ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Sudah Bisa Dicoba, Begini Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp

Cara WhatsApp Dark Mode Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sejalan dengan mode gelap yang bakal hadir di sistem operasi populer seperti Android dan iOS, banyak pengembang yang mulai memunculkan mode tersebut di aplikasinya, termasuk juga WhatsApp.

Beberapa waktu belakangan ini, dark mode telah menjadi tema pembahasan yang cukup ramai. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari apa yang ditawarkan oleh mode tersebut ketika diimplementasikan di dalam sistem maupun aplikasi.

Dengan mode yang akan mengubah semua tampilan menjadi gelap (hitam) tersebut, pengguna perangkat dapat lebih nyaman saat menggunakan perangkatnya meskipun saat malam atau saat berada di ruangan yang kurang cahaya.

Selain itu, perangkat juga dapat lebih hemat daya, karena berdasarkan keterangan Google yang dikutip dalam halaman TheVerge, warna hitam membutuhkan daya yang jauh lebih sedikit dari warna putih saat ditampilkan di layar.

Oleh karena itu, mengikuti banyak aplikasi populer yang sudah mengimplementasikannya, WhatsApp pun mencoba menghadirkan mode ini. Dan kabar menariknya, meski belum diumumkan secara resmi, kita sudah bisa mencobanya.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di Android

Meskipun pengguna Android sudah bisa mencicipi WhatsApp dark mode, tetapi kamu membutuhkan perangkat yang sudah terpasang Android Q – saat ini masih versi Beta – untuk bisa mengaktifkannya.

Jika memilikinya, kamu bisa mengaktifkan mode gelap ini melalui Settings, lalu masuk ke bagian Display. Pada bagian pengaturan di Android Q tersebut, kemudian pilih Select Theme dan pilih opsi Dark.

Setelah dark mode aktif di level sistem, selanjutnya buka pengaturan Developer options. Jika pengaturan ini belum muncul, kamu bisa mengaktifkannya melalui Settings dan masuk ke About Phone, lalu menekan berulang kali Build Number sampai muncul pesan “Developer options is turned on”.

Setelah masuk ke dalam halaman pengaturan Developer options, cari dan aktifkan opsi Override force-dark. Dengan mengaktifkan opsi tersebut, seharusnya aplikasi yang mendukung mode gelap (termasuk WhatsApp) akan secara otomatis menggunakan mode tersebut.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di iOS

Bagi pengguna perangkat iOS, WhastApp Dark Mode sudah bisa digunakan sejak iOS 11 atau yang lebih baru. Caranya, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur Smart Invert, yakni fitur khusus untuk membalikkan warna layar di perangkat iOS.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu masuk ke halaman Settings, lalu memilih Accessibility. Cari dan pilih opsi Display Accommodations, kemudian pilih Invert Colors, dan aktifkan Smart Invert.

Atau jika tidak, kamujuga bisa menggunakan fitur dark mode iOS 13 yang saat ini masih dalam tahap Beta. Kamu bisa mengaktifkannya melalui Settings, lalu masuk ke bagian Display & Brightness. Selanjutnya, kamu tinggal memilih opsi Dark pada bagian Appearance.

Untuk menghadirkan pengalaman mode gelap yang lebih utuh, baik untuk perangkat Android maupun iOS, kamu bisa menggunakan wallpaper WhatsApp dengan warna yang lebih gelap.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar