ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Mudah Banget! Begini Cara Record Zoom di Laptop Agar Video Bisa Diputar Lagi

Cara Record Zoom di Laptop Header

Gadgetren – Zoom menjadi layanan dan aplikasi video conference yang sering dipilih karena kemudahannya mempertemukan banyak orang secara online dengan beragam kepentingan.

Untuk semakin mempermudah setiap peserta mengulas kembali materi meeting telah diselenggarakan, moderator atau pihak penyelenggara akan melakukan perekaman atau record Zoom sebagai bentuk dokumentasi.

Nantinya pihak penyelenggara dapat memberikan hasil rekaman dari Zoom kepada peserta lain agar bisa dipelajari kembali, apalagi kalau terdapat materi penting yang memang harus didengarkan atau dilihat secara berulang.

Tidak hanya itu, setiap peserta juga bisa melakukan perekaman atau record Zoom sendiri di masing-masing komputer dengan menekan tombol Record bawaan pada aplikasi Zoom jika menginginkannya.

Tombol Record bawaan dari Zoom memang praktis karena memudahkan pengguna untuk merekam semua percakapan video selama konferensi secara praktis dengan hanya satu tombol. Sementara bagi kamu yang belum mengetahui cara untuk melakukan record Zoom di laptop, maka dapat mengikuti tutorial sebagai berikut.

Cara Record Zoom di Laptop

  1. Install aplikasi Zoom dari situs resminya
  2. Login dengan akun Zoom yang kamu miliki
  3. Gabung ke room yang telah tersedia atau membuat room baru
    Record Zoom Part 1
  4. Setelah memasuki room percakapan di Zoom, tekan tombol Record di bagian bawah
    Record Zoom Part 2
  5. Selanjutnya tombol Pause/Stop Recording akan muncul dan percakapan meeting yang sedang berjalan langsung direkam
  6. Tombol Pause yang berikon dua garis bisa digunakan untuk menunda perekaman. Sementara tombol Stop berikon kotak untuk menghentikan perekaman.
    Record Zoom Part 3
  7. Setelah record atau perekaman meeting Zoom dihentikan, maka hasil video akan langsung tersimpan
    Record Zoom Part 4

Nantinya video hasil perekaman meeting Zoom akan tersimpan dalam format MP4. Sementara tempat penyimpanannya secara bawaan akan terletak di dalam folder My Documents yang dapat diakses melalui Windows Explorer.

Selanjutnya, hasil video record atau perekaman dapat kamu langsung bagikan kepada peserta lain melalui penyimpanan Cloud seperti Google Drive yang tautannya dapat kamu kirim ke email, aplikasi chat, media sosial, SMS, dan lainnya.

Perlu diketahui bahwa jika kamu menggunakan akun gratis ketika menjadi penyelenggara atau host di Zoom, maka video conference dibatasi selama 40 menit saja. Dengan kata lain, sebaiknya kamu berlangganan akun Premium untuk mendapatkan keuntungan tambahan yang memungkinkan waktu meeting menjadi lebih lama.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar