Tips dan Trik

Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung Agar Kamu Tahu Pasti Berapa Yang Tersisa

Samsung A30 vs Redmi Note 7 Header

Gadgetren – Sebagian pengguna smartphone Samsung mungkin belum tahu kalau smartphone mereka ternyata bisa menampilkan persentase baterai secara langsung di bagian status bar.

Sekilas, visualisasi persentase pada baterai merupakan sebuah hal yang penting pada smartphone karena digunakan sebagai indikator untuk mengetahui berapa banyak kapasitas baterai yang tersisa sehingga bisa menentukan waktu pengecasan seoptimal mungkin.

Sebaiknya kamu jangan membiarkan persentase benar-benar habis menjadi 0 karena akan cepat membuat baterai Lithium rusak sehingga lebih disarankan untuk mengecas baterai ketika tersisa antara 15% hingga 30%. Maka dari itu, mengetahui persentase baterai merupakan hal yang sangat penting.

Nah bagi kamu ingin menampilkan persentase baterai di HP Samsung kamu maka bisa mengikut cara berikut ini.

Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung

  1. Masuk ke aplikasi Settings pada smartphone
  2. Pilih menu Notifications dari daftar yang ada
  3. Tekan menu Status bar untuk masuk ke pengaturan lanjut
  4. Aktifkan Show battery percentage
  5. Jika sudah, maka persentase baterai akan muncul di bagian kanan atas layar smartphone

Langkah Memunculkan Persentase baterai Samsung

Dengan munculnya persentase baterai, kamu akan lebih mudah mengetahui kondisi baterai dari smartphone Samsung yang digunakan. Jika kamu ingin menghilangkan persentase baterai kembali, maka dapat mengikuti langkah yang sama.

Selain itu, kamu juga dapat melihat persentase baterai pada menu Settings tanpa harus mengaktifkan fitur Show battery percentage. Kamu dapat mengunjungi Settings > About Phone > Battery Information untuk melihat informasi lebih lengkap mengenai baterai dari smartphone.

Itulah dua cara yang mudah untuk melihat persentase baterai di smartphone Samsung. Sebenarnya masih banyak cara lain lagi untuk memperlihatkannya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AIDA64, CPU-Z, maupun AccuBattery. Namun saya rasa tutorial tersebut sudah sangat mudah dilakukan untuk orang awan sekalipun.

Selain itu, tampilan antarmuka OneUI yang dihadirkan pada smartphone buatan Samsung memiliki tata letak yang nyaman dan mudah dipelajari. Apalagi terdapat ikon-ikon cukup besar yang memudahkan penggunanya untuk dapat melihat beragam aplikasi maupun menu, terutama persentase baterai.

Tinggalkan Komentar