Review Smartphone

Review Kamera OPPO Reno5 – Manjakan Pengguna dengan Fitur Rekam Video Canggih

Review Kamera OPPO Reno5 Header

Gadgetren – Selain hadir dengan performa dan baterai yang bisa diandalkan, OPPO Reno5 membawa dukungan multi kamera yang dapat memudahkan penggunanya dalam menghasilkan foto dan video secara kreatif.

Tepat pada bagian belakang Reno5 tersemat empat kamera belakang yang mempunyai komposisi kamera utama 64 MP (apertur f/1.7), ultrawide 8 MP (apertur f/2.2), makro 2 MP (apertur f/2.4), dan mono 2 MP (apertur f/2.4).

Secara bawaan, kamera utama OPPO Reno5 akan menghasilkan foto beresolusi 16 MP dengan warna yang dinamis, minim noise, dan berkualitas bagus di berbagai kondisi, baik cahaya cukup maupun redup. Hasil foto dengan resolusi ini secara umum memiliki warna cerah dan saturasi yang tinggi berkat pengolahan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan OPPO.

OPPO Reno5 camera feature

Foto 16 MP yang dihasilkan dari kamera utama ini menggunakan metode 4-in-1 pixel binning uang menggabungkan 4 pixel menjadi 1 pixel besar. Dengan teknik ini, foto yang dihasilkan mengalami peningkatan terutama dalam kondisi low-light karena mampu menyerap cahaya yang banyak.

Meskipun tidak sekaya fitur foto yang menggunakan metode 4-in-1 pixel binning, namun foto 64 MP yang dihasilkan oleh kamera utama dari OPPO Reno5 mempunyai detail yang lebih tajam dibandingkan dengan foto 16 MP tersebut.

Untuk mengetahui perbedaannya, saya pun melakukan cropping antara foto 16 MP dan 64 MP agar terlihat perbedaan detail dari keduanya secara langsung. Terlihat bahwa foto 64 MP memang mempunyai detail yang lebih tinggi dibandingkan dengan foto 16 MP, meskipun keduanya sama-sama memiliki kualitas yang bagus.

OPPO-Reno5-Brownie-AutoTargetAuto

OPPO-Reno5-Brownie-64MPTarget64 MP

OPPO-Reno5-Brownie-AutoCropAuto – Crop

OPPO-Reno5-Brownie-64MPCrop64 MP – Crop

Sementara itu, kamera ultrawide yang dimiliki handphone ini dapat saya manfaatkan untuk mengambil foto dengan area yang luas sehingga sangat cocok untuk foto pemandangan, restoran, perkotaan, maupun tempat dengan banyak orang di dalamnya.

Pada saat saya mencobanya, kamera ultrawide mampu menghasilkan foto area luas dengan baik yang tidak dapat dijangkau oleh kamera utamanya. Sudut distorsi dari hasil foto pada kamera ini tidak terlalu miring sehingga nyaman untuk dipandang mata.

Hasil Foto Ultrawide

OPPO-Reno5-AutoGedungAuto

OPPO-Reno5-UltrawideGedungUltrawide

OPPO-Reno5-AutoRestoAuto

OPPO-Reno5-UltrawideRestoUltrawide

OPPO-Reno5-AutoTableAuto

OPPO-Reno5-UltrawideTableUltrawide

Selanjutnya, kamera makro 2 MP yang hadir pada Reno5 dapat saya manfaatkan untuk membidik obyek dari jarak dekat. Saya merasa bahwa hasil foto makronya masih terlihat bagus ketika sudah dibagikan ke media sosial maupun aplikasi chatting.

Hasil Foto Makro

OPPO-Reno5-Bunga-Makro

OPPO-Reno5-Makro-Buah

OPPO-Reno5-Makro-Hewan

OPPO-Reno5-Macro

Menariknya lagi, OPPO Reno5 dibekali dengan fitur Ultra-Clear 108MP Image yang memungkinkan saya dapat menghasilkan foto beresolusi 108 MP dengan detail dan tekstur yang baik. Saya rasa hasil fotonya masih pantas untuk dicetak dalam ukuran yang besar pada baliho, spanduk, billboard, dan lainnya.

Hasil Foto 108MP

OPPO-Reno5-108MP-Bemo

OPPO-Reno5-108MP-Lampu

Pada kondisi malam hari, saya dapat menghasilkan foto dengan terang dan minim noise berkat kehadiran fitur Ultra Night Mode. Apalagi fitur Ultra Dark Mode akan aktif secara otomatis apabila kondisi lingkungan sekitar hampir gelap atau memiliki cahaya dengan tingkat di bawah 5 lux (1 lux = 1 cahaya lilin). Hasil foto Ultra Dark Mode pun terlihat terang, meskipun sebenarnya lingkungan sekitar sudah mendekati gelap.

Hasil Foto Malam Hari

OPPO-Reno5-Malam-Normal-JalanAuto

OPPO-Reno5-Malam-Night-JalanokUltra Night Mode

OPPO-Reno5-Malam-NormalAuto

OPPO-Reno5-Malam-NightModeUltra Night Mode

OPPO-Reno5-AutoTamanAuto

OPPO-Reno5-DarkModeTamanUltra Dark Mode

Untuk membuat foto selfie yang dihasilkan kamera depan Reno5 menjadi terang di malam hari, OPPO telah menyematkan fitur Ultra Night Selfie pada kamera bawaannya. Nantinya fitur ini akan mengoptimalkan foto dan mencerahkan lingkungan kurang cahaya dan obyek manusia.

OPPO-Reno5-Selfie-NormalSelfie Normal

OPPO-Reno5-Selfie-BokehSelfie + Bokeh

OPPO-Reno5-SelfieNight-NormalSelfie Normal

OPPO-Reno5-SelfieMalam-NightUltra Night Selfie

Sementara itu, OPPO Reno5 juga dibekali dengan beberapa fitur fotografi yang dapat membuat saya menghasilkan foto lebih kreatif seperti Night Flare Portrait dan AI Color Portrait. Fitur Night Flare Portrait bisa dibilang asik karena dapat menciptakan potret malam yang cerah dengan efek bokeh alami.

Hasil Night Flare Portrait paling terasa ketika saya membidik obyek manusia dengan latar belakang yang dipenuh lampu. Hasil fotonya akan memperlihatkan subyek yang terlihat cerah dan diiringi dengan latar belakang yang memiliki efek neon artistik.

Hasil Foto Night Flare Portrait

OPPO-Reno5-NightFlare2

OPPO-Reno5-NightFlare

Sementara fitur AI Color Portrait memungkinkan saya dapat menghasilkan foto dan video dengan subyek yang memiliki warna sebenarnya, namun latar belakang mempunyai warna hitam dan putih. Pada saat kamera Reno5 mendeteksi manusia, maka warna akan dikunci sementara warna latar belakangnya akan diubah menjadi hitam putih.

Menurut saya, orang-orang yang melihat hasil foto atau video AI Color Portrait akan menjadi lebih fokus terhadap obyek karena latar belakangnya berwarna hitam putih. Apalagi perpotongan antara warna obyek dan latar belakang terlihat rapi.

Hasil Foto AI Color Portrait

OPPO-Reno5-AIColorPortrait

OPPO-Reno5-AIColorPortrait2

OPPO-Reno5-Selfie-AI Color PortraitSelfie + AI Color Portrait

Video AI Color Portrait





AI Monochrome Video





Sementara itu, OPPO Reno5 juga mempunyai fitur AI Monochrome Video dengan gabungan dari tiga jenis filter yang menambahkan efek menyerupai dalam film layar lebar yang hanya mempertahankan hanya warna merah, hijau, atau biru dari obyek yang ada di dalam video.

Nantinya lingkungan sekitar yang tidak memiliki tiga jenis filter warna tersebut akan dibuat menjadi warna hitam putih. Menurut saya, fitur AI Monochrome Video memberikan efek dramatis karena mengunci hanya satu warna saja.

AI Mixed Portrait





Beralih ke fitur rekam video canggih lainnya, OPPO Reno5 dilengkapi dengan fitur AI Mixed Portrait yang mempunyai kemampuan untuk menggabungkan video portrait dan video latar belakang sehingga akan menjadi satu video dengan efek artistik yang unik.

Pada saat AI Mixed Portrait diaktifkan, maka saya diizinkan untuk mengambil dua video untuk digabungkan. Saya harus mengambil video pertama untuk latar belakang dengan waktu maksimal 15 detik, sementara video kedua untuk video portrait bentuk artistik yang akan dibuat.

AI Mixed Portrait memiliki dua mode efek berbeda yang terdiri dari Blend dan Silhouette. Pada saat mode Blend dipilih, maka fitur ini akan menawarkan video gabungan dari video portrait yang ditransprasi dengan video latar belakang.

Sedangkan jika memilih mode Silhouette, maka video gabungan dari video portrait dengan bentuk siluet yang di dalamnya terdapat video latar belakang. Kedua mode AI Mixed Portrait tersebut sama-sama menawarkan hasil yang unik.

AI Highlight Video





Selanjutnya, fitur AI Highlight Video yang hadir pada OPPO Reno5 menggunakan algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan perhitungan yang diperlukan berdasarkan skenario berbeda, seperti HDR Live untuk siang hari atau Ultra Night Video untuk malam hari.

Dalam kondisi redup atau malam hari, kamera OPPO Reno5 akan mengaktifkan algoritma Ultra Night Video untuk mengoptimalkan kualitas video malam hari agar terlihat tajam dan cerah. Sementara pada kondisi cahaya latar belakang kuat, HDR Live akan secara otomatis membuat obyek dan latar belakang dalam video menjadi terlihat sama jelasnya.

Dual-view Video





Di antara semuanya, saya paling tertarik dengan fitur Dual-view Video karena memungkinkan video ditangkap melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan. Hasil video dari dua kamera ini pun langsung berada dalam satu bingkai yang sama.

Secara bawaan, Dual-view Video akan menghadirkan mode Split yang mengizinkan saya untuk membagi video hasil kamera depan dan belakang yang terbagi menjadi setengah layar besar.

Sementara mode Round dan Rectangle memungkinkan saya dapat membuat video layaknya seorang vlogger karena terdapat video kecil yang melayang dan video latar belakang dalam satu video sehingga cocok untuk tutorial atau menjelaskan berbagai hal kepada orang lain.

Hal yang membedakan antara mode Round dan Rectangle ini hanya pada bentuk video kecil yang melayang saja. Selain itu, saya juga bisa menukar kamera depan dan belakang untuk posisi penempatan video kecil dan video latar belakangnya.

Tak hanya sampai di situ saja, saya pun menggabungkan video-video yang dihasilkan oleh kamera Reno5 sebagai satu video yang menarik dengan menggunakan aplikasi video editor pintar bawaan, yakni SOLOOP.

OPPO-Reno5-Fullscreen

Pada saat saya memilih template, maka SOLOOP secara otomatis menyusun video dari kamera dikombinasikan dengan musik dan berbagai efek agar hasil video akhirnya terlihat menarik. Namun saya juga dapat mengedit video secara manual di aplikasi ini apabila template tersebut dirasa ada yang masih kurang.

Dengan dukungan multi kamera dan fitur kamera yang ditawarkan, bisa dibilang OPPO Reno5 akan menjadi salah satu handphone menarik yang bisa menjadi pilihan di harga Rp 4.999.000. Apalagi terdapat beragam fitur rekam video canggih yang dapat memanjakan saya maupun pengguna lain handphone ini.

Tinggalkan Komentar