Tips dan Trik

Cara Mengatur Jaringan Menjadi 4G Only di HP Vivo

Cara Mengatur Jaringan 4G Only di HP Vivo Header

Gadgetren – Kini jaringan 4G LTE sudah diterapkan di banyak wilayah Indonesia agar bisa mendapatkan akses internet cepat

Bahkan sudah banyak pihak operator di Indonesia memberikan harga paket 4G lebih murah dibandingkan jaringan 3G agar pengguna smartphone secepatnya lebih sering menggunakan jaringan tersebut. Namun terkadang ada masa dimana hanya ingin menggunakan jaringan 4G saja.

Bagi pengguna smartphone buatan Vivo, ada cara yang bisa dilakukan agar jaringan terkunci di 4G LTE sehingga tidak menggunakan kuota jaringan lain.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang belum tahu cara 4G Only di smartphone Vivo maka dapat mengikuti tutorial berikut ini.

Cara Mengatur Jaringan 4G Only di HP Vivo

  1. Gadgeter dapat membuka aplikasi Phone atau Telepon.
  2. Pada aplikasi ini, Gadgeter dapat langsung mengetikkan kode *#*#4838#*#* dan tekan Call untuk mengaktifkan kode tersebut.
  3. Kemudian, Gadgeter akan melihat menu Menguji.
  4. Pada halaman Menguji, Gadgeter dapat memilih menu Informasi telepon.
  5. Selanjutnya, Gadgeter dapat menggulirkan atau scroll ke bawah pada halaman Informasi Telepon hingga menemukan menu Setel jenis jaringan yang disukai.
  6. Pada menu ini, Gadgeter dapat langsung memiliki LTE only.
  7. Selanjutnya, smartphone Vivo milik Gadgeter akan dikunci ke LTE atau 4G only.

Dengan kata lain, smartphone Vivo kamu hanya akan menggunakan jaringan 4G-LTE dimanapun lokasinya dan tak tidak akan berpindah ke jaringan lainnya. Namun penggunaan 4G only memiliki beberapa kelemahan.

Pertama, Gadgeter tidak akan bisa mendapatkan telepon atau SMS yang menggunakan jaringan 2G/3G sama sekali karena tidak bisa terhubung ke jaringan tersebut. Kita ketahui bersama bahwa jaringan 4G yang hadir di Indonesia baru berupa transfer data, bukan SMS dan Telepon.

Hal inilah yang membuat setiap vendor membuat pengaturan jaringannya menjadi 4G/3G/2G secara bawaan agar bisa berpindah ketika penggunanya mendapatkan telepon maupun SMS dari pengguna HP yang menggunakan jaringan 2G/3G.

Meskipun telepon menggunakan jaringan 4G sudah dapat dilakukan, namun harus menggunakan teknologi khusus seperti VoLTE (Voice over LTE). Hanya saja teknologi ini baru didukung sebagian smartphone maupun operator saja.

Kedua, apabila smartphone Vivo sudah menggunakan 4G Only maka secara otomatis tidak dapat mengubah jaringannya ke 3G pada daerah yang tidak mendukung jaringan 4G atau lemah jaringan 4G sehingga penggunanya tidak akan mendapatkan koneksi internet.

Tinggalkan Komentar