Gadget Smartphone

5 Kelebihan dan 2 Kekurangan Realme C2 – Smartphone Terbaik di Kelas Entri?

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2 - Header

Gadgetren – Bersamaan dengan peluncuran Realme 3 Pro, Realme C2 juga menyita perhatian sebagian orang. Pasalnya, perangkat baru ini masih mampu mengantongi banyak hal meskipun dijual dengan murah.

Perangkat yang saat ini baru diluncurkan di India ini, dibanderol dengan harga INR 5.999 atau sekitar Rp 1,2 jutaan untuk varian RAM 2 GB dan INR 7.999 atau Rp 1,6 jutaan untuk varian yang lebih tinggi (RAM 3 GB).

Namun dengan bandrol harga tersebut, perangkat ini memiliki beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan. Bagi yang penasaran, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari perangkat baru ini.

Kelebihan Realme C2

1. Desain Kekinian

Seperti fokus utama Realme, Realme C2 juga hadir untuk kalangan anak muda yang penuh warna. Untuk itu, Realme C2 hadir dengan desain yang kekinian – dengan mengikuti tren yang sedang berkembang.

Realme C2 hadir dengan desain yang disebut Diamond Cut, yakni sebuah desain unik menyerupai berlian guna mematahkan desain tradisional. Realme C2 mengkombinasikannya dengan warna hitam dan biru sehingga menghasilkan warna Diamond Black dan Diamond Blue.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2 - Desain

Selain itu, Realme C2 juga dibangun dengan menggunakan layar Dewdrop, sehingga layar 6,1 incinya benar-benar penuh meskipun terpotong sedikit bagian untuk poni berukuran kecil.

2. Baterai Besar Dengan Efisiensi Lebih Baik

Realme C2 mengusung baterai berkapasitas yang sangat besar jika dibandingkan rata-rata smartphone di kelasnya. Realme C2 dilengkapi dengan baterai yang berkapasitas 4.000 mAh yang bisa membuat perangkat hidup lebih lama.

Menariknya, meskipun sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, Realme C2 sesungguhnya telah menggunakan chipset 12 nm yang secara teori akan lebih efisien saat bekerja. Sebagai tambahan informasi, Realme C2 menggunakan chipset MediaTek Helio P22.

3. Android 9 Berbalut ColorOS 6

Bersaing dengan smartphone penantangnya, Realme C2 mengandalkan ColorOS 6, yakni sistem khusus buatan OPPO yang dibangun berdasarkan Android 9 Pie. Dengan sistem ini, Realme C2 memiliki beberapa fitur yang lebih baik.

4. Slot Kartu Dedicated

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2 - Slot

Meskipun dilengkapi dengan memori internal yang terbatas, antara 16 GB dan 32 GB, Realme C2 menawarkan slot kartu dedicated untuk memperluas memori. Baiknya slot dedicated ini, pengguna bisa memasang dua kartu SIM dan kartu MicroSD secara bersamaan.

5. Fitur Kamera Lengkap

Seperti induknya dulu, Realme memang sangat fokus dalam menghadirkan dukungan kamera yang lebih baik di berbagai macam perangkatnya, termasuk di perangkat Realme C2.

Untuk Realme C2 ini, Realme bahkan telah menyematkan beberapa fitur kamera khusus, seperti Chroma Boost (untuk memperkaya warna) dan Slow Motion Video 80 fps untuk resolusi 480 piksel.

Kekurangan Realme C2

1. Spesifikasi Kamera Biasa Saja

Sayangnya, meskipun dilengkapi dengan fitur pengambilan gambar yang lengkap, Realme C2 hanya dilengkapi dengan dukungan hardware kamera yang terbilang cukup biasa saja.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2 - Kamera

Tidak ada yang spesial baik di kamera utama maupun kamera depannya. Realme C2 hanya hadir dengan kamera utama ganda dengan kombinasi 13 MP + 2 MP, dan kamera depan beresolusi 5 MP.

Sebagai catatan, beberapa smartphone dari perusahaan lain bahkan telah menawarkan kamera depan dengan resolusi yang lebih besar. Salah satu contohnya, bisa dilihat di smartphone terbaru Redmi yang juga baru saja diluncurkan.

2. Belum Ada Fingerprint

Masih dibandingkan dengan smartphone terbaru Redmi tersebut di atas, Realme C2 pun memiliki satu lagi kekurangan. Kekurangan tersebut adalah tidak adanya dukungan fingerprint dalam perangkat ini.

Tinggalkan Komentar