Tips dan Trik

Cara Menampilkan Persentase Baterai di Android Agar Lebih Akurat

Cara Menampilkan Persentase Baterai Header

Gadgetren – Baterai merupakan salah satu komponen paling penting yang berada dalam smartphone atau HP karena dengan adanya energi dari baterai memungkinkan penggunanya dapat membuat smartphone secara portabel kemanapun dan kapanpun.

Untuk itulah, sangat penting untuk melakukan cas baterai dalam keadaan yang tepat. Biasanya smartphone akan menyarankan untuk mengisi daya baterai pada saat kondisi kritis 15% hingga 20%. Namun yang sangat dianjurkan adalah mengecas pada kondisi 25% ke atas.

Namun terkadang persentase baterai tidak terlihat pada menu status bar di bagian paling atas smartphone. Padahal dengan hadirnya persentase ini dapat membuat penggunanya tidak khawatir ketika sedang bepergian karena akan mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan cas daya baterai.

Cara Menampilkan Persentase Baterai Android

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran untuk menampilkan persentase baterai maka dapat melihat tutorial mudah sebagai berikut ini :

  1. Pertama, pastikan smartphone Gadgeter dalam keadaan menyala
  2. Selanjutnya, Gadgeter masuk ke menu atau aplikasi Settings
  3. Pada halaman Settings, Gadgeter dapat memilih menu Notification & Status Bar
  4. Pada halaman Notification & Status Bar, Gadgeter dapat mengaktifkan Battery Percentage dengan slide tombol hingga berwarna hijau
  5. Nantinya persentase baterai akan secara otomatis muncul di status bar

Baca Juga: Cara mematikan notifikasi yang masuk di aplikasi Android

Bisa dibilang cara ini yang paling umum digunakan untuk menampilkan persentase baterai di smartphone. Selain caranya mudah, memang smartphone biasanya sudah memberikan fitur ini secara bawaan karena pastinya pengguna akan melihat persentase baterai untuk berjaga-jaga.

Apabila cara ini tidak bekerja dengan baik maka Gadgeter dapat mengunduh dan menginstal aplikasi manajemen baterai dari Google Play Store. Biasanya aplikasi manajemen baterai tidak hanya menampilkan status persentase baterai saja, melainkan fitur untuk menghemat baterai atau mengecas daya baterai yang baik.

Biasanya fitur menghemat baterai ini akan memerintahkan pengguna smartphone dalam mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, namun sedang tidak digunakan. Selain itu, aplikasi juga akan mengatakan beberapa hal yang tidak diperlukan agar baterai lebih hemat.

Sementara itu, fitur mengecas daya baterai akan memberitahukan cara mengecas terbaik untuk smartphone agar baterai tidak cepat jebol karena dengan cas daya baterai yang baik maka akan membuat baterai dapat bertahan lama.

Leave a Comment