Smartphone

Duel Redmi 7 vs realme C2 – Siapa Juara di Harga Kurang dari Rp 2 Jutaan?

realme C2 vs Redmi 7 Header Baru

Gadgetren – Mempunyai harga yang sangat mirip, mana di antara realme C2 dengan Redmi 7 yang bisa menjadi smartphone pilihan paling menarik di Indonesia?

Kompetisi smartphone harga terjangkau dengan spesifikasi mumpuni semakin terasa sengit dengan hadirnya realme di Indonesia. Jika dahulu Xiaomi melalui perangkat Redmi mereka hampir tidak mempunyai lawan di segmen ini, kini mulai muncul vendor baru yang ingin menggeser posisi Xiaomi.

Untuk kelas harga di bawah Rp 2 jutaan, ada dua smartphone yang akan langsung bertanding secara langsung, yakni realme C2 varian RAM 3GB yang dijual seharga Rp1.699.000 serta Redmi 7 varian RAM 3GB yang dibanderol Rp1.899.000 saat pertama kali diluncurkan.

Dengan harga yang terpaut hingga Rp200.000, adakah perbedaan yang signifikan di antara keduanya? Untuk mengetahui hal tersebut, tim Gadgetren telah menguji kedua smartphone secara langsung. Namun sebelum itu, mari kita lihat persamaan dari keduanya terlebih dahulu.

Kesamaan dari Keduanya

Redmi 7 dan realme C2 yang tim Gadgetren gunakan ini sama-sama merupakan varian RAM 3GB yang memiliki kapasitas penyimpanan internal 32GB. Keduanya juga masih menggunakan port micro USB dan punya tiga buah slot kartu yang salah satunya untuk microSD.

Resolusi layar IPS dari kedua smartphone ini pun mirip, yakni 1520 (1560 untuk realme C2) x 720 piksel. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kedua layar tersebut terbilang tidak jauh berbeda saat digunakan menonton video.

Kapasitas baterainya pun sama-sama 4.000 mAh, namun akan diuji lebih lanjut untuk melihat konsumsi dayanya. Terakhir, baik realme C2 dan Redmi 7 sudah menjalankan sistem operasi berbasis Android 9 Pie yang dibalut tampilan antarmuka andalan masing-masing vendor.

Nah, setelah melihat kesamaan dari keduanya, mari kini kita lihat perbedaan antara realme C2 dan Redmi 7.

Desain Bodi

realme C2 vs Redmi 7 Desain

Realme C2 hadir dengan bagian belakang berpola Diamond Cut yang dipenuhi arsir kecil sedangkan Redmi 7 punya tampilan yang lebih sederhana dengan warna gradasi. Keduanya masih terbuat dari bahan polikarbonat, namun bagian belakang Redmi 7 lebih mudah kotor.

Hal ini dikarenakan Redmi 7 lebih memilih desain glossy yang mengilap sedangkan realme C2 justru kebalikannya. Arsir kecil yang memenuhi setiap pola potongan permata di realme C2 membuat noda tidak mudah menempel dan memberikan cengkeraman tambahan ke tangan.

Pada ulasan realme C2 yang pernah saya lakukan sebelumnya, saya mengatakan kalau desain dari realme C2 merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya karena tampil lebih unik dan punya cita rasa tersendiri. Desain dari Redmi 7 sebenarnya juga terbilang oke, namun saat masih bersih.

realme C2 vs Redmi 7 LayarRedmi 7 – realme C2

Soal kenyamanan pun, saya tetap memilih realme C2. Dimensi bodinya lebih pas di tangan saya dan bobotnya juga lebih ringan dibandingkan Redmi 7. Ini pastinya akan berpengaruh terhadap kenyamanan saat digunakan bermain dalam waktu lama.

realme C2 vs Redmi 7 Notch

Beralih ke bagian depan, tidak ada perbedaan mencolok di antara keduanya. Redmi 7 hadir dengan layar 6,2 inci sehingga punya layar yang sedikit lebih panjang ke atas dibandingkan realme C2 yang punya bentang layar 6,1 inci. Keduanya juga memiliki ukuran notch atau poni sama, hanya berbeda bentuk saja, tetesan air di realme C2 dan setengah lingkaran di Redmi 7.

Performa dan Gaming

Realme C2 dibekali oleh chipset MediaTek Helio P22 dengan fabrikasi 12nm untuk dapur pacunya sedangkan Redmi 7 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 632 yang masih fabrikasi 14nm.

Dengan teknologi fabrikasi yang lebih canggih, Helio P22 secara teori mempunyai performa optimal dan penggunaan daya lebih efisien dibandingkan generasi sebelumnya. Namun sayangnya dari sisi performa kasar, Helio P22 masih belum mampu mengalahkan kinerja yang dimiliki oleh Snapdragon 632.

Melalui aplikasi benchmark AnTuTu, realme C2 meraih skor 77.237 sedangkan Redmi 7 mampu mencapai skor hingga 104.151.

realme C2 vs Redmi 7 AnTuTurealme C2 – Redmi 7

Angka ini sebenarnya terbilang wajar karena chipset buatan Qualcomm memang sering kali lebih baik ketimbang MediaTek.

Walaupun begitu, saya tidak terlalu merasakan perbedaan performa yang terlalu signifikan dari keduanya saat digunakan pada aktivitas normal sehari-hari.

Ada satu hal yang menarik ketika bermain game Mobile Legends, realme C2 sudah mendukung fitur High Frame Rate sedangkan Redmi 7 belum bisa mengaktifkannya.

Fitur ini akan membuat realme C2 mampu menjalankan game dengan maksimal 60 FPS sehingga animasi akan menjadi lebih mulus. Walaupun selama saya mencoba, realme C2 hanya mampu menjalankan Mobile Legend hingga 45 FPS.

realme C2

realme C2 vs Redmi 7 Mobile Legends 2Redmi 7

Redmi 7 walaupun memiliki performa kasar yang lebih tinggi, hanya bisa menjalankannya maksimal 30 FPS saja. Dengan begitu pengguna realme C2 punya keunggulan tersendiri dibandingkan Redmi 7 karena setiap input yang diberikan oleh pemain dapat direspon lebih cepat berkat penyegaran layar yang dilakukan sebanyak 45 kali setiap detiknya.

Bagi pengguna umum yang aktivitas kesehariannya cenderung browsing maupun chatting ria tidak akan terlalu merasakan perbedaan kinerja dari keduanya karena masih sama-sama menggunakan chipset kelas menengah bawah.

Kamera

Soal fotografi, realme C2 dibekali kamera belakang dengan konfigurasi 13MP + 2MP serta kamera depan 5MP. Kamera tersebut telah dilengkapi teknologi Artificial Intelligence (AI) agar hasil foto lebih optimal. Selain itu juga ada fitur Chroma Boost yang dapat meningkatkan dynamic range di setiap foto dan Portrait mode yang dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh secara instan.

Sedangkan pada Redmi 7 terdapat dua kamera belakang dengan konfigurasi 12MP + 2MP yang juga telah dilengkapi teknologi AI maupun kemampuan mengambil foto dengan latar buram. Hanya saja tidak ada fitur yang mirip Chroma Boost andalan realme. Untuk kamera depannya, Xiaomi mempercayakan sensor beresolusi 8MP.

Siapa yang mampu menghasilkan foto lebih bagus? Untuk segmen satu ini, akan sedikit sulit menilainya karena secara keseluruhan hasilnya bisa dikatakan 11-12 atau tidak jauh berbeda.

Realme 2 menghasilkan foto dengan karakteristik yang lebih tajam dengan meningkatkan sharpness. Fitur Chroma Boost pun membuat warna yang ada menjadi lebih “ngejreng”. Berkebalikannya, Redmi 7 justru menghasilkan foto yang lebih halus dan natural.

Untuk melihat langsung seperti apa hasil dari kamera kedua smartphone, berikut ini beberapa contoh fotonya (klik pada masing-masing gambar untuk melihat ukuran aslinya).

Kamera Belakang Redmi 7Redmi 7

realme C2 Normal

Kamera Belakang realme C2 Chroma Boostrealme C2 Chroma Boost

Robot Redmi 7Redmi 7

Robot realme C2 Normalrealme C2 Normal

Robot realme C2 Chroma Boostrealme C2 Chroma Boost

Kamera Belakang Malam Redmi 7Redmi 7

Review realme C2 Kamera Belakang Malam 1realme C2

Selfie Redmi 7Redmi 7 Normal

Selfie realme C2realme C2 Normal

Selfie Bokeh Redmi 7Redmi 7 Bokeh

Selfie Bokeh realme C2realme C2 Bokeh

Melihat dari hasil foto tersebut, keduanya sekilas memiliki kualitas yang mirip. Namun, ada dua hal yang bisa membuat saya mengatakan kalau kamera realme C2 lebih handal. Pertama, saat saya coba melakukan pembesaran, foto dari realme C2 masih terlihat lebih detail dibandingkan Redmi 7 yang mulai terlihat lebih buram seperti pada gambar di bawah ini.

Kucing Zoom realme C2realme C2

Kucing Zoom Redmi 7Redmi 7

Kedua, realme C2 menghasilkan efek bokeh yang lebih kuat serta mampu mengabadikan detail objek secara jelas. Selain itu, pengalaman saya mengambil foto bokeh jarak dekat menggunakan realme C2 terbilang lebih mudah dan nyaman karena cukup sekali saja saya sudah bisa mendapatkan hasil yang optimal. Sedangkan pada Redmi 7 saya perlu mencoba beberapa kali karena gagal mendapatkan efek bokeh yang baik.

Robot Bokeh realme C2Portrait Mode realme C2

Robot Bokeh Redmi 7Portrait Mode Redmi 7

Dengan begitu, menurut saya hasil jepretan kamera dari realme C2 lebih bisa diandalkan dalam soal fotografi. Tanpa perlu diedit lagi, foto sudah siap untuk diunggah ke media sosial.

Daya Tahan Baterai

Baik realme C2 maupun Redmi 7 sama-sama memboyong baterai berkapasitas 4.000 mAh di dalamnya yang seharusnya sudah lebih dari cukup untuk aktivitas sehari-hari.

Melalui tes benchmark menggunakan aplikasi PCMark for Android yang mensimulasikan beban kinerja yang dilakukan oleh pengguna pada umumnya, realme C2 dapat bertahan selama 11 jam 36 menit sedangkan Redmi 7 dapat bertahan selama waktu 15 jam 5 menit.

realme C2 vs Redmi 7 Baterai PCMark

Kesimpulan

Dengan segala perbedaan tersebut, mana yang lebih baik untuk dipilih?

Realme C2 dengan harga yang lebih terjangkau, sudah bisa memenuhi segala kebutuhan pengguna smartphone pada umumnya terutama bagi pengguna yang lebih sering bersosial media ria. Desain yang nyaman dan kamera mumpuni menjadi keunggulan utama smartphone satu ini.

Redmi 7 memang memiliki harga yang lebih mahal namun smartphone yang satu ini lebih unggul dari sisi performa kasar dan daya tahan baterai.

Tentu saja masih ada faktor lainnya yang akan menjadi pertimbangan seperti tampilan antarmuka, layanan purna jual, hingga ketersediaan perangkat di toko sekitar.

Yang pasti kehadiran realme C2 merupakan alternatif yang sangat menarik yang mampu menawarkan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dibanding smartphone lain di kelasnya dengan harga lebih murah.

* Artikel ini adalah hasil kerja sama dengan realme

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar