Gadget Smartphone

OPPO F11 VS OPPO F11 Pro – Dua Ponsel Saudara yang Sedikit Berbeda

OPPO F11 VS OPPO F11 Pro Header

Gadgetren – Tak mau kalah dengan Xiaomi, OPPO juga meluncurkan dua buah smartphone baru yang memiliki kamera beresolusi tinggi. Dua perangkat baru ini adalah OPPO F11 dan OPPO F11 Pro.

Duo yang bakal jadi andalan OPPO menyerang pasar menengah ini dipersenjatai dengan kamera beresolusi 48 MP yang diduetkan bersama lensa depth sebesar 5 MP. Dengan kamera ini, tentu saja keduanya menawarkan kemampuan pengambilan gambar yang cukup mumpuni.

Bahkan dalam klaim OPPO, dengan kombinasi kameranya tersebut, perangkat OPPO F11 dan F11 pro juga bisa bekerja dengan sangat apik meskipun dalam kondisi kurang cahaya sekalipun.

Menariknya, untuk memperoleh kamera beresolusi 48 MP, OPPO tidak menggunakan sensor kamera dengan resolusi sebesar itu karena chipset-nya belum mendukung hal tersebut. OPPO mengakalinya dengan menggunakan teknologi pixel binning.

Teknologi pixel binning ini merupakan teknologi yang bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa pixel menjadi super pixel, sehingga dapat menghasilkan resolusi yang lebih tinggi dan sensitivitas cahaya yang lebih baik.

Sementara itu, bagi yang belum tahu, baik OPPO F11 maupun OPPO F11 Pro, keduanya menggunakan chipset MediaTek Helio P70 sebagai dapur pacunya. Chipset ini merupakan versi pengganti dari MediaTek Helio P60.

Selain menawarkan kinerja hingga 13 persen lebih baik, generasi penerus MediaTek Helio P60 ini juga dioptimalkan untuk mengurangi lag akibat frame-rate yang fluktuatif serta mengurangi latensi untuk kontrol yang lebih baik saat digunakan bermain game.

Keduanya juga dilengkapi dengan dukungan RAM 6 GB sekaligus memori internal sebesar 64 GB, dengan sumber daya baterai tertanam berkapasitas 4.000 mAh, lengkap dengan dukungan VOOC Flash Charge 3.0.

Lalu Apa Perbedaan OPPO F11 VS OPPO F11 Pro?

OPPO F11 VS OPPO F11 Pro Kamera

Perbedaan yang paling mencolok dari dua smartphone baru OPPO ini adalah dari kamera depan yang digunakan. Meskipun sama-sama menggunakan kamera beresolusi 16 MP, peletakan kameranya cukup berbeda.

OPPO F11 Pro sudah menggunakan teknologi motorized pop-up, yakni teknologi kamera pop-up seperti Vivo V15, sementara OPPO F11 masih menggunakan desain lawas yang menempatkan kamera depan di bagian depan smartphone.

Alhasil, desain layar dari kedua perangkat baru buatan OPPO ini pun cukup berbeda. OPPO F11 Pro memiliki layar yang benar-benar full screen, sementara OPPO F11 memiliki layar yang sedikit terpotong akibat poni berbentuk tetesan air (dewdrop).

Selain kedua hal ini, OPPO F11 maupun OPPO F11 Pro cukup identik dan tidak perlu dipertimbangkan lagi mana yang perlu dibeli. Namun jika menyoal harga, kedua hal tersebut sangat wajib dipertimbangkan.

Tinggalkan Komentar