ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Sering Lag Saat Main Game? Coba Atur APN di HP Biar Jaringan Lebih Stabil

VivoS1Pro-Game

Gadgetren – Tentunya kamu pernah mengalami saat bermain game di ponsel pintar tiba-tiba akses internet terputus yang bisa menimbulkan gameplay kamu jadi nge-lag atau berhenti. Hal ini pastinya membuat kamu kesal dan kesempatan memenangkan permainan jadi berkurang.

Nah untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa melakukan moderasi pada pengaturan Access Point Name (APN) ponsel kamu yang digunakan sebagai jembatan koneksi (gateway) menuju provider tertentu yang digunakan.

Namun demikian ada beberapa yang perlu kalian perhatikan sebelum melakukan moderasi pengaturan APN pada ponsel pintar Android maupun iOS. Pertama, kamu jangan mengubah atau menghapus pengaturan APN yang sudah ada dalam daftar.

Kedua, tidak semua pengaturan harus diisi karena ada pula yang dikosongkan saja. Di sini kamu hanya perlu mengisi daftar pengaturan yang telah disediakan secara resmi oleh operator. Ketiga, pastikan mengetik tulisan sesuai dengan kombinasi kode yang diberikan oleh operator.

Cara Atur APN di HP Android

  1. Buka HP Android kamu, lalu menuju Pengaturan atau
  2. Pilih Koneksi atau
  3. Kemudian pilih Jaringan Seluler atau Mobile Network.Cara Atur APN Android 1
  4. Selanjutnya pilih Nama Poin Akses atau Access Point Name.
  5. Pilih Tambah APN atau ikon bersimbol +.Cara-Atur-APN-Android-2
  6. Kamu akan diperlihatkan edit poin akses atau Access Point Edit. Di sini kamu tinggal mengisi kombinasi kode yang telah disediakan operator.
  7. Setelah diisi sesuai operator, pilih Simpan.

Cara Atur APN di HP iOS

  1. Kunjungi menu Pengaturan atau Setting.
  2. Kemudian pilih Seluler atau Cellular.
  3. Lalu pilih Opsi Seluler Data atau Celluler Data Option.
  4. Selanjutnya Jaringan Seluler Data atau Celluler Data Network.
  5. Kamu juga akan diperlihatkan edit Celluler Data Network atau pengaturan APN.
  6. Setelah diisi sesuai sama persis dengan yang ditampilkan operator, bisa langsung kamu Simpan.

Setelah kamu sudah mengetahui langkah-langkah untuk pengaturan APN lewat HP Android maupun iOS, selanjutnya kamu harus isi pengaturan APN sesuai dengan masing-masing operator yang digunakan.

Jangan sampai kamu menggunakan kode APN dari satu operator ke operator lainnya karena justru akan menyebabkan jaringan internet menjadi tidak bisa diakses akibat konfigurasi yang tidak sesuai.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar