Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan Dark Mode di MIUI Xiaomi Supaya Tampilan Jadi Gelap

Cara Mengaktifkan Dark Mode MIUI - Header

Gadgetren – Agar bisa menggunakan handphone secara lebih nyaman, berbagai macam manufaktur melengkapi perangkat-perangkat buatannya dengan dukungan khusus yang diberi nama dark mode atau mode gelap.

Dukungan tersebut memungkinkan kita untuk mengubah antarmuka tampilan dari sistem maupun aplikasi di handphone dengan warna-warna bertema gelap. Dalam hal ini temanya bisa menjadi abu-abu atau bahkan hitam.

Dengan begitu, tampilan layar handphone yang sedang digunakan bisa dilihat dengan lebih nyaman. Dukungan tersebut bakalan sangat membantu terutama saat kita mengoperasikan perangkat di kondisi gelap atau kurang cahaya.

Xiaomi termasuk salah satu manufaktur yang ikut menyematkan dukungan dark mode ke dalam antarmuka sistem buatannya. Mereka sudah menambahkan fitur tersebut kurang lebih sejak pengembangan MIUI 11.

Jika menggunakan antarmuka sistem MIUI 11 atau lebih baru, kamu pun bisa mengaktifkan dukungan tersebut dengan sangat mudah. Berikut langkah secara lebih rinci bagi kamu yang belum tahu cara melakukannya.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di MIUI Xiaomi

  • Buka halaman Settings
  • Cari bagian Display lalu masuk ke pengaturan tersebut
  • Ubah setelan Color Scheme ke Dark mode
  • Ketuk menu More Dark mode options
  • Aktifkan Adjust wallpaper to Dark mode
  • Pilih Adjust text and backgrounds automatically jika diperlukan
  • Jangan lupa mengaktifkan tombol dark mode untuk aplikasi-aplikasi yang mendukungnya
  • Tutup pengaturan setelah selesaiCara Mengaktifkan Dark Mode MIUI

Selain mengaktifkan dan menonaktifkannya secara manual, kita juga bisa membuat setelan otomatis untuk hal ini. Kita hanya perlu mengetuk opsi Schedule Dark mode di halaman pengaturan Display.

Ada dua setelan yang bisa digunakan sebagai pemicunya. Kita bisa memilih opsi Sunset to sunrise untuk mengatur Dark mode dari matahari terbenam hingga terbit atau Custom untuk menyetelnya berdasarkan jam tertentu.

Secara umum, penerapan Dark Mode nantinya akan berlaku juga untuk layanan dari pihak ketiga. Hanya saja kadang-kadang kita juga perlu melakukan penyetelan khusus lewat halaman pengaturan dari aplikasi terkait.

Yang cukup menarik, Dark Mode juga sudah bisa digunakan pada beberapa handphone yang masih menjalankan MIUI 10 meski secara resmi baru meluncur di versi berikutnya. Namun kita perlu menggunakan trik khusus untuk mengaksesnya.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar