Rekomendasi Handphone Smartphone

Bukan Sultan? Ini Rekomendasi Handphone RAM 8 GB dengan Harga Rp 2-3 Jutaan di Tahun 2021

HP RAM 8 GB Header

Gadgetren – Mempertimbangkan kapasitas RAM dari handphone yang ingin dipinang adalah langkah penting bagi para pengguna untuk mendapatkan pengalaman terbaik di kemudian hari.

RAM memang bukan penyokong utama kinerja pada sebuah handphone. Namun tanpa diimbangi dengan kapasitas yang cukup, SoC segahar apa pun akan sedikit terseok-seok saat harus menjalankan aplikasi secara multitasking.

Tentu saja, dukungan ini pun cukup berpengaruh saat kamu ingin menjalankan game dengan jumlah data besar karena RAM berfungsi selayaknya tampungan sementara untuk berbagai data yang sedang dikerjakan oleh SoC.

Handphone berkapasitas RAM tinggi untungnya bukan hal yang sangat premium sekarang ini. Kamu bahkan sudah bisa menemukan perangkat dengan RAM 8 GB di pasar Rp 2 hingga 3 Jutaan.

Jika preferensi RAM besar masuk ke dalam salah satu bahan pertimbanganmu, berikut ini beberapa handphone berkapasitas RAM 8 GB yang dibanderol dengan harga Rp 2 hingga 3 Jutaan tersebut.

Handphone RAM 8 GB di Harga Rp 2-3 Jutaan

Infinix Zero 8

HP RAM 8 GB - Infinix Zero 8

Dipasarkan dengan banderol harga mulai Rp 2.899.000 di sejumlah ecommerce, Infinix Zero 8 mungkin bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu untuk mengawali tahun 2021 dengan perangkat berkinerja mumpuni.

Selain sudah mengemas RAM berkapasitas 8 GB, perangkat buatan Infinix ini pun membawa SoC MediaTek Helio G90T yang mampu dipacu hingga 2,05 GHz serta memori penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Bermain game tentu bukan masalah besar dengan Infinix Zero 8. Apalagi di sisi lain, perangkat ini pun sudah mengemas sejumlah fitur kekinian seperti layar berkecepatan 90 Hz serta pengisian cepat 33W.

realme 7i

HP RAM 8 GB - realme 7i

Kamu yang mencari handphone dengan RAM 8 GB pun dapat menjatuhkan pilihan ke realme 7i. Perangkat dengan label Rp 3.199.000 ini juga menawarkan spesifikasi menarik selain kapasitas RAM yang tinggi.

Qualcomm Snapdragon 662 yang sudah menggunakan fabrikasi 11 nm, memori penyimpanan internal sebesar 128 GB, hingga layar 90Hz Ultra Smooth Display menjadi beberapa di antaranya.

Tak lupa, sektor fotografi realme 7i juga menarik untuk dipertimbangkan. Teknologi kamera kuartet dengan lensa utama hingga 64 MP dan kamera selfie bersensor Sony IMX471 16 MP memungkinkan kamu mengambil foto indah lebih mudah.

OPPO A91

HP RAM 8 GB - OPPO A91

Sepanjang tahun 2020, OPPO menelurkan beberapa perangkat di Indonesia yang layak untuk dipertimbangkan. OPPO A91 termasuk salah satunya karena handphone ini sekarang hanya dibanderol mulai dari Rp 3.499.000 untuk varian dengan RAM 8GB.

Handphone dengan SoC MediaTek Helio P70 ini pun sudah mengemas panel AMOLED berukuran 6,4 inci yang sudah membawa lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5 dan terintegrasi dengan pemindai sidik jari di dalam layar.

Di sektor fotografinya, OPPO A91 mempunyai kamera kuartet dengan konfigurasi lensa utama 48 MP + sudut lebar 8 MP + makro 2 MP + monokrom 2 MP serta kamera depan 16 MP.

Redmi Note 9 Pro

RedmiNote9Pro-Feature

Meramaikan pasar menengah, Xiaomi pun meluncurkan Redmi Note 9 Pro di Indonesia pada tahun 2020. Banyak orang merekomendasikan handphone ini, termasuk saya di antaranya.

Pasalnya dengan banderol harga Rp 3.549.000, Redmi Note 9 Pro sudah berusaha membawa pengalaman perangkat flagship ke pasar menengah melalui Qualcomm Snapdragon 720G yang dikombinasikan bersama RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB.

Baterai berkapasitas 5.020mAh plus pengisian cepat 30W, kamera kuartet dengan resolusi hingga 64 MP, hingga sensor pemindai sidik jari pun menjadi beberapa fitur pendukung yang tak boleh dilewatkan oleh para pengguna.

vivo Y51

HP RAM 8 GB - vivo Y51

vivo Y51 bisa menjadi alternatif berikutnya. Handphone yang kini dibanderol seharga Rp 3.599.000 ini pun menawarkan RAM 8 GB dengan memori penyimpanan internal sebesar 128 GB sebagai kombinasi.

Di dalam bodi cantiknya, vivo Y51 pun sudah membawa Qualcomm Snapdragon 665, baterai sebesar 5.000mAh, hingga bermacam fitur menarik seperti teknologi reverse charging, Bluetooth 5.0, dan audio booster.

Kamera trio berkonfigurasi 48 MP + sudut lebar 8 MP + makro 2 MP serta kamera depan 16 MP juga turut mempersenjatai handphone ini agar mampu memberikan hasil foto yang lebih baik.

POCO X3 NFC

POCO X3 NFC Kelengkapan

Lini “flagship killer” milik Xiaomi, POCO, pun kembali menjajaki pasar handphone pada tahun 2020 lalu. Yang mana di lini menengah, mereka membawa POCO X3 NFC dengan spesifikasi yang sangat menggoda.

Handphone dari Xiaomi ini mempunyai varian yang menawarkan dukungan RAM 8 GB. Dikombinasikan dengan Qualcomm Snapdragon 732G, teknologi pendingin LiquidCool 1.0 Plus, dan layar dengan penyegaran 120Hz, pengalaman bermain game bisa terasa lebih mulus.

Di sisi lain, perangkat ini juga menawarkan fitur-fitur tambahan yang sangat berguna. Adapun beberapa di antaranya meliputi dukungan pengisian 33W, Game Turbo 3.0, hingga kamera beresolusi tinggi.

Samsung Galaxy A31

HP RAM 8 GB - Samsung Galaxy A31

Berusaha mengembalikan takhtanya, Samsung pun mulai memperkenalkan beberapa perangkat menengah yang cukup menarik. Termasuk di dalamnya adalah Galaxy A31 yang dibanderol dengan harga di kisaran Rp 3.650.000 untuk RAM 8 GB.

Galaxy A31 pun bisa menjadi pilihan pas bagi kamu yang ingin memiliki perangkat dengan kemampuan fotografi mumpuni. Selaras dengan lini keluarganya, perangkat ini dipersenjatai kamera kuartet dengan konfigurasi lensa yang tinggi.

Apalagi selain lensa utama yang sudah beresolusi 48 MP, Galaxy A31 juga mendorong kemampuan di sektor fotografi dengan menyematkan lensa tambahan lebih tinggi dibandingkan perangkat sekelasnya seperti lensa sudut lebar 8 MP, makro 5 MP, dan kedalaman 5 MP.

vivo S1 Pro

HP RAM 8 GB - Vivo S1 Pro

Memperkenalkan diri sebagai perangkat anak muda, vivo S1 Pro yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 3.699.000 pun bisa opsi pembelian menarik bagi kamu saat mencari handphone berkapasitas RAM tinggi.

Apalagi selain RAM 8 GB di dalamnya, handphone ini juga dilengkapi dengan dukungan SoC Snapdragon 665 yang digabungkan dengan memori penyimpanan internal berkapasitas minimal 128 GB.

Handphone ini pun menawarkan beberapa hal menarik seperti layar Super AMOLED yang terintegrasi dengan pemindai sidik, kamera depan beresolusi 32 MP, serta fitur Dual-Engine Fast Charging.

OPPO A92

HP RAM 8 GB - OPPO A92

Opsi lain perangkat berkapasitas RAM tinggi yang tak kalah menggoda untuk dipertimbangkan adalah OPPO A92. Meskipun dibanderol Rp 3.799.000 atau lebih mahal sedikit, handphone ini punya beberapa kemiripan dengan vivo Y51.

Namun tentu saja ini cukup wajar karena selisih harga yang dibawanya tercatat membawa ukuran layar lebih besar, dukungan kamera lebih lengkap, serta antarmuka sistem operasi ColorOS 7.1 (yang sebenarnya juga dirancang berdasarkan Android 10).

vivo V20 SE

vivo-V20-SE-Aquamarine-Green-with-box-header

Rekomendasi terakhir saya jatuh pada perangkat vivo V20 SE. Dengan harga yang hampir menyentuh angka Rp 4 Juta, handphone ini membawa spesifikasi dan dukungan yang sangat bagus.

Seolah hadir sebagai varian tertinggi dari vivo Y51, handphone ini pun dilengkapi dengan Snapdragon 665 yang dikombinasikan dengan RAM 8GB dan memori penyimpanan 128GB.

Hanya saja di sisi lain, perangkat ini pun sudah membawa teknologi pemindai sidik jari terintegrasi dalam layar AMOLED 6,44 inci, pengisian cepat 33W, serta kamera depan 32 MP.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar

2 Komentar