Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan Dark Mode di MIUI 11 Biar Kamu Makin Nyaman Saat Menggunakan Perangkat Xiaomi

Cara Mengaktifkan Dark Mode di MIUI 11 Header

Gadgetren – Xiaomi telah meluncurkan MIUI 11 untuk beberapa perangkat andalannya. Dan salah satu fitur yang menjadi senjata utama dalam sistem operasi baru ini adalah fitur dark mode atau mode gelap.

Dengan menggunakan fitur baru ini, kamu pengguna perangkat yang didukungnya bisa menggunakan perangkat dengan lebih nyaman, terutama saat digunakan dalam kondisi kurang cahaya atau malam.

Hal ini karena, saat mengaktifkan fitur dark mode di MIUI 11 ini, tampilan antarmuka sistem dan beberapa aplikasi yang mendukungnya akan bernuansa hitam sehingga tidak akan mencolok mata saat dilihat.

Apalagi dengan fitur baru ini, smartphone buatan Xiaomi bisa lebih hemat daya, karena produktivitas warna gelap pada layar membutuhkan daya yang lebih rendah ketimbang warna terang, apalagi jika layar yang digunakan sudah berjenis AMOLED.

Bagi kamu yang sudah menggunakan perangkat dengan MIUI 10, kamu bisa mengaktifkan fitur dark mode ini tanpa menggunakan aplikasi atau metode khusus tambahan. Kamu bisa mengaktifkannya secara langsung di pengaturan.

Caranya, masuk ke dalam pengaturan perangkat (Settings). Dari halaman Settings, kemudian masuk lagi ke bagian Display. Selanjutnya, cari dan pilih opsi Dark Mode dan aktifkan tombol geser Dark Mode yang ada di dalamnya.

Selain bisa mengaktifkan atau menonaktifkannya secara manual melalui menu pengaturan tersebut, kamu juga bisa mengaturnya agar fitur ini bisa aktif secara terjadwal sesuai dengan keinginan kita.

Untuk menggunakan fitur otomatis ini, kamu bisa menyetelnya juga secara langsung di halaman pengaturan. Setelah mengaktifkan tombol geser Dark Mode, kamu tinggal mengaktifkan opsi Schedule dan mengatur waktunya (Turn off dan Turn on).

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan opsi Global dark mode untuk mengaplikasikan mode gelap secara lebih mendalam, termasuk juga pada aplikasi-aplikasi buatan dari pihak ketiga meski belum semuanya.

Secara umum, aplikasi-aplikasi populer dari pihak ketiga seperti Twitter, Instagram, Google Chorme, dan lainnya, sudah mendukung fitur ini. Namun beberapa yang lain seperti WhatsApp, belum mendukungnya.

Nah kabar baiknya, bagi kamu yang belum sempat update atau belum mendapatkan kesempatan untuk update, kamu pun sudah bisa mencoba fitur ini jika kamu menggunakan MIUI 10 berbasis Android 9 Pie.

Tinggalkan Komentar