ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Battery Health HP OPPO Untuk Lihat Kapasitas Kesehatan

OPPO Reno11 Pro 5G - Display Half Top

Gadgetren – Pada ColorOS yang dihadirkan di ponsel OPPO masa kini sudah dihadirkan fitur yang dapat melihat Kesehatan Baterai atau Battery Health secara langsung.

Fitur ini persis seperti milik iPhone yang akan memperlihatkan kondisi baterai dalam bentuk persentase. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui status baterai ponsel OPPO saat ini dapat diisi sebanyak apa dibandingkan awal diaktifkan.

Battery Health tentunya dimulai dari angka 100% dan akan menurun seiring penggunaan misalnya menjadi 90% hingga seterusnya. Mengetahui kesehatan baterai secara berkala pun penting terutama jika ponsel tidak lagi dapat menyala dalam waktu lama.

Cara Cek Kesehatan Baterai HP OPPO

  1. Buka aplikasi Settings.
    Kesehatan Baterai OPPO - Settings - 1
  2. Pilih opsi Battery.
    Kesehatan Baterai OPPO - Settings - 2
  3. Pilih menu Battery health.
    Kesehatan Baterai OPPO - Settings - 3
  4. Selanjutnya, kamu akan melihat persentase Maximum Capacity saat mengisi baterai.

Maximum Capacity bisa dikatakan sama dengan Kesehatan Baterai karena berupa informasi berapa persen maksimal kapasitas daya baterai yang dapat diisi.

Sementara itu ponsel OPPO generasi lama belum menghadirkan fitur ini sehingga kamu dapat melihatnya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, seperti AccuBattery yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Menggunakan Aplikasi AccuBattery

  1. Setelah terpasang di ponsel, jalankan aplikasi AccuBattery
  2. Nantinya kamu akan diminta mengalibrasi baterai untuk pertama kalinya.
  3. Setelah proses selesai, buka tab Health di bagian bawah.
    Kesehatan Baterai OPPO - AccuBattery - 1
  4. Kemudian, kunjungi bagian Battery Health.
    Kesehatan Baterai OPPO - AccuBattery - 2
  5. Kamu akan melihat estimasi kapasitas, kemampuan kapasitas awal, dan persentase maksimal pengisian daya baterai.

Tentunya AccuBattery akan mengoleksi informasi dari sistem di ponsel OPPO secara berkala dan melakukan analisia perhitungan secara rutin setiap kali kamu mengisi daya baterai dan memakai ponsel dalam keseharian.

AccuBattery dapat dimanfaatkan juga untuk memantau waktu penggunaan rata-rata ponsel dan mengetahui kapan rentang waktu pengisian daya baterai.

Tidak hanya AccuBattery, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi AIDA64 yang ada di Google Play Store untuk mengetahui kesehatan baterai dari ponsel OPPO saat ini.

Menggunakan Aplikasi AIDA64

  1. Buka Lock Screen ponsel OPPO.
  2. Pilih aplikasi AIDA64.
  3. Tekan menu Battery.
    Kesehatan Baterai OPPO - AIDA64 - 1
  4. Pada bagian Health, kamu dapat mengetahui status kondisi baterai.
    Kesehatan Baterai OPPO - AIDA64 - 2

Indikator Good mengartikan kesehatan baterai dari ponsel OPPO masih berada status bagus. Sementara jika yang ditampilkan tulisan Bad berarti baterai sudah tidak lagi dalam kondisi prima karena tidak mampu menyimpan banyak daya lagi.

Dengan kondisi Bad, kamu harus siap-siap mengganti baterai ponsel OPPO yang mana bisa mengunjungi Service Center resmi OPPO terdekat agar ditangani secara aman oleh staf profesional yang telah bersertifikasi.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar