ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31 – Beneran Layak Dibanderol Rp 3 Jutaan?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31 Header

Gadgetren – Apakah Samsung Galaxy A31 yang baru meluncur bisa menjadi primadona baru di pasar ponsel menengah Indonesia dengan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dibawanya?

Galaxy A31 adalah ponsel pintar yang dirancang untuk menyasar anak muda. Ponsel buatan Samsung ini mengemas berbagai macam hal yang ditawarkan oleh sebagian besar ponsel pintar masa kini.

Secara umum, Galaxy A31 menawarkan kinerja mumpuni, dukungan kamera terbaik, serta fitur tambahan yang tak kalah lengkap agar bisa menunjang semua kebutuhan pengguna saat ini.

Meskipun demikian, apakah perangkat ini layak untuk dipertimbangkan? Guna menjawab pertanyaan ini, mari kita bahas satu per satu mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut.

Kelebihan Samsung Galaxy A31

Dibanderol dengan harga Rp 4,2 jutaan, Galaxy A31 membawa SoC MediaTek Helio P65 yang mampu dipacu hingga 2,0 GHz sebagai dapur pacunya. SoC menengah ini pun menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Galaxy A31.

Helio P65 secara teknis telah mengemas arsitektur yang lumayan baru dari ARM yang menggabungkan enam buah ARM Cortex-A55 dan dua buah ARM Cortex-A75. Kedua arsitektur ARM tersebut lebih bertenaga dan hemat daya jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

Samsung menggunakan Helio P65 juga ada alasannya. Selain bertenaga dan hemat daya, SoC tersebut juga mendukung fitur Live Gaming yang lebih mulus sehingga para pengguna bisa membuat konten gaming yang lebih baik.

Tak hanya membuat Galaxy A31 lebih bertenaga, SoC MediaTek tersebut pun juga membawa dukungan kamera yang lebih tinggi. Berbekal SoC tersebut, Galaxy A31 bisa menggunakan kamera beresolusi 48 MP yang dikombinasikan dengan lensa sudut lebar 8 MP, lensa makro 5 MP, dan kedalaman 5 MP.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31 - Kamera

Dengan kombinasi tersebut, pengguna bisa menggunakan kamera Galaxy A31 secara lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi dalam sektor fotografi tersebut, Galaxy A31 juga memiliki kamera depan beresolusi 20 MP.

Galaxy A31 sudah dilengkapi dengan layar Super AMOLED 6,4 inci beresolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel). Selain menawarkan tampilan luas, klaim sebelumnya mengungkapkan bahwa panel Super AMOLED memiliki respons yang lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31 - Fitur Tambahan

Panel buatan Samsung itu pun bisa bekerja lebih hemat daya sehingga masa aktif ponsel bisa lebih lama. Apalagi di sektor dayanya, Galaxy A31 juga sudah membawa baterai berkapasitas 5.000mAh.

Fitur-fitur tambahan seperti sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi di dalam layar dan dukungan NFC (Near-Field Communication) juga sudah hadir dalam Galaxy A31 sehingga perangkat bisa lebih fungsional.

Kekurangan Samsung Galaxy A31

Meskipun Helio P65 menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan Galaxy A31, SoC ini pun sayangnya menjadi kekurangan dari perangkat tersebut karena banyak ponsel Rp 3 Jutaan yang memakai SoC yang lebih bertenaga.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31 - Layar

Selain itu, berbagai macam fitur dan spesifikasi mumpuni dari Samsung ke dalam Galaxy A31 memaksa perangkat harus kehilangan beberapa fitur lain seperti fitur Super Steady.

Dengan demikian, pengguna perlu menggunakan Gimbal sebagai perangkat tambahan supaya kamera Galaxy A31 bisa merekam video dengan lebih mulus dengan goncangan yang rendah.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Apa pun kekurangan samsung tetap fans berat..mantap samsung.
    Banyak kelebihan nya kali di banding hp china.