Perangkat Pintar Review

Review HONOR Band 5 – Smartband Lengkap dengan Harga Terjangkau

Gadgetren – HONOR Band 5 merupakan smartband terbaru dari Honor yang mempunyai spesifikasi hardware dan fitur menarik.

Honor mengumumkan bahwa akan segera meluncurkan smartband ini di Indonesia dengan harga yang terjangkau. HONOR Band 5 sudah menggunakan teknologi layar yang nyaman untuk dipandang oleh mata.

Perangkat wearable ini pun memiliki fitur pemantauan kesehatan yang cukup lengkap, seperti pemantau detak jantung maupun SpO2. Selain itu, penggunanya juga dapat memantau latihan olahraga dengan menggunakan smartband ini.

Dengan fitur yang ditawarkan, apakah HONOR Band 5 mampu bersaing dengan smartband terjangkau lainnya di Indonesia?

Desain

HONOR Band5 Renungan

Secara kasat mata, HONOR Band 5 mempunyai tampilan desain yang mirip dengan HONOR Band 4. Terlihat bahwa core dari smartband ini melengkung di bagian bawahnya yang mengikuti bentuk pergelangan tangan.

Bodinya sendiri dibuat dari bahwa plastik yang ringan. Kombinasi desain melengkung dan bodinya yang ringan membuat HONOR Band 5 ini nyaman untuk disematkan pada pergelangan tangan sepanjang hari.

Berbeda dengan Mi Band 4 yang memisahkan core (inti) dari smartband dengan tali, core dari HONOR Band 5 ini sudah menyatu dengan talinya. Dengan kata lain proses pergantian talinya HONOR Band 5 akan lebih sulit dibandingkan dengan Mi Band 4.

Layar

Sementara layar sentuh HONOR Band 5 memempunyai lebar 0,95 inci dengan teknologi AMOLED, kaca 2,5D yang melengkung, dan kedalaman piksel hingga 282 PPI sehingga membuat mata saya nyaman dalam melihat konten di dalam smartband.

Menariknya, saya dapat mengatur tingkat kecerahan atau Brightness dari layar langsung di HONOR Band 5 sehingga saya dapat tetap melihat konten pada smartband dengan baik dalam kondisi di dalam maupun luar ruangan, meskipun kondisi terik matahari sekalipun.

Pada bagian pinggirnya tidak terdapat tombol sama sekali karena kita dapat mengoperasikan serta menavigasikan semua menu dan fungsinya langsung dari layar sentuhnya. Sementara terdapat tombol lingkaran di bawah layarnya yang berfungsi untuk kembali ke home screen setelah mengakses menu.

Sementara itu, home screen dari HONOR Band 5 ini menampilkan informasi jam, tanggal, cuaca, dan langkah jalan. Untuk tampilan antarmuka home screen dapat digonti-ganti sesuai keinginan dengan mengakses menu Band Face.

Band Face ini sendiri dapat diakses pada aplikasi HUAWEI Health yang dapat diunduh di Google Play Store untuk smartphone Android atau Apple App Store untuk iPhone dan iPad. Namun apabila kamu menggunakan smartphone HUAWEI atau HONOR maka aplikasinya sudah terinstal.

Pada menu Band Face, kamu akan ditawarkan beragam tampilan antarmuka untuk tampilan home screen dari HONOR Band 5. Selanjutnya, kamu tinggal memilih tombol install apabila ingin mengubah tampilan home screen di smartband.

Apabila Band Face sudah terinstal, maka secara otomatis kamu dapat mengatur tampilannya langsung dari menu Face yang terdapat pada HONOR Band 5. Sebagai catatan, menu Face yang hadir di smartband hanya bisa menampilkan tampilan antarmuka yang sudah diinstal dari aplikasi HUAWEI Health.

Terhubung dengan Smartphone

HONOR Band5 HP

HONOR Band 5 ini dapat terhubung dengan smartphone menggunakan koneksi Bluetooth. Setelah terhubung, maka kamu dapat menggunakan aplikasi HUAWEI Health untuk memantau aktivitas sehari-hari mulai dari berjalan kaki, olahraga, berenang, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, kamu juga dapat mengatur beragam fitur langsung dari aplikasi ini mulai dari aktivitasi HUAWEI TruSleep, pengingat aktivitas, alarm, notifikasi, monitor detak jantung, cuaca, pemutar musik, pencari smartphone, dan penggantian Band Face.

Hasil dari fitur HUAWEI Trusleep dapat dilihat di aplikasi HUAWEI Health. Nantinya fitur ini dapat menganalisis kualitas tidur secara real-time, mendeteksi kebiasaan tidur sehari-hari, dan terdapat lebih dari 200 saran penilaian pribadi untuk tidur malam yang lebih baik.

HONOR Band 5 Tampilan

Bagi kamu yang ingin mendapatkan aplikasi HUAWEI Health maka dapat mengunduh dan menginstalnya dari Google Play Store untuk smartphone Android atau Apple App Store untuk iPhone dan iPad.

Namun apabila kamu menggunakan smartphone HUAWEI atau HONOR maka akan langsung terinstal di dalamnya. Untuk menghubungkannya pun cukup mudah karena menggunakan koneksi Bluetooth pada smartphone.

Setelah Bluetooth aktif maka kamu dapat menambahkan perangkat HONOR Band 5 di HUAWEI Health. Apabila telah tersambung, maka HUAWEI Health akan menampilkan beragam menu dari smartband tersebut.

Fitur Olahraga

HONOR Band5 Back

Salah satu fitur utama dari HONOR Band 5 ini adalah olahraga. Terdapat 10 mode dalam HONOR Band 5 untuk mendukung aktivitas olahraga, mulai dari berlari di luar ruangan, berlari di dalam ruangan, berjalan di dalam ruangan, berjalan di luar ruangan, bersepada di dalam ruangan, bersepeda di luar ruangan, berenang, rower, dan latihan silang.

Setiap mode akan melacak detak jantung, kalori yang terbakar, dan jarak yang ditempuh secara real-time oleh kamu. Bisa dibilang mode olahraga yang hadir pada HONOR Band 5 ini cukup lengkap apabila dibandingkan dengan smartband lainnya yang mempunyai harga terjangkau.

HONOR Band 5 ini memiliki kemampuan tahan air hingga kedalaman 50 meter sehingga dapat digunakan pada saat berenang atau shower setelah habis olahraga. Smartband ini mempunyai sensor 6-axis sehingga dapat mengenali empat gaya dalam berengan, mulai dari gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, hingga gaya kupu-kupu.

Tak hanya itu, HONOR Band 5 ini juga dapat mengukur kecepatan perekaman, jarak, kalori, dan skor SWOLF ketika berenang. Pada saat menggunakan mode berlari di dalam ruangan atau luar ruangan, kamu juga dapat menentukan jarak target, kalori, dan durasi.

Untuk dapat mengakses mode-mode olahraga ini, kamu cukup mengakses menu Workout pada smartband. Bisa dibilang sembilan mode yang dihadirkan pada HONOR Band 5 ini ditujukan untuk menunjang aktivitas latihan dasar harian agar tubuh selalu bugar dan sehat.

Fitur SpO2 Monitor

HONOR Band5 SpO2

HONOR Band 5 ini dibekali dengan fitur SpO2 Monitor yang dapat melacak tingkat saturasi oksigen di dalam aliran darah sehingga kamu dapat menilai bagaimana tubuh beradaptasi selama latihan atau di ketinggian.

Untuk mengaktifkannya, kamu tinggal mencari menu SpO2 di HONOR Band 5. Setelah masuk ke menu SpO2 maka kamu hanya tinggal mengikuti instruksinya dengan mengencangkan tangan selama beberapa detik agar sensor dapat melacak tingkat saturasi oksigen di dalam aliran darah.

Apabila SpO2 berhasil melakukan deteksi, maka akan muncul persentasi tingkat saturasi oksigen dan nilai detak jantung pada layar HONOR Band 5. Bisa dibilang fitur ini cukup menarik karena dihadirkan pada smartband dengan harga yang terjangkau.

Daya Tahan Baterai

HONOR Band5 Back

HONOR Band 5 ini hadir dengan kapasitas baterai 100 mAh yang diklaim pihak Honor mampu bertahan hingga mencapai 14 hari dalam keadaan siaga dengan menonaktifkan fitur pelacakan real-time.

Sementara itu, HONOR Band 5 ini mampu bertahan hingga 6 hari dalam pemakaian normal serta fitur pelacakan detak jantung dan tidur menyala. Untuk membuktikan klaim tersebut, saya pun langsung menggunakan HONOR Band 5 dengan mengaktifkan fitur yang lengkap dan melakukan pemakaian sehari-hari.

Berdasarkan pengujian saya, HONOR Band 5 ini bisa bertahan selama 10 hari. Namun daya tahan baterainya akan berbeda-beda sesuai dengan kebiasaan dari pengguna. Daya tahan baterai dari HONOR Band 5 ini terbilang lama untuk ukuran smartband dengan harga terjangkau.

Salah satu faktor yang membuat daya tahan baterainya menjadi lama adalah metode mengistirahatkan layar HONOR Band 5 ketika sedang tidak digunakan. Namun apabila kamu ingin melihat jam, aktivitas, atau mengakses menu maka dapat langsung memutar pergelangan tangan.

Untuk pengisian daya baterainya cukup mengesankan karena dapat diisi dari kondisi 0% ke 100% hanya dalam waktu 1 jam saja. Kombinasi daya tahan baterai lama dan pengisian daya baterai cepat membuat HONOR Band 5 menjadi smartband menarik pada harga terjangkau.

Fitur Tambahan

HONOR Band 5 Camera

HONOR Band 5 ini juga dibekali dengan beberapa fitur tambahan, seperti pengendali pemutar musik, pengendali kamera, NFC, Phone Finder, dan notifikasi. Apabila smartband ini telah tersambung dengan smartphone maka kamu bisa mengendalikan pemutar musik tersebut langsung dari HONOR Band 5.

Namun agar fitur ini berfungsi, aplikasi pemutar musik dari smartphone harus sudah dinyalakan. Nantinya kamu dapat memutar, menghentikan, maupun berpindah lagu hanya dengan mengendalikannya menggunakan HONOR Band 5.

Selanjutnya, fitur pengendali kamera cocok bagi kamu yang ingin memotret dengan jarak smartphone yang jauh. Pada saat aplikasi kamera di smartphone dibuka, maka secara otomatis pengendali kamera akan muncul di layar smartband ini.

Kamu hanya tinggal menekan ikon berlambang kamera pada HONOR Band 5 apabila ingin memotret dengan smartphone. Meskipun HONOR Band 5 ini dilengkapi dengan sensor NFC, namun untuk saat ini hanya baru mendukung AliPay saja.

HONOR Band 5 juga dibekali dengan fitur Phone Finder yang dapat membantu kamu mencari smartphone yang lupa letaknya ketika disimpan. Nantinya smartphone akan mengeluarkan suara lantang apabila fitur ini diakses sehingga kamu dapat mengetahui di mana letak smartphone tersebut.

Smartband ini juga dapat mendukung notifikasi SMS, Chat, aplikasi jejaring sosial, email, maupun panggilan telepon sehingga memudahkan kamu dapat mengetahui informasi penting ketika smartphone sedang disimpan di saku maupun tas. Melalui HUAWEI Health, kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang notifikasinya akan muncul di smartband.

Kesimpulan

Setelah melakukan pemakaian selama seminggu, saya pun merasa puas menggunakan HONOR Band 5 karena desainnya yang disesuaikan dengan pergelangan tangan sehingga membuat nyaman ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Layar AMOLED yang hadir pada smartband ini mampu menampilkan konten dengan jelas dan tajam di berbagai kondisi, baik dalam ruangan maupun luar ruangan walaupun kondisi sedang terik matahari.

Bahkan kamu juga dapat mengatur tingkat kecerahan layar langsung dari HONOR Band 5. Sementara itu, layar akan beristirahat secara otomatis setelah tidak dipakai selama beberapa detik. Namun apabila kamu ingin membuat konten ditampilkan pada layar lebih lama maka dapat mengaktifkan fitur Screen On hingga 5 menit di smartband ini.

Fitur HONOR Band 5 pun bisa dibilang lengkap, mulai dari pelacakan aktivitas olahraga, aktivitas tidur, pemutar musik, pengendali kamera, informasi jam, cuaca, dan baterai. Smartband ini juga mampu bertahan dalam air tawar hingga kedalaman 50 meter ketika digunakan dalam aktivitas renang.

Sayangnya core atau inti HONOR Band 5 ini bersatu dengan talinya sehingga agak sulit ketika kamu ingin mengganti talinya sendiri. Untuk itu, kamu sebaiknya mengganti tali HONOR Band 5 pada orang yang ahli atau service center.

Saya rasa kekurangan ini dapat diobati dengan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh HONOR Band 5. Dengan harga yang terjangkau, saya rasa smartband ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik di kelasnya.

Kelebihan

  • Layar AMOLED yang terang dan tajam
  • Daya tahan baterai lama
  • Fitur olahraga dan kesehatan yang lengkap
  • Mampu tahan terhadap air tawar hingga kedalaman 50 meter

Kekurangan

  • Tali susah dilepas
HONOR Band 5
  • Editor Rating
  • Rated 4.5 stars
  • 80%

  • HONOR Band 5
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Oktober 14, 2019
  • Layar
    Editor: 90%
  • Performa
    Editor: 100%
  • Baterai
    Editor: 100%
  • Software
    Editor: 90%
  • Desain
    Editor: 80%

Tinggalkan Komentar