Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Samsung Agar Tampilan Jadi Hitam dan Gelap

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Samsung header

Gadgetren – Hampir semua handphone bersistem operasi Android masa kini termasuk merek Samsung, telah dilengkapi dengan fitur Dark Mode.

Dark Mode merupakan fitur yang memungkinkan latar belakang dari tampilan antarmuka seperti sistem operasi maupun aplikasi menjadi gelap atau berwarna hitam.

Dark Mode sangat berguna ketika sedang melihat konten di kondisi cahaya redup atau malam hari agar menjadi lebih nyaman karena tidak akan pusing dengan latar belakang yang sangat terang seperti di Light Mode.

Untuk mengaktifkan fitur Dark Mode pada handphone Samsung pun dapat dilakukan dengan mudah melalui halaman Settings. Selain itu, kamu juga dapat menjadwalkan Dark Mode untuk aktif secara otomatis.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Handphone Samsung

  • Akses aplikasi Settings di handphone Samsung
  • Pilih menu Display
  • Selanjutnya, pilih opsi Dark
    Samsung - Dark Mode
  • Secara otomatis, tampilan antarmuka handphone berubah jadi latar belakang gelap atau hitam

Sementara itu, Samsung juga menyediakan Dark mode settings yang memungkinkan kamu menjadwalkan kapan fitur ini aktif secara otomatis. Kamu perlu menekan tombol Turn on as schedule agar penjadwalan Dark Mode dapat dilakukan.

Terdapat pilihan Sunset to Sunrise yang nantinya membuat Dark Mode aktif dari sejak matahari terbenam hingga matahari terbit. Sementara jika memilih Custom schedule, maka kamu dapat mengatur jam berapa fitur ini aktif secara otomatis.

Namun apabila kamu ingin menggunakan Dark Mode selamanya, maka sebaiknya tidak perlu mengaktifkan fitur Turn on as schedule. Tentu saja Dark Mode akan membuat mata kamu tidak cepat lelah ketika melihat layar dalam waktu yang lama karena tampilannya yang gelap.

Menariknya fitur Dark Mode juga memiliki efek pada handphone Samsung yang menggunakan layar OLED, AMOLED, dan Super AMOLED dimana konsumsi baterainya akan menjadi lebih efisiensi dibandingkan semua layar berwarna terang.

Kita ketahui bersama bahwa apabila terdapat warna hitam, maka layar berteknologi OLED akan mematikan piksel tersebut untuk mendapatkan warna gelap yang sebenarnya. Dengan begitu Dark Mode yang didominasi warna hitam akan membuat konsumsi baterai menjadi hemat karena sedikit piksel yang menyala.

Tinggalkan Komentar