ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menampilkan Persentase Baterai HP realme, Jadi Akurat!

Gadgetren – Secara bawaan, biasanya realme UI hanya menampilkan ikon baterai saja pada atas layar untuk memperlihatkan kondisi daya dari ponsel realme.

Namun dengan status di ikon baterai saja kita tidak tahu seberapa pasti berapa banyak dayanya. Untuk hal tersebut kamu dapat menampilkan persentase baterai dengan mengaturnya di aplikasi Settings.

Supaya dapat mengaktifkan persentase baterai tersebut, kamu dapat menggunakan opsi Battery Percentage yang terdapat di halaman Status Bar.

Cara Menampilkan Persentase Baterai HP realme

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Notifications & status bar.
  3. Pilih menu Status bar.
  4. Pilih opsi Battery percentage.
  5. Akan muncul tiga pilihan berupa Inside battery icon, Outside battery icon, atau Do Not Show.
  6. Kamu bebas memilih Inside battery icon atau Outside battery icon.
  7. Nantinya tampilan persentase baterai muncul sesuai pilihan.

Untuk opsi Inside battery icon akan menampilkan persentase tepat di dalam ikon baterai sedangkan Outside battery icon akan memunculkan persentase di sebelah ikon baterai. Jika memilih Do Not Show, maka persentase tidak akan ditampilkan seperti awal.

Nantinya angka persentase akan disesuaikan dengan ikon baterai yang dimunculkan pada bagian atas layar. Misalnya saja persentase akan tertulis 50% ketika ikon baterai hanya setengah bagian terisi.

Hadirnya persentase baterai akan memudahkan kamu dalam menjaga ponsel tetap bisa digunakan karena bisa mengetahui secara pasti kapan harus mengisi dayanya. Misalnya saat sudah memasuki antara 20% ke 15%, mungkin sudah sebaiknya ponsel realme diisi dayanya.

Pada ponsel masa kini, daya baterai jangan dibiarkan hingga 0% karena kalau terjadi berulang kali akan menyebabkan kesehatan baterai lebih cepat menurun yang mana kemampuannya dalam menyimpan daya akan berkurang.

Sebaiknya kamu rutin melakukan pengisian baterai pada saat 20% agar kondisi daya baterai tetap prima. Apalagi pada ponsel realme masa kini sudah banyak dibekali dengan fitur SUPERVOOC sehingga mampu melakukan pengisian daya baterai dengan sangat cepat agar tidak perlu menunggu lama.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar