Review

D-Link DIR-880L – WiFi Router AC1900 Untuk Memenuhi Kebutuhan Era High Definition

D-Link DIR-880L Header

Gadgetren – D-Link sebagai salah satu merek modem dan router yang populer di Indonesia menawarkan beberapa prdouk andalan mereka yang salah satunya merupakan DIR-880L.

D-Link DIR-880L ini merupakan sebuah router AC1900 yang dikatakan sangat cepat untuk memenuhi kebutuhan konten digital saat ini. Dengan pada kisaran Rp2.099.000 ketika artikel ini diturunkan membuat DIR-880L menjadi penawaran yang sangat menarik bagi yang ingin upgrade menggunakan router AC1900.

Untungnya tim Gadgetren kali ini berkesempatan kembali untuk mencoba router buata D-Link, apakah DIR-880L akan membuat saya terpukau kembali seperti model DIR-890L yang bentuknya seperti kepiting tersebut? Berikut review D-Link DIR-880L menurut pengalaman saya selama mencobanya.

Desain

D-Link DIR-880L Depan

Kalau kamu melihat router dari D-Link ini akan langsung diketahui kalau router tersebut merupakan model DIR-880L karena terdapat beberapa aspek yang menjadi ciri khas. Dengan tiga antena menjulang tinggi di bagian belakang dan ukuran yang terbilang lebar.

Permukaannya memiliki lapisan glossy dengan lampu LED sebagai indikator dan bagian atas terdapat ventilasi udara untuk menjaga suhu router tetap optimal. Selain antena tentu saja ada 4x Gigabit Ethernet port, 1x Gigabit WAN, 1x USB 2.0 dan 1x USB 3.0 untuk berbagi data secara langsung.

D-Link DIR-880L Belakang

Secara keseluruhan desain DIR-880L terbilang cukup minimalis dan mudah berbaur dengan peralatan elektronik lainnya sehingga tidak akan terlihat mencolok. Ditambah lagi pilihan warna putih atau hitam penuh seperti yang saya gunakan ini memudahkan untuk menyembunyikan atau menyesuaikan dengan tema ruangan.

Fitur & Performa

Dengan logo AC1900 di bagian depan boks, tentu saja fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh DIR-880L tidak sembarangan. Dengan adanya AC1900 berarti router satu ini mendukung jaringan nirkabel hingga kecepatan 1300 Mbps di band 5GHz dan 600Mbps di band 2,4GHz. Ditambah lagi dengan prosesor Dual-core di dalamnya untuk mendapatkan kinerja lebih baik.

Terdapat beberapa fitur andalan D-Link lainnya yang bisa ditemukan pada router premium seperti Beamforming agar perangkat tetap mendapatkan sinyal yang baik, Smart Bandwidth untuk pendistribusian lebih optimal, dan tidak ketinggal Remote Access untuk mengatur jaringan dari perangkat mobile atau browser.

Seperti router kelas atas dari D-Link lainnya, kamu juga bisa menggunakan DIR-880L sebagai sebuah penyimpanan awan jika memang ingin. Kamu bisa berbagi atau mengambil data dari flashdrive yang terpasang di USB port melalui internet. Untuk bisa menggunakan fitur ini kamu harus memiliki akun D-Link dan download aplikasi MyDlink Portal.

D-Link DIR-880L Indikator

Selanjutnya saya langsung coba tes performanya untuk memindahkan data secara wireless. Seperti biasa
saya akan menggunakan sebuah file sebesar 200GB dengan kondisi berada dalam satu ruangan dan berbeda satu lantai.

Saat menggunakan band 5GHz dan dalam ruangan yang sama, DIR-880L mampu memberikan kecepatan rata-rata sekitar 62,8 MB/s. Sedangkan saat perangkat berbeda satu lantai, kecepatan tersebut turun menjadi sekitar 194 MB/s. Masih lumayan cepat walaupun tidak secepat router D-Link DIR-890L yang pernah saya ulas sebelumnya.

Selanjutnya saya mencoba transfer data dalam band 2,4Ghz dengan kondisi serupa. DIR-880L memberikan kecepatan data dengan rata – rata sekitar 15,1 MB/s dan 4,6 MB/s saat berada pada lantai berbeda. Jauh lebih cepat daripada router biasanya kamu temukan yang hanya memberikan 1 – 4 MB/s di ruangan yang sama.

Kecepatan di atas rata – rata tersebut pastinya akan sangat membantu buat kamu yang senang melakukan streaming konten video HD atau bermain game online. Apalagi jika layanan provider internet kamu sudah melebihi 10 Mbps sehingga dipastikan bukan pada router kalau terjadi perlambatan.

Pemasangan

Beberapa perangkat D-Link yang sebelumnya sudah diulas sebelumnya memiliki proses pemasangan yang mudah sebenarnya, namun terdapat beberapa kendala yang saya alami. Untungnya DIR-880L terpasang mulus tanpa ada masalah satu pun.

Kamu tinggal mengguhubungkan router ke laptop atau komputer melalui port Ethernet dengan menggunakan kabel LAN yang telah disediakan. Selanjutnya buka browser dan ketik alamat dlinkrouter.local untuk membuka “Setup Wizard”. Setelahnya tinggal mengikuti petunjuk yang tertera pada Setup Wizard.

D-Link DIR-880L Setup Wizard

Selain metode konvensional tersebut, kamu juga bisa menggunakan QR Code yang bisa ditemukan bersamaan dengan router ini. Cara ini bisa dibilang lebih panjang dari sebelumnya tapi mungkin akan membantu bagi para pengguna yang belum terbiasa memasang router.

Tampilan halaman pengaturan router kali ini juga terbilang jauh lebih bersih dan mudah digunakan dibandingkan router keluaran sebelumnya. Terdapat empat menu utama, yakni Home, Settings, Features, dan Management yang membagi jenis tampilan sesuai dengan fungsinya.

Kesimpulan

D-Link DIR-880L sebagai router AC1900 dengan harga Rp2.099.00 mampu menawarkan rasio harga dan performa yang sangat baik. Berbagai fitur dan teknologi unggulan D-Link bisa kamu rasakan saat menggunakan router ini. Ditambah lagi desain minimalis dipastikan tidak akan mengganggu pandangan tapi tetap akan membuat penasaran yang melihatnya.

Jadi buat kamu yang memang butuh dan sedang mencari router wireless berkecepatan tinggi dengan harga rasional untuk bisa menikmati secara penuh kinerja perangkat – perangkat modern saat ini, maka D-Link DIR 880L sangat pantas untuk menjadi pilihan dibandingkan membeli router yang biasa ditemukan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
D-Link DIR-880L
Author Rating
51star1star1star1star1star

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment