ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Kunci Jaringan Ke 4G di Perangkat Xiaomi, Supaya Koneksi Lebih Stabil

Cara Kunci 4G Xiaomi Header

Gadgetren – Hidup di daerah dengan jaringan seluler yang tidak stabil memang bisa cukup menjengkelkan. Selain bikin baterai boros, aktivitas-aktivitas yang memanfaatkan internet bisa sangat terganggu.

Bermain game multiplayer seperti PUBG, Mobile Legends, AOV, Free Fire atau Fortnite contohnya. Dengan jaringan yang tidak stabil, ping bisa melompat-lompat sehingga permainan kadang-kadang menjadi freeze atau lag.

Sebagai salah satu solusinya, banyak orang yang memilih untuk mengunci jaringan ke salah satu jenis jaringan yang tersedia. Seperti menguncinya pada jaringan 4G untuk mendapatkan akses yang lebih cepat misalnya.

Namun sayangnya, pengaturan untuk mengunci jaringan 4G pada beberapa perangkat, banyak yang dihilangkan, terutama pada perangkat yang memiliki sistem operasi yang lebih baru. Karena hal ini, banyak orang yang memerlukan metode khusus untuk mengaturnya.

Smartphone-smartphone buatan Xiaomi juga banyak yang mengalami limitasi ini. Pada masa awal pemberlakuan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), perusahaan asal Tiongkok tersebut bahkan harus menonaktifkan jaringan 4G di beberapa perangkatnya karena belum memenuhi syarat.

Khusus untuk kasus ini, pengguna harus membuka jaringan tersebut terlebih dahulu karena limitasi hanya dilakukan pada sisi piranti lunaknya. Baru setelah itu, mereka bisa menguncinya di jaringan 4G seperti yang mereka inginkan.

Cara pertama, pengguna bisa mengunci jaringan 4G di perangkat Xiaomi dengan menggunakan kode khusus *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* yang bisa diakses melalui dialpad. Selanjutnya, setelah masuk ke mode testing, pilih Phone Information – pilih 1 atau 2 tergantung kartu SIM yang digunakan untuk data.

Jika sudah masuk ke halaman Phone Info, selanjutnya cari bagian Set Prefered Network Type. Selanjutnya, buka menu dropdown yang ada di bagian tersebut, kemudian cari dan pilih opsi LTE Only.

Sebagai catatan, beberapa perangkat membutuhkan mode pengembang supaya mereka bisa mengakses mode testing ini. Di perangkat Xiaomi, pengguna bisa mengaktifkannya melalui Setting, lalu masuk System (untuk sistem operasi 8.0 ke atas), masuk ke About phone, dan tekan MIUI Version atau Build number beberapa kali.

Selain menggunakan cara di atas, sebagai cara kedua, beberapa smartphone Xiaomi juga bisa mengakses pengaturan jaringannya di halaman Testing melalui About phone yang ada di Settings, lalu mengetuk bagian Internal memory beberapa kali.

Jika kedua cara di atas belum bisa menyelesaikan permasalahan, pengguna bisa mencoba menggunakan ROM lain atau memasang Tweak khusus dengan TWRP. Namun karena sedikit berisiko bagi pengguna awam, kami tidak menyarankan kedua cara ini.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar