Tips dan Trik

Video Breakout Rooms – Fitur Menarik dari Zoom Cloud Meeting

Video Breakout Rooms Header

Gadgetren – Zoom Cloud Meeting kini telah menjadi senjata ampuh bagi sebagian orang dalam menggelar konferensi jarak jauh karena tercatat memiliki kemampuan komunikasi video yang lebih stabil.

Namun tentu saja bukan hanya itu saja yang menjadi alasannya. Aplikasi konferensi lintas platform ini menjadi idaman bagi sebagian orang karena memiliki sejumlah fitur menarik yang dapat membantu dan mempermudah pengguna dalam menggelar pertemuan.

Video Breakout Rooms menjadi salah satu di antaranya. Dengan fitur tersebut, pengguna secara khusus dapat menggelar beberapa sesi pertemuan pada sebuah acara dalam waktu bersamaan.

Apakah kamu sudah bisa menggunakan fitur bermanfaat ini? Jika belum, mari kita ulas secara lebih rinci mengenai apa itu Video Breakout Rooms hingga langkah-langkah cara memakainya.

Penjelasan Video Breakout Rooms dan Fungsinya

Secara sederhana, Video Breakout Rooms adalah sebuah fitur dari layanan Zoom yang mengizinkan penyelenggara acara membagi konferensi video daring menjadi beberapa pertemuan kecil.

Penyelenggaraan kemudian dapat membagi peserta acara ke dalam pertemuan-pertemuan tersebut, baik secara manual maupun otomatis (membiarkan sistem yang melakukannya). Sebagai opsi lain, mereka juga bisa mengatur agar partisipan memilih sesi sendiri-sendiri.

Melompat dari satu sesi ke yang lain juga mudah dilakukan oleh penyelenggara dengan adanya fitur ini. Dengan begitu, mereka tetap dapat mengawasi dan mengatur jalannya acara konferensi video tanpa perlu memakai banyak perangkat.

Keunggulan lain dari fitur Zoom ini adalah dukungan sesi dan kapasitas partisipan yang sangat banyak. Hingga sekarang, penyelenggara bahkan dapat membagi konferensi hingga 50 pertemuan kecil dengan 200 peserta di dalamnya.

Jumlah dan Kapasitas yang Didukung Video Breakout Rooms

Jumlah Video Breakout RoomsKapasitas Peserta Maksimal
20 Sesi500 Peserta
30 Sesi400 Peserta
50 Sesi200 Peserta

Jumlah sesi yang sangat banyak dengan kapasitas besar tentu cukup membantu penyelenggara acara. Apalagi berdasarkan pengalaman saya masih belum banyak konferensi, pertemuan bisnis, maupun kelas pembelajaran yang membutuhkan dukungan melebihi batasan di atas.

Lebih-lebih lagi, menggunakan Video Breakout Rooms tergolong cukup mudah. Meskipun untuk melakukannya, penyelenggara perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu melalui laman web Zoom.

Cara Mengaktifkan Fitur Video Breakout Rooms di Zoom

Untuk Seluruh Anggota

  1. Masuk ke dalam situs dengan akun Administrator
  2. Selanjutnya, buka halaman https://zoom.us/account/setting
  3. Cari tab Meetings lalu aktifkan Breakout Room

Untuk Peserta di Dalam Kelompok Tertentu

  1. Gunakan akun Administrator ke dalam situs Zoom
  2. Kunjungi halaman https://zoom.us/account/group
  3. Ketuk nama kelompok yang akan diatur
  4. Klik bagian Settings
  5. Aktifkan Breakout Rooms di tab Meeting

Untuk Pemakaian Pribadi

  1. Buka https://zoom.us/profile/setting dengan akun Administrator
  2. Cari tab Meeting
  3. Pastikan opsi Breakout Rooms aktif
    Breakout Rooms Zoom Adalah - Aktifkan

Setelah mengaktifkan fitur Breakout Rooms, kamu selanjutnya bisa langsung menggunakannya. Namun agar benar-benar berhasil, kamu tentu membutuhkan aplikasi klien dengan versi yang mendukung.

Cara Menggunakan Fitur Video Breakout Rooms di Aplikasi Zoom

Spesifikasi yang Diperlukan

SistemVersi Minimal Aplikasi Klien
Windows3.5.31087.1102
macOS3.5.31087.1102
Linux2.0.81497.1116
Chrome (Web Client)2.4.943.510
Handphone (untuk peserta)5.3.0

Apabila belum memiliki versi minimal di atas atau yang lebih baru, ada baiknya kamu segara mengunjungi halaman download Zoom dan memasangnya agar bisa menggunakan fitur Video Breakout Rooms.

Namun bagi kamu yang sudah memasangnya bisa langsung menggunakan fitur ini secara langsung dari halaman aplikasi. Perlu diketahui, pembuatan Video Breakout Rooms bisa dilakukan dengan preferensi berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Langkah Membuat Video Breakout Rooms

  1. Buka aplikasi Zoom Cloud Meeting
  2. Mulai sebuah konferensi atau buat jadwal
  3. Klik Breakout Rooms di Menu bagian bawah
    Breakout Rooms Zoom Adalah - Buat 1
  4. Atur jumlah Room (sesi)
    Breakout Rooms Zoom Adalah - Buat 2
  5. Pilih Automatically, Manually, atau Let participants choose room
  6. Klik Create
  7. Setelah Rooms terbentuk, klik Option atau ikon pengaturan untuk membuat pengaturan lebih lanjut

Seperti apa yang dijelaskan sebelumnya, kamu bisa memilih opsi Automatically, Manually, atau Let participants choose room sesuai dengan bagaimana kamu ingin membagi peserta.

Gunakan Automatically jika kamu ingin membagi secara otomatis, Manually guna memasukkan peserta satu per satu, atau Let participants choose room untuk menyerahkan ke partisipan.

Setiap sistem bisa memiliki letak dan opsi pengaturan berbeda-beda sehingga kamu perlu mengeksplorasinya sendiri dalam hal ini. Danjika ada kendala, jangan ragu-ragu untuk bertanya melalui kolom komentar.

Tinggalkan Komentar