Review Smartphone

Review OPPO F11 – Performa Cepat, Harga Bersahabat

OPPO F11 Feature

Gadgetren – OPPO telah meluncurkan smartphone kelas menengah lainnya di Indonesia yang bernama OPPO F11.

Smartphone ini dibekali dengan spesifikasi hardware yang bertenaga dan desain layar penuh berponi. Selain itu, OPPO F11 juga mengunggulkan baterai berkapasitas 4020 mAh yang mampu bertahan lama lengkap dengan dukungan VOOC 3.0 Flash Charging.

Hampir sama dengan OPPO F11 Pro, smartphone yang satu ini mempunyai dua kamera belakang dengan resolusi 48 MP dan 5 MP. Dengan fitur-fitur yang disematkan pada OPPO F11, apakah perangkat ini mampu menjadi salah satu pilihan menarik di kelas menengah?

Untuk mengetahui jawabannya, Gadgeter dapat melihatnya pada artikel review berikut ini.

Desain dan Layar

OPPO F11 Poni

OPPO F11 mengusung layar sentuh penuh dengan poni berbentuk waterdrop di bagian atasnya. Sayang saja OPPO tidak menghadirkan Rising Camera yang membuat layarnya benar-benar penuh berkat desain Panoramic Screen layaknya OPPO F11 Pro.

Beralih ke bagian belakangnya, terlihat dua kamera belakang, LED Flash, sensor fingerprint, dan tulis OPPO disusun di tengah secara vertikal. Pada saat saya menggenggamnya, bodi belakang smartphone ini terasa licin sama sekali.

Meskipun tidak licin, namun debu dan noda sidik jari mudah menempel pada bodi belakang ini sehingga disarankan bagi penggunanya untuk langsung menyematkan casing tambahan yang sudah didapatkan dalam paket penjualan OPPO F11.

Pada bagian kirinya terdapat slot kartu SIM, microSD, dan tombol Volume. Sedangkan pada bagian kanannya hanya terdapat tombol Power saja. Terakhir, lubang speaker, port jack audio 3,5mm, dan port microUSB terdapat pada bagian bawahnya.

OPPO F11 Display

Produk ini mengusung layar sentuh 6,53 inci yang beresolusi Full HD+, berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depan. OPPO pun menyematkan poni di atas layarnya yang dapat menyimpan kamera dan mengurangi sebagian bezel atas layar.

Dengan layar seluas ini memungkinkan penggunanya dapat leluasa untuk bermain game, menonton video, atau melihat foto. Layar OPPO F11 juga dibekali dengan fitur yang bernama Night Shield yang dapat mengurangi radiasi sinar biru agar mata tetap nyaman ketika melihat smartphone ini di malam hari.

Kamera

OPPO F11 Dual Cam

Soal urusan fotografi, OPPO F11 ini hadir dengan dukungan dua kamera belakang yang mempunyai konfigurasi kamera primer 48 MP (apertur f/1.8), kamera sekunder 5 MP (aperture f/2.4, kedalaman), dan LED Flash.

Secara bawaan, kamera primer dari smartphone ini akan menghasilkan foto beresolusi 12 MP dengan kualitas yang tetap bagus. Namun apabila penggunanya ingin mengambil foto dengan resolusi 48 MP maka dapat mengaktifkannya di menu Settings yang terdapat pada aplikasi kamera bawaannya.

Pengguna smartphone ini juga dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) secara mudah berkat kombinasi dua kamera belakangnya. Selain itu, fitur Night Mode yang hadir pada aplikasi kamera bawaannya mampu membuat foto malam hari menjadi detail dan terang.

Selanjutnya, OPPO F11 juga dibekali dengan kamera depan depan 16 MP (apertur f/2.0) yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan baik. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kualitas dari kameranya maka dapat melihat hasil foto di bawah ini.

Kamera belakang (Klik foto untuk perbesar)

F11CanvasAuto

F11Canvas4848MP Mode

F11BuahAuto

F11Buah4848MP Mode

F11CatAuto

F11Bokeh2

F11CatIndoor

F11Bokeh

F11Lanskap3

F11Bokeh3

F11Lanskap2

F11HDR

F11Lanskap

F11Indoor2

F11Indoor3

F11Indoor4

F11Indoor

F11AutoMalamAuto

F11NMalamNight Mode

F11AutoMalam3Auto

F11NMalam3Night Mode

Kamera Depan (Klik foto untuk perbesar)

F11SelfieNormalSelfie Normal

F11SelfieBokehBeautySelfie Beauty dan Bokeh

Performa

OPPO F11 Port microUSB

Perangkat yang satu ini dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P70 dan RAM 6 GB. Sementara storage internal yang dimilikinya sangat lega karena mencapai kapasitas 128 GB.

Pihak OPPO mengklaim bahwa konfigurasi hardware ini mampu membuat OPPO F11 memiliki performa yang bertenaga. Untuk itu, saya pun langsung membuktikannya dengan menjalankan beragam aplikasi sehari-hari mulai dari SMS, Telepon, messaging, pemutar video, editor dokumen, pemutar musik, jejaring sosial, dan email.

Berkat RAM yang besar, membuat OPPO F11 mampu menjalankan berbagai aplikasi secara multitasking dengan lancar. Selanjutnya, saya melakukan pengujian berat dengan menjalankan game populer seperti Final Fantasy XV Pocket Edition, PUBG Mobile, AOV, dan Mobile Legends.

Saya pun dapat menjalankan Mobile Legends, AOV, dan PUBG Mobile dengan frame rate dan grafis yang tinggi. Namun pada Final Fantasy XV Pocket Edition hanya lancar ketika dijalankan dengan grafis menengah atau rendah.

OPPO F11 Benchmark

Terakhir, saya melakukan pengujian dengan menggunakan dua aplikasi benchmark yang terdiri dari AnTuTu Benchmark dan Geekbench. OPPO F11 ini berhasil mendapatkan skor mencapai 147.391 poin dari aplikasi AnTuTu.

Sementara pada pengujian Geekbench, produk ini mendapatkan skor yang mencapai 1.574 poin untuk Single-Core dan 5.993 poin untuk Multi-core. Dengan semua pengujian ini, OPPO F11 memiliki performa yang mampu bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya.

Baterai

OPPO F11 Pinggir

Perangkat ini telah dibekali dengan baterai yang mmpunyai kapasitas 4.020 mAh yang diklaim OPPO mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Sementara fitur VOOC 3.0 Flash Charging telah dibenamkan di dalamnya memungkinkan pengisian daya baterai dari 0 hingga 100% dapat dilakukan hanya dalam waktu 80 menit.

Untuk menguji daya tahan baterainya, saya pun menggunakan aplikasi PCMark for Android yang sudah terpercaya. Berdasarkan pengujian secara intensif, OPPO F11 ini mampu mendapatkan skor 11 jam 6 menit.

OPPO F11 Baterai

Hasil ini menunjukkan bahwa OPPO F11 mampu bertahan lama mengingat PCMark for Android mensimulasikan aktivitas sehari-hari secara intensif. Sementara baterainya terisi sangat cepat karena hanya membutuhkan waktu 1 jam 10 menit dari kondisi 15% ke 100%.

Fingerprint dan Face Unlock

OPPO F11 Fingerprint

OPPO F11 ini mempunyai sensor fingerprint yang berada di bagian belakang. Pada saat saya mencobanya, sensor mampu mengenali sidik jari dengan cepat sehingga menjadi lebih praktis karena tidak perlu memasukkan password lagi.

Smartphone ini mengizinkan 5 sidik jari berbeda untuk didaftarkan pada sensornya. Namun apabila penggunanya sedang malas menempelkan sidik jari maka dapat menggunakan fitur Face Unlock sebagai alternatifnya.

Dengan bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang hadir di dalamnya, pihak OPPO mengklaim bahwa fitur Face Unlock dapat mengenali wajah dengan cepat. Pada saat saya mencobanya pun memang fitur ini dapat langsung mendeteksi wajah dan membuka kunci dengan cepat.

Perangkat ini hanya mengizinkan satu wajah untuk didaftarkan pada fitur Face Unlock. Selain untuk membuka kunci smartphone, kedua fitur ini dapat membuka folder yang telah dikunci dengan aplikasi bawaan ColorOS 6.0.

ColorOS 6

OPPO F11 ColorOS

Dibandingkan generasi sebelumnya, tampilan antarmuka dari ColorOS 6 ini yang paling menarik mata. Selain itu, ColorOS 6 sendiri berbasiskan sistem operasi Android 9 Pie yang memiliki beragam fitur menarik.

Secara bawaan, tampilan Home Screen dari smartphone ini akan menggunakan Standard Mode tanpa hadirnya App Drawer. Namun penggunanya dapat mengaktifkan Drawer Mode di menu Settings untuk memunculkan App Drawer.

Ada atau tidaknya App Drawer pada Home Screen ini tergantung penggunanya masing-masing. Sebagai catatan, fitur menghadirkan App Drawer ini baru ada di ColorOS 6 dan belum ada di ColorOS generasi sebelumnya.

OPPO F11 juga sudah dibekali dengan fitur GameSpace yang akan mengelompokkan game dalam satu tempat sehingga apabila penggunanya membuka game maka fitur Hyper Boost akan diaktifkan sehingga kinerja hardware akan ditingkatkan agar mendapatkan performa optimal.

Selain itu, penggunanya juga dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar dengan mengaktifkan fitur App Split-screen. Bahkan penggunanya dapat memasukkan dua akun aplikasi media sosial atau game dalam satu smartphone hanya dengan menggandakan aplikasinya utamanya menggunakan fitur Clone Apps.

Kesimpulan

Selain mempunyai performa bertenaga, OPPO F11 ini juga memiliki daya tahan baterai yang bisa dibilang lama. Apalagi pengisian daya baterainya pun sangat cepat untuk smartphone kelas menengah berkat fitur VOOC 3.0 Flash Charging.

Sensor fingerprint dan fitur Face Unlock yang hadir pada smartphone ini dapat mempercepat saya untuk membuka kunci tanpa perlu memasukkan password. Desain OPPO F11 pun sudah kekinian dengan mengusung layar penuh berponi dan bodi belakangnya yang mempunyai warna menarik.

Namun debu dan noda sidik jari mudah menempel pada bagian belakangnya sehingga sebaiknya pengguna OPPO F11 langsung menggunakan casing tambahan yang telah disediakan dalam paket penjualannya.

Untuk kemampuan kameranya pun tidak dapat dipandang sebelah mata karena dapat menghasilkan foto yang menarik pada kondisi siang dan malam hari. Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan, OPPO F11 ini dijual di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 3.999.000.

Hal ini membuat OPPO F11 menjadi salah satu smartphone pilihan yang menarik di kisaran harga tersebut. Meskipun tidak memiliki fitur NFC yang dapat membantu pembayaran digital dan transfer data, namun spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan smartphone ini sudah memuaskan.

Kelebihan

  • Daya tahan baterai lama
  • Penyimpanan internal lega
  • Hasil foto bagus
  • Performa cepat
  • Fingerprint dan Face Unlock cepat
  • Pengisian daya baterai cepat
  • Layar penuh

Kekurangan

  • Tidak ada NFC
  • Noda sidik jari mudah menempel
OPPO F11
  • Editor Rating
  • Rated 4 stars
  • 80%

  • OPPO F11
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Mei 6, 2019
  • Layar
    Editor: 80%
  • Performa
    Editor: 90%
  • Kamera
    Editor: 80%
  • Baterai
    Editor: 90%
  • Software
    Editor: 80%
  • Desain
    Editor: 80%

Tinggalkan Komentar