Tips dan Trik

Mulai Bermasalah? Begini Lho Cara Cek Baterai Buat Pengguna Handphone Samsung

Cara Cek Baterai Samsung Header

Gadgetren – Seiring bertambahnya usia pemakaian handphone, penurunan kemampuan baterai dalam menyimpan energi listrik memang suatu hal yang tidak bisa dihindari oleh semua pengguna.

Dengan periode yang berbeda-beda, sel kimia di dalamnya memang akan semakin melemah dari waktu ke waktu sehingga baterai tidak bisa menampung energi secara maksimal sebanyak kondisi awal pemakaian.

Hal tersebut secara umum biasanya ditandai dengan perubahan durasi pemakaian handphone yang terasa menjadi lebih boros (baterai cepat habis) dibandingkan penggunaan sebelum-sebelumnya.

Dalam beberapa kasus, melemahnya kemampuan sel kimia tersebut pun disusul dengan perubahan bentuk baterai itu sendiri sehingga membuat handphone terlihat lebih gendut dan tidak nyaman untuk digenggam.

Kebanyakan manufaktur handphone kabar baiknya mempunyai fitur khusus yang bisa digunakan untuk mengecek kesehatan baterai dengan mudah, termasuk Samsung salah satunya.

Namun sedikit berbeda dari kebanyakan manufaktur yang mengimplementasikan hal tersebut ke dalam pengaturan, Samsung secara khusus menyebarkannya melalui aplikasi bernama Samsung Members.

Aplikasi ini bisa kamu unduh melalui halaman Google Play Store maupun Samsung Galaxy Store jika belum memilikinya. Sementara untuk mengecek baterai perangkat menggunakannya, berikut langkah-langkah yang bisa ditempuh.

Cara Mengecek Kesehatan Baterai Handphone Samsung

Melalui Samsung Members

  1. Pasang atau perbarui Samsung Members melalui toko aplikasi
  2. Jalankan aplikasi setelah terpasang di handphone
  3. Masuk ke bagian Get Help dengan mengetuk ikon Headset di menu bawah
    Cara Cek Baterai Samsung 1
  4. Selanjutnya, klik opsi Interactive checks
    Cara Cek Baterai Samsung 2
  5. Dari halaman Interactive checks, pilih opsi Battery
    Cara Cek Baterai Samsung 3
  6. Informasi mengenai kesehatan baterai, bisa kamu lihat pada bagian Life

Samsung Members merupakan layanan komunitas yang dirancang secara khusus agar para pengguna dapat menjumpai berbagai macam tips, trik, maupun ulasan lain dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

Di dalamnya, kamu bahkan dapat mengajukan sebuah pertanyaan terkait dengan fitur maupun masalah di perangkat-perangkat buatan Samsung agar memperoleh solusi.

Sejak tahun 2016, Samsung uniknya menambahkan fitur diagnosis cepat ke dalam aplikasi ini yang mana bisa digunakan oleh para pengguna untuk mengecek berbagai macam fungsi dan komponen handphone.

Selain baterai yang dijelaskan sebelumnya, kamu pun dapat menggunakan Samsung Members untuk mengecek fungsi Bluetooth, Wi-Fi, layar sentuh, tombol fisik, getaran, mikrofon, speaker, hingga USB.

Saat digunakan untuk mengecek baterai, Samsung Members sayangnya hanya menampilkan keterangan Good, Ok, Bad, atau Weak yang notabene tidak begitu spesifik jika dibandingkan fitur serupa di sejumlah handphone lain.

Jika ingin mendapatkan data lebih spesifik, kamu pun bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama AccuBattery yang akan menampilkan kondisi kesehatan baterai dalam bentuk persentase.

Melalui AccuBattery

  1. Pasang aplikasi dari Google Play Store
  2. Jalankan, kemudian usap layar beberapa kali sampai muncul keterangan Calibration Complete!
  3. Mulai aplikasi dengan mengetuk tombol Centang
  4. Masuk ke bagian Health
    Cara Cek Baterai Samsung 4
  5. Untuk mengetahui informasi mengenai kesehatan baterai, cari bagian Battery Health
    Cara Cek Baterai Samsung 5

AccuBattery merupakan salah satu aplikasi favorit saya karena secara teknis tidak bekerja asal-asalan melainkan berdasarkan pengukuran berulang dalam siklus pemakaian handphone supaya bisa menghasilkan data.

Bahkan sebagai akibatnya, informasi mengenai kesehatan baterai tidak akan langsung muncul saat pertama kali menggunakannya. Kamu perlu melakukan beberapa kali siklus mengisi dan menghabiskan baterai untuk hal tersebut.

Untungnya selain mengecek kesehatan baterai, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk memantau aktivitas pemakaian baterai dari aplikasi atau melihat rerata data penggunaan handphone setiap waktu.

