Laptop Review

Review ASUS ROG Strix G15 G512LI – Gaming Mulus Sambil Tampil Stylish

Review ASUS ROG Strix G15 G512 Header wrs

Gadgetren – ASUS telah memberikan penyegaran pada lini laptop gaming ROG Strix G15 yang kini membawa spesifikasi generasi terbaru.

ASUS ROG Strix G15 G512LI tampil dengan desain menawan layaknya sebuah mobil sport dengan berbagai lekukan dan area pembuangan panas yang mencolok. Tidak mengherankan karena ASUS berkolaborasi dengan BMW Designworks Group untuk menciptakan desain yang asimetris dan profesional sambil memberikan aura gamer.

Pada bagian penampangnya terdapat aksen tekstur brushed metal finnish yang membagi dua area serta mata ROG yang sudah menjadi ciri khas dari jajaran laptop gaming besutan ASUS ini. Sayangnya mata ROG tersebut tidak dapat menyala sama sekali melainkan dilapisi krom yang sangat relfektif.

ROG Strix G15 G512LI
  • Layar - 10/10
    10/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Fitur dan Konektivitas - 9/10
    9/10
  • Desain - 9/10
    9/10
9/10

Summary

Selain punya lampu RGB underglow yang keren, ASUS ROG Strix G15 G512LI juga hadirkan performa yang ngebut lho. Ini dia ulasannya.

Review ASUS ROG Strix G15 G512 Tampilan Atas wrs

Secara keseluruhan bodinya terbuat dari plastik yang terasa sangat kokoh. ASUS ROG Strix G15 G512LI punya dimensi dengan profil yang tergolong besar sehingga perlu mempertimbangkan ukurannya apakah akan muat masuk ke dalam tas atau tidak.

Namun tidak bisa dipungkiri kalau lampu RGB yang mengelilingi bagian bawah bodinya terlihat sangat keren sekali, apalagi ketika laptop digunakan di ruang gelap. Selain itu aksen warna merah di bagian exhaust memberikan cita rasa tersendiri.

Review ASUS ROG Strix G15 G512 Underglow RGB wrs

Menyasar para gamer, laptop ini tidak menyediakan port sama sekali di sisi samping kanannya agar mouse dapat digerakan lebih leluasa. Menariknya, terdapat sebuah area bertulisan Strix dimana sebelumnya merupakan tempat untuk Keystone di beberapa model seperti Strix Scar III.

Sementara pada sisi kiri terdapat tiga buah port USB-A 3.2 (GEN1) serta 3,5mm audio combo jack. Untuk sisa port lainnya tersemat di bagian belakang bodi, tepatnya di antara kedua exhaust, yang terdiri dari HDMI 2.0b, RJ45 LAN Jack, USB-C 3.2 (GEN2) yang mendukung layar eksternal, serta Power DC.

Review ASUS ROG Strix G15 G512 Tampilan Belakang wrs

Keputusan untuk menyematkan berbagai port tersebut di bagian belakang merupakan langkah yang tepat karena akan meminimalisir lalu lalang kabel sehingga bisa bermain game dengan lebih fokus dan punya ruang lebih luas ketika menggunakan mouse tambahan.

Saat membuka penampang dari laptop ini, saya langsung disajikan oleh layar besar serta keyboard kelap kelip RGB. Layarnya pun dikelilingi bezel tipis yang membuatnya terlihat lebih luas. Namun dengan bezel bagian bawah masih cukup tebal, kemungkinan besar untuk mengakomodasi ukuran keyboard.

Layarnya sendiri memiliki bentang 15,6 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang punya cakupan warna 100% sRGB dan refresh rate 144Hz. Selain itu layarnya juga sudah dilapisi oleh anti-glare untuk meminimalisir pantulan cahaya.

Review ASUS ROG Strix G15 G512 Layar wrs

Maka dari itu, layar ROG Strix G15 G512LI tidak hanya mampu menampilkan gambar yang menawan dengan warna cerah saja melainkan juga menghasilkan gerakan animasi yang jauh lebih mulus berkat refresh rate yang tinggi.

Dikombinasikan dengan speaker yang menembakkan suara di kedua sisi laptop dengan kualitas bagus dan lantang, ROG Strix G15 G512LI mampu memberikan pengalaman hiburan yang memuaskan.

Di bawah layar tersebut, terdapat keyboard dengan backlit RGB serta tombol WASD transparan yang dihadirkan sebagai navigasi visual ketika bermain game, khususnya di ruang gelap. Setiap tombol terasa nyaman untuk digunakan bermain game maupun kegiatan produktivitas seperti mengetik.

Review ASUS ROG Strix G15 G512 Touchpad wrs

Sementara touchpad-nya tergolong luas dengan lapisan permukaan halus yang memudahkan jari menyelusur serta dua tombol fisik terpisah untuk klik kanan dan kiri.

Soal dapur pacunya, kinerja dari ROG Strix G15 G512LI dalam bermain game rasanya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-10300H yang memiliki 4 Cores dan 8 Thread, NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti dengan VRAM GDDR6 4GB, dan RAM 8GB membuat ASUS ROG Strix G15 siap untuk melibas berbagai game yang kamu inginkan.

Ditambah lagi penyimpanan internalnya sudah menggunakan solusi NMVe SSD berkapasitas 512GB untuk memberikan pengalaman sistem operasi yang sangat responsif dan waktu loading yang jauh lebih singkat.

Secara keseluruhan, ROG Strix G15 G512LI nyaman sekali ketika digunakan beraktivitas secara umum seperti membuat dokumen, berselancar internet, maupun menikmati konten hiburan. Menavigasikan sistem pun terasa sangat mulus dan tidak pernah sama sekali muncul lag.

Review ASUS ROG Strix G15 G512 Benchmark Graph

Namun dengan menyandang nama Republic of Gamers, tentu yang kamu ingin tahu adalah bagaimana kemampuannya dalam menjalankan game bukan?

Sebagai pembuka, saya pun mencoba untuk memainkan Counter Strike: Global Offensive sebagai perwakilan dari game Esport yang sudah cukup berumur dan tetap populer hingga saat ini. Menggunakan grafis maksimal, game berjalan konstan di atas 100fps.

Untuk bisa memanfaatkan secara maksimal kemampuan layarnya, saya masih harus menurunkan sedikit kualitas grafis dari CS:GO. Namun hal tersebut terbayarkan dengan gerakan dan visual yang jauh lebih mulus dan segala perintah menjadi lebih responsif.

Review ASUS ROG Strix G15 G512 CSGO

Pada game Shadow of Tomb Raider dengan kualitas grafis preset Highest dan resolusi native, laptop gaming besutan ASUS ini berhasil mendapatkan rata-rata 47fps dengan maksimal mencapai 70fps. Angka yang cukup tinggi untuk sebuah game kelas AAA dengan grafis yang sangat detil.

Review ASUS ROG Strix G15 G512 Shadow of The Tomb Raider

Yang menariknya, kipas pendingin dari ROG Strix G15 G512LI ternyata tidak terlalu bising jika dibandingkan dengan beberapa laptop gaming lain, bahkan ketika tengah gaming berat dan menggunakan profile Turbo sekalipun. Permukaan keyboard pun tidak terlalu terasa panas setelah digunakan pada sesi gaming yang cukup lama.

Memang suara kipas masih cukup terdengar, namun masih sangat dimaklumi. Apalagi suhu dari CPU dan GPU masih tergolong aman pada saat full load di ruangan tanpa AC sehingga berhasil melakukan pendinginan komponen dengan baik.

Untuk mengatur tingkat kecepatan fan, terdapat tombol kipas bersamaan dengan tombol Armoury Crate di atas jajaran tombol fungsi. Dengan begitu, fitur-fitur tersebut dapat diakses dengan cepat ketika membutuhkannya.

Review ASUS ROG Strix G15 G512 Armoury Crate

Sama seperti laptop gaming ROG lainnya, ROG Strix G15 G512LI juga dilengkapi dengan berbagai dukungan software mulai dari Armoury Crate sebagai pusat kendali, Game Visual, hingga Aura Creator. Ditambah lagi ada dukungan Wi-Fi 6 dengan ROG RangeBoost untuk memberikan kestabilan jaringan nirkabel yang lebih baik.

Untuk sebuah laptop gaming, ROG Strix G15 G512LI secara mengejutkannya punya daya tahan baterai yang tergolong di atas rata-rata. Saat baterainya diuji dari kondisi penuh menggunakan PCMark 8 Work dengan tingkat kecerahan layar 50% dan seluruh lampu RGB menyala, laptop ini berhasil meraih angka 2 jam 54 menit.

Review ASUS ROG Strix G15 G512 PCMark 8 Tes Baterai

Mengingat banyaknya pencahayaan RGB dan performa yang dimiliki, daya tahan baterainya bisa dikatakan mencukupi. Tentu jika menginginkan baterai lebih lama, maka bisa mematikan pencahayaan RGB melalui Armoury Crate.

Sementara untuk pengisian dayanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 34 menit dengan menggunakan adapter 120W yang punya ukuran relatif sedang. Angka yang masih tergolong wajar untuk sebuah laptop gaming.

Secara keseluruhan, ASUS ROG Strix G15 G512LI merupakan sebuah laptop gaming mumpuni yang dapat meningkatkan pengalaman gaming kamu lebih jauh lagi. Layar yang menawan dan performa tinggi menjadi daya tarik utama dari laptop ini sehingga cocok bagi kamu yang sering bermain game secara kompetitif.

Ukurannya memang terbilang besar dan mungkin harus sedikit menyesuaikan kembali ruang di dalam tas, namun bagi kamu yang menginginkan pengalaman gaming yang lancar kapanpun dan dimanapun, maka ASUS ROG Strix G15 G512LI pantas untuk menjadi pilihan.

Tinggalkan Komentar