ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Battery Health OPPO Agar Selalu Tahu Kondisinya

Cara Melihat Battery Health OPPO Header

Gadgetren – Sebagai salah satu komponen yang sangat penting, baterai mampu memberikan energi kehidupan bagi perangkat OPPO agar dapat menyala untuk digunakan dalam menunjang rutinitas penggunanya.

Seiring berjalannya waktu pemakaian, tentunya kondisi baterai akan mengalami penurunan sehingga kamu harus melakukan pengecekan secara berkala.

Berbeda dengan iPhone yang memperlihatkan persentase Battery Health sebagai fitur yang dimilikinya, perangkat berbasis Android termasuk buatan OPPO tidak memiliki fitur bawaan yang dapat memperlihatkan langsung Battery Health.

Jadi perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti AIDA64, Electron, dan Battery Health Check sebagai cara melihat Battery Health OPPO yang mana ditunjukkan lewat indikator kesehatan.

Cara Melihat Battery Health OPPO

Menggunakan AIDA64

  • Unduh aplikasi AIDA64 dari Google Play Store.
  • Jalankan aplikasi setelah terpasang.
  • Pada halaman utama, pilih menu Battery.
    OPPO - AIDA64 - 1
  • Selanjutnya, Battery Health akan langsung muncul untuk melihat kesehatannya.
    OPPO - AIDA64 - 2

Apabila tertulis Good, maka kondisi baterai dalam keadaan baik-baik saja. Selain itu, AIDA64 juga dapat menampilkan beragam informasi mengenai baterai mulai dari persentase daya baterai yang sedang dimiliki, teknologi, temperatur, voltase, hingga kapasitas baterai.

Melalui Electron

  • Unduh aplikasi Electron dari Google Play Store.
  • Jalankan aplikasi.
  • Tunggu proses kalibrasi hingga selesai.
  • Pada halaman utama, kamu akan langsung melihat informasi mengenai Battery Health di bagian atas.
    OPPO - Electron - Battery Health

Dengan Battery Health Check

  • Pasang aplikasi Battery Health Check dari Google Play Store.
  • Jalankan aplikasi.
  • Tunggu proses kalibrasi hingga selesai.
  • Pada halaman utama, kamu dapat melihat informasi Battery Health di bagian Condition.
    OPPO - Battery Health Check

Baik aplikasi Electron dan Battery Health Check juga akan menampilkan informasi seperti Good untuk menyimpulkan kesehatan baterai yang dimiliki perangkat OPPO.

Seluruh aplikasi tersebut sayangnya tidak dapat mengetahui persentase Battery Health dari perangkat OPPO. Kamu hanya akan melihat informasi kondisinya yang ditulis dengan Bad atau Good.

Biasanya apabila tulisan Good yang muncul, kesehatan baterai dari perangkat OPPO masih bagus sehingga dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Namun pada saat tulisan Bad ditampilkan, maka kamu harus bersiap untuk mengganti baterai karena kesehatannya sudah tidak baik lagi yang mana bisa berpengaruh pada masa penggunaan.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya kamu mengunjungi Service Center resmi OPPO supaya ditangani oleh staff dan teknisi berpengalaman untuk proses penggantian baterai sehingga dilakukan secara profesional dalam waktu singkat.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar