Review Smartphone

Review OPPO A15 – Layar Besar dan Terang Bikin Nonton Video Makin Asik

Review OPPO A15 Header

Gadgetren – OPPO terus melebarkan sayapnya ke berbagai segmen smartphone dimana salah satunya dengan merilis OPPO A15 yang menyasar kelas menengah.

Handphone yang satu ini telah dijual di Indonesia seharga Rp 1.999.000 dengan menawarkan segala keunggulan yang dibutuhkan oleh pengguna masa kini. Yang jadi pertanyaan, apakah OPPO A15 cocok dengan kebutuhan kamu?

Untuk mengetahuinya secara lebih jelas, berikut review OPPO A15 dari tim Gadgetren setelah menggunakannya selama kurang lebih dua minggu.

Review OPPO A15
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 7/10
    7/10
  • Kamera - 7/10
    7/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8/10

Kesimpulan

OPPO A15 sebagai handphone kelas menengah dipastikan dapat menemani dan membantu kegiatan digital masa kini, khususnya dalam mengonsumsi konten hiburan.

Pros

  • Layar terang dan jelas
  • Baterai oke untuk keseharian
  • Desain kekinian dan nyaman digenggam
  • Kamera oke dalam pencahayaan optimal

Cons

  • Tidak ada dukungan fast charging
  • Masih menggunakan micro USB
  • Performa terkadang kurang mulus

OPPO A15 tampil dengan desain yang tampak elegan dan sangat kekinian. Balutan warna Fancy White (tersedia juga varian Dynamic Black) pada bagian belakang OPPO A15 mengingatkan saya pada indahnya kerang di pesisir pantai atau mutiara laut.

Review OPPO A15 Belakang

Terdapat logo OPPO berwarna perak dan modul kamera dwi warna yang semakin menghiasi bagian belakangnya. Tak ketinggalan juga sensor sidik jari yang dibuat senada dengan desainnya secara keseluruhan.

OPPO A15 punya dimensi yang terasa nyaman untuk digenggam berkat bodinya yang ramping dan lekukan 3D pada bagian belakang. Ditambah lagi OPPO A15 menggunakan material yang tidak licin sehingga tidak mudah tergelincir dari tangan.

Review OPPO A15 Ports

Pada bagian bawah OPPO A15 terdapat speaker, port micro USB, dan 3.5mm audio jack. Sementara itu tersedia pula tiga slot (dua kartu SIM dan satu microSD) pada samping kiri serta tombol volume dan power di samping kanan yang terasa berkualitas ketika ditekan.

Sementara pada bagian depannya OPPO A15 tebar pesona dengan layar penuh berbentang 6,52 inci yang tampil menggunakan desain waterdrop atau notch berbentuk tetesan air di bagian atasnya sehingga mengonsumsi berbagai jenis konten visual menjadi terasa lebih leluasa.

Review OPPO A15 Layar

Layarnya sendiri menyajikan gambar beresolusi HD+ 1600×720 piksel dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 88,7%. Menjagokan kecerahan layar mencapai 480 nits, konten yang tampil pada layar OPPO A51 dapat terlihat sangat jelas dan terang, bahkan ketika digunakan di bawah sinar matahari sekalipun.

Layar juga menampilkan gambar yang mempunyai warna cerah dan memanjakan mata sehingga cocok untuk menikmati konten visual seperti menonton YouTube maupun menjelajahi Instagram. Walaupun mempunyai layar besar, namun gambar tetap terlihat tajam berkat resolusinya yang sudah HD.

Dengan begitu melihat hasil foto yang dijepret menggunakan OPPO A15 juga akan menjadi lebih menyenangkan. Berbicara soal fotografi, OPPO A15 dipersenjatai dengan berbagai jenis kamera yang dapat digunakan dalam menghasilkan berbagai variasi foto.

OPPO A15 mengusung tiga kamera belakang dengan kombinasi kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan kamera portrait 2MP yang dilengkapi dengan dukungan AI Scene Enhancement. Sementara untuk kebutuhan selfie maupun Face Unlock tersedia kamera 8MP dengan AI Beautification.

OPPO A15 Kamera Belakang Masjid

OPPO A15 Kamera Belakang Buah

OPPO A15 Kamera Belakang Kucing

OPPO A15 Kamera Belakang Bunga

OPPO A15 Kamera Belakang Malam AutoAuto

OPPO A15 Kamera Belakang Malam NightmodeNight Mode

Kamera utama dari OPPO A15 mampu mengambil gambar cukup baik dalam keadaan cahaya optimal. Warna tampak cerah sebagaimana mestinya dan detail dari obyek pun terjaga dengan baik. Foto pun punya eksposur yang terjaga sehingga cahaya atau warna putih tidak terlalu terang.

Fitur Dazzle Color dapat memberikan warna yang lebih nendang lagi agar dapat langsung diunggah ke media sosial tanpa harus edit lagi. Sementara untuk fotografi malam, kamera utama OPPO A15 sayangnya masih kurang optimal dimana detil menjadi lebih buram. Fitur Night Mode dapat membuat detil menjadi lebih tajam, namun akan turut memunculkan noise.

OPPO A15 Kamera Belakang Makro

Kamera makro memungkinkan obyek untuk difoto dari jarak sangat dekat sekali sehingga cocok untuk mengabadikan miniature maupun hal lainnya yang berukuran kecil. Kualitas dari foto pun tampak jelas tanpa adanya distorsi yang kerap muncul di pinggiran foto seperti kompetitor lain.

OPPO A15 Kamera Belakang Apel Portrait

Dilengkapi oleh kamera portrait terpisah, OPPO A15 dapat memberikan efek bokeh atau latar buram dengan cukup baik karena dapat secara pintar mendeteksi pinggiran obyek dan tidak ada yang bocor melewati batas. Alhasil foto pun terlihat lebih dramatis dibandingkan foto biasa.

OPPO A15 Kamera Depan AutoAuto

OPPO A15 Kamera Depan Bokeh BeautyPortrait + AI Beautification

Kamera depan OPPO A15 berhasil menangkap detil dengan sangat baik mulai dari wajah secara keseluruhan, kulit, rambut, hingga bahan baju yang dikenakan sekalipun. Sementara AI Beautification akan memperhalus wajah tanpa membuatnya terlihat berlebihan dan mode Portrait memberikan efek bokeh yang mencukupi.

Agar bisa berfoto ria maupun digunakan dalam keseharian dengan lancar, OPPO membenamkan chipset MediaTek Helio P35 Octa-Core di dalam handphone buatannya kali ini. Menemani chipset tersebut terdapat RAM 3GB LPDDR4x dan penyimpanan internal 32GB dengan dukungan microSD hingga 256GB.

Tak ketinggalan fitur Hyper Boost 2.1 juga dihadirkan pada OPPO A15 untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik. Bagi yang belum tahu, Hyper Boost 2.1 memungkinkan kinerja ditingkatkan dan respon sentuh yang lebih tinggi ketika game dijalankan.

Membawa kombinasi spesifikasi tersebut, OPPO A15 mampu meraih skor AnTuTu sebesar 111.529 poin sedangkan pada Geekbench 5 mendapatkan 169 poin untuk Single-Core dan 964 poin untuk Multi-Core. Angka yang terbilang sudah mencukupi di kelasnya.

Review OPPO A15 Benchmark

OPPO A15 memberikan kinerja yang cukup lancar ketika digunakan dalam keseharian, mulai dari navigasi sistem hingga browsing internet. Hanya saja, terkadang ada sedikit jeda ketika berpindah aplikasi maupun membuka sesuatu. Handphone akan kembali lancar setelah konten dimuat secara menyeluruh.

Hal yang serupa juga dirasakan saat bermain game pada OPPO A15 dimana sedikit membutuhkan waktu hingga game berjalan benar-benar lancar. Untungnya, OPPO A15 mampu menjalankan game dengan baik pada kualitas grafis tinggi sekalipun.

Mobile Legend: Bang Bang dapat dimainkan pada pengaturan grafis High dengan HD Mode aktif. Namun sayangnya tidak ada pilihan HFR Mode bagi yang menginginkannya. Game dapat berjalan dengan cukup baik pada pengaturan tersebut bahkan saat sedang bertarung tim.

Review OPPO A15 Free Fire

Sementara pada Free Fire dapat menggunakan pengaturan grafis Ultra dengan seluruh fitur diaktifkan mulai dari High FPS, Shadow, hingga High Res. Performa yang diberikan pun tergolong baik dan bisa menyelesaikan pertandingan tanpa banyak kendala.

Secara keseluruhan kinerja yang diberikan pastinya sudah mencukupi untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna masa kini yang segalanya harus dilakukan secara digital. Agar terus digunakan seharian, OPPO pun menghadirkan baterai dengan kapasitas mumpuni di dalamnya.

Baterai berkapasitas 4.320mAh dipercaya sebagai sumber kehidupan dari OPPO A15. Dengan baterai sebesar itu dan chipset yang optimal dalam mengonsumsi daya, OPPO A15 mampu menyala dalam waktu yang cukup lama.

Review OPPO A15 Baterai

Saat diuji menggunakan aplikasi PCMark for Android dengan tingkat kecerahan 50% dan kondisi baterai dari 100%, OPPO A15 mendapatkan skor 9 jam 13 menit. Angka yang menjanjikan di kelasnya untuk pengujian sintetis yang menyimulasikan kegiatan sehari-hari.

Sementara saat digunakan secara nyata, OPPO A15 dapat digunakan hingga baterai tersisa 12% pada malam hari dengan screen-on-time mencapai 7 jam 41 menit setelah digunakan beraktivitas sehari-hari yang meliputi untuk browsing internet seperti baca berita maupun sosial media, berfoto-foto, hingga menikmati waktu senggang dengan bermain game dan menonton YouTube.

Review OPPO A15 ColorOS

Menariknya, OPPO A15 dilengkapi dengan sebuah fitur bernama Super Nighttime Standby yang akan mempelajari kebiasaan tidur dan mengurangi konsumsi daya pada malam hari. Berkat adanya fitur ini memungkinkan pengisian baterai dilakukan di malam hari tanpa perlu khawatir kehilangan banyak daya pada pagi hari esoknya.

Tidak hanya soal penghematan konsumsi daya saja, ColorOS 7.3 sebagai sistem dari OPPO A15 juga punya berbagai fitur menarik lainnya yang akan membantu aktivitas seperti Dark Mode yang akan membuat tampilan sistem menjadi gelap hingga Smart Sidebar yang berisikan pintasan penting.

Dengan segala kemampuan yang dimilikinya, OPPO A15 sebagai handphone kelas menengah dipastikan dapat menemani dan membantu kegiatan digital masa kini, khususnya dalam mengonsumsi konten hiburan.

Tinggalkan Komentar