Review Aksesoris

Review ASUS ROG Strix Flare II Animate – Bikin Jatuh Hati dan Susah Balik ke Keyboard Lain

Review ASUS ROG Strix Flare II Animate

Gadgetren – ASUS ROG Strix Flare II Animate merupakan keyboard gaming mekanikal dengan berbagai fitur yang dihadirkan untuk meningkatkan pengalaman bermain.

Segmen keyboard mekanikal bisa dikatakan sangat kompetitif karena tersedia dari brand besar seperti ASUS hingga rakitan. Oleh karena itu ROG Strix Flare II Animate harus membawa fitur unik serta kualitas terbaik.

Buat kamu penggemar keyboard mekanikal atau mungkin sedang mencari penyempurnaan untuk setup gaming, apa perlu melirik ROG Strix Flare II Animate? Berikut ulasan dari tim Gadgetren.

Review ASUS ROG Strix Flare II Animate
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
  • Desain - 10/10
    10/10
9.7/10

Kesimpulan

ASUS ROG Strix Flare II Animate merupakan salah satu keyboard gaming paling nyaman yang pernah saya gunakan. Ditambah lagi fiturnya lengkap hingga kustomisasi yang luas.

Pros

  • Konstruksi kokoh
  • Desain premium dan gaming
  • Nyaman untuk mengetik
  • Tombol responsif dan ringan
  • Kustomisasi RGB dan AniMe Matrix
  • Tersedia wrist rest magnetik
  • Media kontrol terdedikasi
  • Switch dan keycaps dapat diganti

Cons

  • Passthrough masih USB-A 2.0
  • Software masih ikut Armoury Crate

ROG Strix Flare II Animate hadir membawa desain yang sangat mencerminkan citra gaming lewat kombinasi balutan warna hitam dan abu yang ditemani tulisan Republic of Gamers pada bagian atas papas dan samping spacebar.

ASUS ROG Strix Flare II Animate (12)

Konstruksinya secara keseluruhan terbuat dari bahan yang kokoh dengan plat metal sebagai fondasi. Dengan begitu keyboard akan selalu stabil bagaimana pun gaya pengguna menekan tombol. Namun ini berarti pinggiran bodinya bisa saja menyetrum jika grounding listrik kurang baik.

Layout yang dihadirkan oleh ROG Strix Flare II Animate merupakan penuh yang berarti termasuk numpad dan function sehingga lebih besar dari layout TKL. Tidak ada tombol makro mandiri melainkan bercampur dengan tombol Alt serta tombol profil pada angka 1 hingga 6. Begitu pula dengan pengaturan pencahayaan yang juga perlu menggunakan tombol Fn bersama arah panah.

ASUS ROG Strix Flare II Animate (5)

Sebagai keyboard gaming, tentunya ROG Strix Flare II Animate dilengkapi lampu RGB di setiap tombol yang dapat diatur melalui Aura Sync. Asus pun memberikan onboard memory yang dapat menyimpan hingga 6 profil. Terdapat juga lampu RGB di bagian samping bawah untuk memberikan efek pencahayaan underglow yang menarik.

Selain lampu RGB, hal yang pastinya akan langsung menarik perhatian ketika meliaht ROG Strix Flare II Animate tentunya fitur AniMe Matrix Display yang tersemat di atas tombol numpad. Memiliki 312 mini-LED, AniMe Matrix Display dapat digunakan untuk menampilkan gambar, animasi, visualisasi audio, baterai laptop, hingga notifikasi.

ASUS ROG Strix Flare II Animate (10)

AniMe Matrix Display sendiri sebelumnya sudah hadir di laptop ROG Zephyrus G14, fungsi yang dihadirkan pada keyboard ini kurang lebih terbilang sama. Secara bawaan logo mata ROG akan ditampilkan, namun saya lebih sering menggunakannya untuk menampilkan notifikasi maupun visualisasi audio.

Tentunya pengaturan dari AniMe Matrix Display maupun lainnya dapat diakses melalui aplikasi Armoury Crate yang perlu diunduh terlebih dahulu. Secara bawaan ada tiga mode AniMe Matrix Display yang bisa dipilih meliputi animasi, sistem, dan audio.

ASUS ROG Strix Flare II Animate AniMe Matrix

Sementara itu, di pojok sebelah kiri terdapat pengatur media yang mana meliputi roda gulung untuk tingkat volume, tombol di sisi kiri untuk memutar dan menghentikan, serta tuas untuk maju dan mundur. Di samping pengatur media terdapat dua tombol dengan fungsi mengunci tombol Windows dan mengatur tingkat kecerahan RGB.

ROG Strix Flare II Animate pun menggunakan braided cable tertanam yang kuat dan membutuhkan dua buah port USB-A untuk bekerja secara penuh. Hal ini dikarenakan tersedia pula port USB-A pada bagian belakang keyboard untuk akses cepat. Namun sayang port USB yang disediakan masih versi 2.0 yang berarti kemampuan transfer data tidak begitu cepat.

ASUS ROG Strix Flare II Animate (8)

Dilengkapi banyak fitur tambahan, ROG Strix Flare II Animate untungnya juga menawarkan kenyamanan yang sangat sebanding dengan desainnya yang premium. Bahkan menggunakan keyboard gaming ini untuk mengetik dan bekerja pun terasa menyenangkan.

ROG Strix Flare II Animate menggunakan ROG NX Red Switch (tersedia ROG NX atau Cherry MX) yang ringan saat ditekan. Ditambah lagi ASUS melengkapinya dengan ROG PBT Doubleshot Keycaps serta ROG Switch Stabilizer sehingga tombol dapat ditekan secara akurat karena tidak terlalu goyang saat tersentuh ujung jari. Ketinggian keycaps pun relatif pas dengan posisi tangan.

Bagi kamu yang mungkin suka dengan switch lain, untungnya ASUS memungkinkan switch dari ROG Strix Flare II Animate untuk diganti. Bahkan alat bantuan untuk mengganti switch dan keycaps sudah tersedia dalam paket penjualan.

ASUS ROG Strix Flare II Animate (4)

ROG Strix Flare II Animate memiliki polling rate mencapai 8000 Hz dengan waktu respon 0.125 ms yang akan membuat setiap tekanan dapat langsung teregistrasi secara cepat. Sebagai keyboard gaming, tentunya ROG Strix Flare II Animate sudah dilengkapi fitur anti ghosting dan n-key rollover untuk memastikan setiap tombol dapat ditekan secara bersamaan.

Ini tentunya tidak hanya menguntungkan saat bermain game saja, melainkan juga saat mengetik dokumen berkat kenyamanan serta tingkat respon tinggi yang disuguhkannya. Walau masih bersuara, ROG NX Red Switch tergolong tidak terlalu berisik ketika digunakan mengetik.

ASUS pun mengklaim telah meningkatkan akustik ROG Strix Flare II Animate lewat penyematan busa peredam suara. Selama menggunakan keyboard ini, saya bisa bilang bahwa ASUS berhasil menghilangkan suara metal yang kerap kali terdengar saat tombol ditekan sehingga gangguan suara semakin minimal.

ASUS ROG Strix Flare II Animate (7)

Untuk semakin meningkatkan pengalaman penggunaan, ASUS turut membekali keyboard gaming ini dengan wrist rest atau bantalan pergelangan tangan yang terasa empuk sambil memberikan elevasi yang lebih baik. Ditambah lagi terdapat magnet yang membuat wrist rest selalu menempel sehingga tidak direpotkan oleh posisi yang bergeser terus.

Menariknya lagi, diffuser RGB yang ada pada samping bawah keyboard dapat dilepas dan agar efek underglow menembus wrist rest dan bakal tetap terlihat bagaimana pun juga. Ini tentunya sentuhan-sentuhan kecil yang membuat ROG Strix Flare II Animate berbeda dari keyboard gaming lainnya.

ASUS ROG Strix Flare II Animate (13)

Dengan segala kemampuan yang dibawanya, saya bisa mengatakan bahwa ROG Strix Flare II Animate merupakan salah satu keyboard gaming paling nyaman yang pernah saya gunakan. Tidak hanya banyak fitur dan memiliki respon cepat untuk bermain game, keyboard yang satu ini bahkan  berhasil membuat saya rasanya ingin terus mengetik karena saking nyamannya.

AniMe Matrix LED, tombol media terdedikasi, hingga kustomisasi yang luas pun semakin melengkapi keandalan ROG Strix Flare II Animate. Hampir tidak ada yang saya keluhkan dari keyboard gaming ini selain hal-hal kecil yang secara keseluruhan tidak akan terlalu berpengaruh pada kenyamanan.

Kamu yang tengah mencari keyboard gaming wajib rasanya untuk mempertimbangkan ROG Strix Flare II Animate. Apalagi jika memang sudah menggunakan produk Republic of Gamers lainnya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar