Tips dan Trik

Apa Itu Fastboot dan Recovery? Dan Apa Bedanya?

Perbedaan Fastboot dan Recovery Header[Ilustrasi Oleh Wikimedia]

Gadgetren – Saat bergelut dengan perangkat Android, ada beberapa tools yang patut kamu pahami. Salah duanya adalah fastboot dan recovery, yang memiliki beberapa kesamaan tapi sangat jauh berbeda.

Dua tools ini merupakan tools dasar yang sama-sama bisa menjadi solusi saat perangkat Android yang kita miliki mengalami gangguan di sisi software-nya atau saat kita akan memaksa update ke sistem terbaru.

Biasanya keduanya pun juga sama-sama membutuhkan unlock bootloader (UBL) atau unlock OEM, terkecuali recovery bawaan yang memiliki fitur dan kemampuan yang sangat terbatas.

Guna mempelajari lebih lanjut mengenai fastboot dan recovery di perangkat Android, berikut ini ulasan tentang definisi dari kedua tools tersebut beserta persamaan dan perbedaan di antara keduanya.

Apa Itu Fastboot?

Fastboot merupakan salah satu tools yang di dalam Android Software Development Kit (SDK). Tools ini berfungsi sebagai protokol diagnostik yang dilengkapi paket SDK guna memodifikasi sistem melalui konektivitas USB.

Protokol ini nantinya akan menjembatani perintah tertentu dari command line (baik dari command prompt atau linux terminal) yang dikirim melalui USB dari komputer host ke perangkat Android.

Apa Itu Recovery?

Recovery merupakan partisi khusus yang berisi konsol pemulihan. Dalam konsol pemulihan tersebut, pengguna dapat menggunakan berbagai macam tools untuk memperbaiki sistem yang terinstal, termasuk dengan memasang ulang sistem atau memperbarui sistem.

Secara mendasar, perangkat Android yang hadir ke pasaran telah dilengkapi dengan sistem recovery bawaan. Fungsi yang dimiliki recovery ini sangat terbatas, yakni hanya sekedar menghapus data dan memberikan update sistem secara manual.

Untuk fitur yang lebih, pengguna perangkat Android bisa menggunakan recovery khusus, seperti CWM (ClockworkMod) atau TWRP (Team Win Recovery Project). Recovery khusus biasanya menawarkan fitur yang lebih komplit tetapi membutuhkan UBL.

Persamaan Fastboot dan Recovery

Kedua tools ini bisa digunakan untuk memperbaiki software dari perangkat Android yang mengalami kerusakan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, melalui keduanya, pengguna juga dapat melakukan update atau pembaruan terhadap sistem.

Perbedaan Fastboot dan Recovery

Perbedaan yang paling terlihat dari fastboot dan recovery adalah penggunaan komputer host. Jika fastboot membutuhkan komputer host, recovery dapat digunakan tanpa membutuhkan komputer.

Tinggalkan Komentar