Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Battery Health di Handphone realme Untuk Mengetahui Kesehatannya

Cara Cek Battery Health di Handphone realme Header

Gadgetren – Pada saat kita menggunakan handphone realme dalam jangka waktu yang lama, tentunya kesehatan baterai merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan.

Kesehatan baterai atau sering disebut Battery Health merupakan informasi mengenai kesehatan baterai yang biasanya ditunjukkan  dalam bentuk persentase setelah handphone melakukan siklus pengisian daya dan penggunaan harian.

Namun secara bawaan, handphone realme tidak diberikan fitur untuk memperlihatkan informasi mengenai Battery Health yang dimilikinya melainkan hanya persentase sisa pemakaian daya baterai saja.

Untuk itulah kamu perlu memasang aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store, seperti AIDA 64 maupun Electron untuk mengetahui Battery Health yang dimiliki oleh handphone realme.

Cara Cek Baterry Health di Handphone realme

Menggunakan Aplikasi AIDA64

  • Unduh AIDA64 dari Google Play Store
  • Buka aplikasi setelah terpasang
  • Pada halaman utama AIDA64, pilih menu Battery
  • Kamu akan melihat kondisi baterai pada menu Health
    realme - Battery Health - AIDA64

Pada saat menu Health menunjukkan pernyataan Good, berarti baterai memiliki kondisi yang baik. Namun apabila muncul Bad, maka memperlihatkan bahwa kesehatan baterai sudah tidak lagi prima.

Selain untuk mengetahui kondisi baterai, sebenarnya aplikasi AIDA64 juga dapat digunakan untuk melihat spesifikasi yang dimiliki handphone realme mulai dari chipset, RAM, penyimpanan, baterai, layar, kamera, dan masih banyak lagi.

Sementara jika kamu masih merasa kurang puas dengan informasi yang ditampilkan oleh AIDA 64, maka dapat memanfaatkan aplikasi Electron yang fungsinya memang untuk mengecek dan memberikan informasi mengenai Battery Health.

Menggunakan Aplikasi Electron

  • Unduh dan jalankan Electron dari Google Play Store
  • Pada halaman utama, kamu akan langsung melihat informasi mengenai Battery Health
  • Apabila bertuliskan Good, maka kesehatan baterai sedang baik dan dapat digunakan normal
    realme - Battery Health - Electron

Kamu pun bisa melihat status pengisian daya, kapasitas baterai total, sisa daya baterai, kecepatan pengisian, dan lainnya. Electron juga menghadirkan beragam pernyataan status mengenai Battery Health seperti Good, Cold, Overheat, Overvoltage, dan Dead.

Apabila sudah masuk ke status Overheat, Overvoltage, dan Dead, maka kondisi baterai sedang tidak bagus akibat beberapa hal. Kamu tentunya bisa mengganti baterai handphone di realme Service Center. Pada aplikasi

Tinggalkan Komentar