Review Smartphone

Review vivo V20 – Desain Menawan, Bawa NFC Serbaguna

Review vivo V20 Header

Gadgetren – Berbeda dengan handphone seri V generasi sebelumnya yang telah hadir di Indonesia, vivo V20 resmi diluncurkan dengan dukungan sensor NFC yang serbaguna.

Tak hanya itu, handphone ini pun membawa chipset besutan Qualcomm yang diimbangi dengan RAM, penyimpanan internal, dan baterai yang berkapasitas besar. Apalagi dukungan fitur pengisian daya cepat baterai pun telah dibenamkan pada vivo V20.

Hadir di kelas menengah, vivo V20 juga menawarkan dukungan tiga kamera belakang dan satu kamera depan yang dapat menghasilkan foto menarik. Dengan fitur yang dibawanya, apakah handphone ini mampu bersaing dengan perangkat lainnya di Indonesia? Untuk itu, mari kita simak pada ulasan berikut ini.

vivo V20
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 10/10
    10/10
9/10

Kesimpulan

Desain menawan, fitur NFC yang serbaguna, dukungan multi kamera, dan daya tahan baterai yang lama, menjadikan vivo V20 menjadi salah satu handphone kelas menengah tahun 2020 yang menarik di Indonesia.

Pros

  • Desain menawan
  • NFC yang serbaguna
  • Kamera dapat diandalkan
  • Layar AMOLED yang tajam
  • Daya tahan baterai lama
  • Dukungan 33W FlashCharge

Cons

  • Permukaan bodi belakang licin

vivo-V20-HandsOnBackVertical

Secara kasat mata, vivo V20 hadir dengan warna unik Sunset Melody (terdapat juga varian Midnight Jazz) yang mempunyai beragam macam warna dengan kombinasi gradasi biru, ungu, dan merah yang berubah-ubah ketika saya menggerakan bodi belakang ke arah yang berbeda.

Berkat Matte Finising Coating yang terbuat dari desain kaca 2.5D, bagian belakang vivo V20 terasa premium. Menariknya lagi, noda sidik jari atau debu tidak mudah menempel pada bodi belakang perangkat ini.

Selain itu, vivo juga mengusung desain Ultra Sleek pada handphone sehingga mempunyai bodi ramping dengan ketebalan 7,48 gram dan bobot 172 gram yang mudah disisipkan di dalam saku baju atau celana.

Meskipun vivo V20 nyaman untuk digenggam, namun bodi belakangnya terasa licin sehingga sebaiknya kita langsung menyematkan Soft Case tambahan yang tersedia dalam paket penjualannya.

vivo-V20-BackCamHalf

Masih di bagian belakangnya, terdapat tiga kamera dan LED Flash yang disusun di dalam kotak, mirip seperti vivo X50 Pro. Beralih ke bagian bawah handphone ini, terdapat port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan lubang speaker.

Sementara pada bagian sisi kanannya terdapat tombol volume dan power yang disususn secara vertikal. Selanjutnya, pada bagian sisi kiri vivo V20 terdapat SIM Tray yang di dalamnya terdapat dua slot kartu SIM yang terpisah dengan satu slot kartu microSD.

Tidak menggunakan punch hole, vivo justru tetap menghadirkan V20 dengan layar penuh yang mempunyai poni berbentuk tetesan air di atasnya. Meskipun begitu, saya masih dapat melihat konten video, foto, game, maupun dokumen dengan jelas dan tajam berkat penggunaan teknologi AMOLED dan resolusi Full HD+.

vivo-V20-DiagonalLine

Apalagi layar handphone ini memiliki lebar 6,44 inci dengan bezel yang cukup kecil sehingga membuat saya leluasa ketika memainkan game atau menonton video. Dengan penggunaan AMOLED, sensor fingerprint pun dapat berada di dalam layarnya.

Meskipun berada di dalam layar, namun sensor fingerprint vivo V20 mampu merespon sidik jari saya dengan cepat. Seperti biasanya, sistem dari handphone ini hanya mengizinkan hingga lima sidik jari berbeda untuk didaftarkan.

Apabila tangan kita sedang kotor, maka dapat memanfaatkan fitur Face Unlock untuk membuka kunci layar. Fitur ini mampu mengenali wajah saya dengan cepat di berbagai kondisi baik cahaya cukup, redup, maupun gelap.

vivo-V20-DisplayDiagonalHalf

Pada poni vivo V20 terdapat kamera depan 44 MP yang memiliki fitur Eye Autofocus yang merupakan kombinasi Eye Tracking dan Autofocus. Fitur Eye Tracking secara otomatis akan mengenali bagian mata dan wajah saat subyek bergerak ke segala arah sekalipun.

Sedangkan fitur Autofocus dapat mengunci fokus dari obyek dengan cepat sehingga membuat foto selfie atau wefie yang dihasilkan terlihat lebih tajam dari jarak dekat maupun jauh. Terdapat juga fitur Super Night Selfie yang memungkinkan pengambilan foto selfie dengan wajah yang cerah di malam hari.

vivo-V20-Selfie-AutoSelfie Auto

vivo-V20-Selfie-Beauty-BokehSelfie Beauty + Bokeh

vivo-V20-SelfieMalam-AutoSelfie Auto

vivo-V20-SelfieMalam-NightSuper Night Selfie

Sementara tiga kamera belakangnya hadir dengan kombinasi kamera utama 64 MP, multimode 8 MP, dan mono 2 MP. Secara bawaan, kamera utamanya menghasilkan foto 16 MP yang terang, tajam, dan mempunyai warna dinamis berkat teknologi 4-in-1 pixel binning.

vivo-V20-BackCamDiagonal

Namun kita juga dapat membuat kamera utamanya menghasilkan foto 64 MP dengan mengaktifkan fitur High Resolution pada aplikasi kamera bawaan vivo V20. Perbandingan paling terlihat ketika kedua hasil foto dipotong atau crop, dimana foto beresolusi 64 MP lebih detail dibandingkan dengan foto 16 MP.

Sepertinya vivo menyadari bahwa kamera perlu menghadirkan kamera multimode dengan resolusi yang lumayan besar untuk mengambil foto dengan mode super wide-angle, super makro, dan depth. Pada saat mengaktifkan mode super wide-angle di aplikasi kamera bawaan vivo V20, saya dapat langsung menghasilkan foto dengan area yang lebih luas.

Dengan resolusi 8 MP, foto super makro yang dihasilkan kamera multimode vivo V20 pun terlihat bagus. Terdapat juga dukungan Super Night Mode yang memungkinkan foto malam hari terlihat lebih terang dan jelas dibandingkan menggunakan Auto Mode.

vivo-V20-Pintu-Brownie-AutoTargetAuto

vivo-V20-Pintu-Brownie-AutoCropAuto Crop

vivo-V20-Pintu-Brownie-64MPTarget64MP Mode

vivo-V20-Pintu-Brownie-64MPCrop64MP Mode Crop

vivo-V20-Canvas

vivo-V20-Pintu-AutoAuto

vivo-V20-Pintu-UltrawideUltrawide

vivo-V20-Rumah-AutoAuto

vivo-V20-Rumah-UltrawideUltrawide

vivo-V20-Bunga-MakroMakro

vivo-V20-BonekaKucing-MakroMakro

vivo-V20-Maket-MakroMakro

Mengikuti tren saat ini, vivo V20 juga menyediakan beragam filter ketika kita mengakses menu Night Mode seperti Black & Gold, Blue Ice, Green Orange, dan Cyberpunk sehingga membuat hasil foto malam terlihat lebih menarik.

vivo-V20-RumahMalam-AutoAuto

vivo-V20-RumahMalam-NightSuper Night Mode

vivo-V20-RumahMalam-BlackGoldBlack & Gold

vivo-V20-RumahMalam-BlueIceBlue Ice

vivo-V20-RumahMalam-GreenOrangeGreen Orange

vivo-V20-RumahMalam-CyberpunkCyberpunk

Dari sektor hardware, vivo V20 telah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 720G Octa-Core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver) yang didampingi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

vivo-V20-BackDiagonalHalf

Dengan kombinasi hardware tersebut, vivo mengklaim bahwa handphone ini mempunyai performa bertenaga untuk kelas menengah. Untuk membuktikannya, saya pun melakukan pengujian dengan menggunakannya sehari-hari dan memainkan beberapa game populer.

vivo V20 mampu menjalankan aplikasi sehari-hari seperti media sosial, SMS, telepon, email, pemutar video, pemutar musik, dan perpesanan dengan lancar berkat performa chipset yang cepat diimbangi dengan kapasitas RAM besar sehingga dapat menangani proses multitasking dengan baik.

vivo-V20-PUBG Mobile

Sementara pada saat digunakan untuk bermain game, vivo V20 mampu menjalankan game populer semacam Mobile Legends, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Arena of Valor, dan Free Fire dengan grafis serta frame rate tinggi secara lancar.

Meskipun Final Fantasy XV Pocket Edition dapat dimainkan dengan grafis dan frame rate tinggi, namun sebaiknya menggunakan pengaturan menengah atau bawah agar bisa dijalankan dengan gerakan animasi yang lancar.

vivo-V20-PerformanceBenchmark

Tak lupa, saya pun melakukan pengujian performa vivo V20 dengan aplikasi populer seperti AnTuTu Benchmark 8.4.7, Geekbench 4.4.2, dan Geekbench 5.2.0. Pada pengujian dengan AnTuTu Benchmark 8.4.7, vivo V20 berhasil mendapatkan skor 282.775 poin.

Sementara pada Geekbench 4.4.2, handphone ini berhasil mendapatkan skor 2.305 poin untuk pengujian Single-Core dan 6.247 poin untuk Multi-Core. Selanjutnya, vivo V20 juga mendapatkan skor 552 poin untuk pengujian Single-Core dan 1.644 poin untuk Multi-Core pada Geekbench 5.2.0.

Dengan lancarnya menjalankan aplikasi maupun game dan hasil skor aplikasi benchmark yang cukup tinggi, memperlihatkan bahwa vivo V20 mempunyai performa yang dapat bersaing dengan handphone kompetitornya di kelas yang sama.

vivo-V20-BackDiagonal

Untuk sumber energi kehidupannya, vivo mempercayakan baterai berkapasitas 4.000mAh pada handphone ini. Selanjutnya, saya pun melakukan pengujian daya tahan baterai dengan aplikasi PCMark for Android Benchmark dan penggunaan harian.

Pada aplikasi PCMark for Android Benchmark, saya menggunakan simulasi aktivitas sehari-hari melalui mode Work 2.0 battery life yang dikombinasikan dengan persentase baterai yang dimulai dari 100% dan tingkat kecerahan layar sebesar 50%.

vivo-V20-BatteryBenchmark

Hasilnya, vivo V20 berhasil mendapatkan skor baterai 14 jam 42 menit sedangkan pada penggunaan sehari-hari berhasil bertahan hingga 21 jam 20 menit dengan Screen on Time mencapai 13 jam 2 menit.

Hal tersebut membuktikan bahwa perangkat ini mempunyai daya tahan baterai yang lama. Apalagi terdapat fitur 33W FlashCharge yang dapat mengisi daya baterai dari kondisi 6% ke 100% hanya dalam waktu 1 jam 11 menit atau 71 menit saja.

vivo-V20-FunTouch11

vivo V20 sudah dibekali dengan Funtouch OS 11 berbasiskan Android 11 yang mempunyai tampilan antarmuka lebih sederhana dibandingkan versi sebelumnya. Selain itu, menu notifikasi dan Quick Menu telah disatukan sehingga memudahkan pengguna handphone merek lain menggunakan perangkat ini.

Beragam fitur menarik pun telah dihadirkan pada Funtouch OS 11 mulai dari Focus Mode, Smart Split, screenshot tiga jari, Smart Click, Dark Mode, dan lainnya. Focus Mode dapat mengunci aplikasi yang ditentukan agar kita bisa lebih fokus terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan.

Sementara Smart Split memudahkan kita untuk membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Kita pun diberikan kemudahan dalam melakukan screenshot hanya cukup dengan menyapu layar dari bagian atas ke bawah menggunakan gerakan tiga jari yang dirapatkan.

vivo-V20-DisplayHalfBottom

Smart Click menjadi salah satu fitur menarik yang hadir pada vivo V20 karena memungkinkan kita dapat menjalankan fungsi tertentu seperti membuka kamera, merekam suara, menghidupkan atau mematikan LED Flash, dan lainnya hanya dengan menahan tombol volume bawah ketika layar dalam keadaan istirahat.

Selanjutnya, Dark Mode memungkinkan menu pengaturan dan aplikasi bawaan pada vivo V20 mempunyai latar belakang berwarna hitam atau gelap sehingga membuat kita nyaman ketika melihat konten dalam kondisi minim cahaya atau gelap.

NFC (Near Field Communication) merupakan salah satu fitur andalan dari vivo V20 yang memungkinkan kita dapat mengecek atau mengisi saldo kartu e-money, mentransfer data, dan melakukan transaksi digital. Menariknya lagi, sensor ini dapat digunakan untuk menduplikasi kartu akses apartemen dengan mudah.

vivoV20-HandsOn

Selama pemakaian dua minggu, saya merasa bahwa vivo V20 dapat diandalkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Apalagi handphone ini mempunyai keunggulan pada daya tahan baterainya yang lama, kamera multifungsi, dan performa dalam menjalankan aplikasi atau game dengan lancar.

Walaupun desain dan warna dari vivo V20 menarik, namun permukaan bodi belakangnya licin. Untuk itu sebaiknya kita langsung menggunakan Soft Case bawaan yang telah hadir dalam paket penjualannya sehingga membuat handphone ini dapat digenggam dengan satu tangan dengan lebih nyaman.

Dengan fitur dan spesifikasi hardware yang ditawarkan, produk ini dijual secara resmi dengan harga Rp 4.999.000 di Indonesia. Bisa dibilang vivo V20 masih bisa menjadi salah satu pilihan handphone yang bersaing di kelas menengah.

Harga dan Spesifikasi vivo V20

Dimensi & Berat161,3 x 74,2 x 7,38 mm, 171 gram (Midnight Jazz)

161,3 x 74,2 x 7,48 mm, 172 gram (Sunset Melody)

WarnaMidnight Jazz, Sunset Melody
LayarAMOLED 6,44 inci, Full HD+ (2400 x 1080 piksel), HDR10
Sistem OperasiAndroid 11 (Funtouch OS 11)
MemoriRAM 8 GB, ROM 128 GB, microSD
ChipsetQualcomm Snapdragon 720G Octa-core (Dual-Core 2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
Kamera Belakang64 MP (utama/wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (mono)
Kamera Depan44 MP
Baterai4.000mAh, 33W FlashCharge
KonektivitasWiFi, 4G-LTE, Bluetooth
KonektorUSB Type-C
SensorAccelerometer, Gyroscope, Hall Sensor, Proximity, Compass
GPSGPS, GLONASS, GALILEO, BDS, A-GPS
SpeakerStandar
Fitursensor fingerprint di bawah layar, Face Unlock
HargaRp 4.999.000

Tinggalkan Komentar