Smartphone Tips dan Trik

Cara Mengecek Kesehatan Baterai vivo Biar Tau Kapan Waktunya Ganti

Cara Mengecek Kesehatan Baterai vivo - Header

Gadgetren – Mengecek kesehatan baterai tentu dapat menjadi langkah yang sangat bagus jika kita ingin mempertahankan kenyamanan saat menggunakan perangkat-perangkat buatan vivo.

Dengan melakukan hal itu, kita soalnya bisa tahu kapan waktu yang tepat mengganti komponen penyimpan daya tersebut sehingga perangkat dapat digunakan untuk memenuhi kembali kebutuhan sehari-hari tanpa khawatir bakalan cepat mati.

Penurunan kemampuan baterai di sebuah handphone memang tidak dapat dihindari meskipun tipe Li-Po (Lithium Polymer) dirancang untuk pemakaian berdurasi lama. Prosesnya bahkan bisa semakin cepat jika kita menggunakan perangkat secara asal-asalan.

Secara kasat mata, baterai yang mengalami penurunan kemampuan biasanya akan berubah bentuk atau mengalami deformasi. Umumnya akan menggembung atau berukuran lebih besar dari kondisi awal sehingga membuat bodi perangkat sedikit terangkat.

Namun bentuk fisik ini tentu bukan satu-satunya patokan. Kemampuannya bisa saja menurun tanpa disertai deformasi sehingga kita pun perlu melakukan pengecekan menggunakan beberapa cara yang tersedia.

Cara Mengecek Kesehatan Baterai Handphone vivo

Menggunakan AccuBattery

  1. Download aplikasi AccuBattery dari Google Play Store
  2. Jalankan aplikasi
  3. Jika baru pertama kali, gulir ke kanan sampai masuk halaman Calibration completed!
  4. Klik tombol Set Design Capacity jika informasi mengenai kapasitas masih salah
    Cara Mengecek Kesehatan Baterai vivo - 1
  5. Klik tombol Centang
  6. Masuk ke tab Health untuk mengecek kesehatan baterai
    Cara Mengecek Kesehatan Baterai vivo - 2

Untuk pemakaian pertama kali, halaman Health biasanya akan kosong. Aplikasi AccuBattery soalnya membutuhkan waktu untuk menganalisis kapasitas baterai lewat beberapa siklus pengisian dan membandingkannya dengan data awal.

Kita bisa membuka halaman Health kembali setelah beberapa siklus pengisian. Nantinya akan muncul informasi mengenai Battery health (kesehatan baterai), Estimated capacity (estimasi kapasitas baterai sekarang), serta Design capacity (kapasitas standar handphone).

AccuBattery sendiri merupakan salah satu aplikasi andalan saya untuk mengecek kesehatan baterai di berbagai macam handphone karena dalam proses pengecekannya menggunakan data-data dan pengukuran yang dapat diukur.

Menggunakan CPU-Z

  1. Pasang aplikasi CPU-Z dari Google Play Store
  2. Buka aplikasi CPU-Z
  3. Masuk ke tab Battery
    Cara Mengecek Kesehatan Baterai vivo - 3

Nantinya di halaman Battery akan muncul informasi mengenai kesehatan baterai (dalam bentuk keterangan mulai dari Good hingga Overheat), level, status, sumber daya, tegangan, hingga temperaturnya.

CPU-Z sebenarnya merupakan aplikasi yang pas jika kita ingin melihat spesifikasi handphone secara lebih komplit. Hanya saja dengan fitur-fiturnya, kita pun dapat melakukan pengecekan ke banyak aspek termasuk baterai di dalamnya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar