode yang cukup berbeda.

Misalnya untuk Gboard, kita dapat mematikan fungsi getaran secara langsung dari aplikasinya. Kita dalam hal ini bisa masuk ke menu Keyboard settings kemudian mematikan opsi Enable haptic feedback on key press.

Sebagai tambahan informasi, mematikan fungsi getaran di iPhone sendiri tak hanya dapat membuat proses mengetik kembali terasa nyaman bagi sebagian orang. Namun secara khusus juga bisa menghemat baterai perangkat.

Motor yang dipakai untuk membuat vibrasi biasanya membutuhkan energi yang tidak sedikit. Jadi secara teori bisa mengurangi konsumsi pemakaian daya dari perangkat terkait jika dimatikan atau tidak terlalu sering digunakan.

Tinggalkan Komentar