Samsung sendiri sebenarnya juga mempunyai sistem yang cukup bagus dalam menangani permasalahan ini. Mereka akan memberikan notifikasi jika baterai handphone yang kamu gunakan sudah mengalami penurunan kinerja (deteriorasi).

Melalui Notifikasi Handphone

Tidak ada langkah khusus yang perlu ditempuh supaya kamu bisa menikmati fitur notifikasi tersebut. Sistem operasi buatan Samsung akan bekerja secara otomatis lalu menampilkan pemberitahuan jika permasalahan baterai muncul dan perlu segera mendapatkan penanganan.

Namun biasanya, ini akan terjadi ketika baterai memang benar-benar kritis atau terjadi penurunan kemampuan secara drastis seperti handphone sering mati secara tiba-tiba saat digunakan.

Cara Cek Baterai Samsung 6

Meskipun demikian, kamu sebenarnya tak perlu langsung melakukan penggantian karena hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh pergeseran skala antara sensor dan baterai yang mana hanya memerlukan sedikit kalibrasi.

Apalagi, kamu dapat mengantisipasinya terlebih dahulu dengan mengecek kesehatan baterai dengan dua cara sebelumnya setelah menjumpai tanda-tanda penurunan kinerja.

Kapan Perlu Mengecek Kondisi Kesehatan Baterai?

Baterai lithium-ion (Li-ion) sebenarnya termasuk jenis sumber listrik dengan kepadatan tinggi yang tahan lama dan aman untuk digunakan. Hanya saja, pemakaian yang tidak wajar dapat membuat kinerjanya cepat menurun.

Kamu perlu melakukan pengecekan baterai jika mulai merasakan penurunan tersebut. Adapun salah satu tanda yang paling umum adalah handphone mempunyai durasi pemakaian dari penuh hingga habis sangat singkat.

Apalagi dalam hal ini, handphone sering mati secara mendadak karena kehabisan baterai padahal persentase yang ditampilkan pada panel notifikasi di dalam layar masih sangat tinggi.

Deformasi (perubahan bentuk) handphone pun bisa menjadi acuan untuk segera melakukan pengecekan kesehatan baterai. Seperti yang kita bahas di bagian awal, baterai pada beberapa perangkat juga bisa membengkak saat digunakan terus menerus.

Selain itu, mengecek kesehatan baterai juga wajib untuk dilakukan ketika ingin meminang handphone bekas pakai karena kamu pastinya akan kesulitan untuk menerka bagaimana riwayat penggunaan sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa penggunaan yang salah dapat menurunkan kesehatan baterai dengan lebih cepat. Hal ini bahkan dapat terjadi untuk perangkat-perangkat yang tergolong cukup baru.

Berdasarkan hasil pengecekan kesehatan baterai di perangkatmu, kamu selanjutnya baru bisa memutuskan apakah akan segera menggantinya atau membiarkannya untuk sementara waktu.

Kapan Perlu Mengganti Baterai?

Hasil pengecekan kesehatan melalui aplikasi maupun sistem yang dimiliki oleh Samsung tentu tidak serta merta perlu solusi penggantian baterai. Kamu juga perlu menentukannya berdasarkan pemakaian harian dari handphone itu sendiri.

Bagi saya, mengganti baterai perlu dilakukan ketika masalahnya sudah benar-benar mengganggu seperti handphone sudah sering tiba-tiba mati. Sebelum itu, kita masih bisa menggunakannya dengan perawatan yang benar supaya tidak menjadi semakin parah.

Tips Merawat Baterai yang Benar

  • Gunakan pengisi daya yang baik (tidak perlu merek aslinya tetapi jangan abal-abal)
  • Pakai adaptor dengan tegangan dan arus sesuai kebutuhan perangkat
  • Jangan terlalu sering menggunakan powerbank sembari digunakan
  • Diamkan perangkat saat proses pengisian berlangsung
  • Jangan mengisi daya saat batera benar-benar lemah
  • Berhenti menggunakan handphone saat suhunya tengah tinggi

Dengan beberapa hal ini, kamu tentu bisa sedikit memperpanjang usia pemakaian baterai di dalam handphone. Hanya saja, hal ini tentu tidak akan mencegah deteriorasi secara permanen.

Pengecekan kesehatan baterai pun mungkin perlu sering dilakukan oleh pengguna ketika handphone digunakan secara tidak wajar seperti di tempat dengan suhu selain 0 hingga 35 derajat Celsius sesuai dengan rancangan Samsung.

Beberapa metode di atas pun hanya sebagian metode yang bisa ditempuh oleh pengguna. Kamu boleh menuliskan komentar jika menjumpai beberapa permasalahan terkait dengan pengecekan baterai Samsung ini.

Tinggalkan Komentar