ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G dan Menguncinya di Perangkat Xiaomi

Cara Mengubah Mengunci Jaringan 3G ke 4G Xiaomi Header

Gadgetren – Sejak muncul peraturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) baru, banyak perusahaan yang terkena imbasnya. Salah satunya Xiaomi, yang harus membatasi beberapa ponselnya di jaringan 3G.

Sebagai contohnya, perusahaan asal Tiongkok tersebut harus mengebiri smartphone Xiaomi Redmi Note 3. Smartphone yang sebenarnya dirilis dengan spesifikasi 4G tersebut terpaksa tidak bisa digunakan untuk mengakses jaringan tersebut.

Namun kabar baiknya, pembatasan yang dilakukan oleh Xiaomi ini hanya dilakukan pada sisi software saja. Sehingga dengan menggunakan menu rahasia yang ada, kita dapat dengan mudah untuk mengakses jaringan 4G di perangkat Xiaomi 3G tersebut.

Menariknya, dengan menggunakan menu rahasia ini juga, para pengguna perangkat Xiaomi lainnya pun bisa mengunci jaringan di 4G Only pada perangkatnya, saat perangkatnya tidak mendukung fitur penguncian jaringan ini.

Secara lebih lengkap, berikut di bawah ini cara mengubah jaringan 3G ke 4G di perangkat Xiaomi. Namun sebelum mengikuti langkah-langkahnya, kamu perlu mencopot kartu SIM terlebih dahulu untuk beberapa smartphone, supaya menu rahasianya muncul.

Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G di Perangkat Xiaomi

  1. Buka dialpad (papan tombol panggilan), lalu ketikan *#*#4636#*#*
  2. Selanjutnya, jika di bawa ke halaman Testing, pilih Phone Information 1
  3. Gulir ke bawah dan cari bagian Set preferred network type
  4. Ketuk opsi pada bagian tersebut, lalu pilih jaringan yang digunakan, misalnya 4G LTE Only untuk mengunci jaringan di 4G atau CDMA Only untuk mengaktifkan 4G di perangkat yang terkena TKDN
  5. Keluar dari menu Testing tersebut, lalu pasang kartu SIM jika sebelumnya dilepas

Selanjutnya, khusus untuk perangkat yang dibatasi TKDN, kita masih perlu mengunci jaringan melalui Settings. Caranya, buka Setting, lalu masuk ke SIM Card & Mobile Network, dan pilih kartu SIM 1.

Dari halaman pengaturan tersebut, kemudian cari dan pilih tulisan Preferred network type. Jika muncul opsi Global, Preferred 4G (CDMA), serta Preferred 3G (CDMA), kemudian pilih Preferred 4G (CDMA).

Setelah berhasil mengaktifkan dan mengunci jaringan ke 4G Only, secara umum biasanya perangkat tidak akan bisa digunakan untuk mengakses layanan GSM, seperti untuk melakukan panggilan, menerima panggilan, atau mengirim SMS.

Oleh karena itu, sebagai saran, ada baiknya kita menggunakan dua kartu pada perangkat yang akan menggunakan metode ini, di mana kartu SIM 1 untuk internet dan kartu SIM 2 untuk layanan berbasis GSM.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

3 Komentar