Review

Review Sennheiser MOMENTUM True Wireless – Audio Jernih Berkualitas dan 100% Nirkabel

Review Sennheiser MOMENTUM True Wireless Header

Gadgetren – Sebagai pemain utama dalam dunia audio, Sennheiser telah menghadirkan perangkat MOMENTUM True Wireless bagi yang ingin menikmati pengalaman baru.

Beberapa vendor smartphone telah meninggalkan port 3.5mm jack untuk memberikan pengalaman nirkabel secara menyeluruh. Salah satu penyebab utamanya merupakan kenyamanan yang lebih baik karena tidak harus repot mengurusi kabel yang melintang saat mendengarkan musik maupun menerima telepon.

Lini seri MOMENTUM dari Sennheiser sendiri punya kualitas yang sangat bagus dan sering kali menjadi salah satu rekomendasi utama. Lalu bagaimana dengan MOMENTUM True Wireless yang kali ini tidak memiliki kabel sama sekali? Apakah mampu memberikan pengalaman yang serupa atau bahkan lebih?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut review Sennheiser MOMENTUM True Wireless dari Gadgetren.

Desain Trendi dan Kekinian

MOMENTUM True Wireless besutan Sennheiser ini sesuai namanya memang benar-benar tanpa kabel. Berbeda dengan headset wireless yang biasanya masih memiliki kabel melintang untuk menghubungkan kedua earpiece, MOMENTUM True Wireless berhasil menghapus kehadiran kabel tersebut.

Kedua earpiece dari MOMENTUM True Wireless menghadirkan desain minimalis dengan perpaduan warna hitam dan perak dengan logo Sennheiser di bagian luarnya. Desainnya sangat serasi sekali dengan travel case atau tempat penyimpanan yang diselimuti lapisan kain berwarna abu-abu yang juga memberikan kesan premium.

Sennheiser MOMENTUM True Wireless Desain

Travel Case tersebut menggunakan port USB-C untuk melakukan isi daya menggunakan kabel USB-C yang telah disediakan, namun sayangnya tidak termasuk adapter charger dalam paket penjualannya. Lampu indikator di belakangnya akan berubah menjadi warna hijau sebagai tanda kalau kapasitas baterai penuh.

Satu hal yang sangat menarik menurut saya merupakan adanya magnet di dalam travel case. Dengan begitu saya tidak perlu repot-repot menyesuaikan posisi yang benar ketika ingin mengisi daya earpiece karena akan langsung melekat sebagaimana mestinya.

Sennheiser MOMENTUM True Wireless Case

Earpiece dari Sennheiser MOMENTUM True Wireless sendiri terasa sangat ringan dan juga tidak besar sehingga nyaman digunakan dan tidak membuat telinga sakit setelah digunakan dalam waktu lama secara terus menerus.

Earpiece tersebut melekat di daun telinga saya dengan sangat baik dan stabil, bahkan tidak masalah jika saya gunakan berjalan atau olah raga ringan. Walaupun begitu MOMENTUM True Wireless ini tidak disarankan untuk aktivitas yang lebih berat seperti berlari atau sejenisnya.

Saya sendiri masih menggunakan earbuds bawaan yang langsung terpasang dari pabriknya karena memang sudah terasa sangat pas sekali. Namun jika terasa kurang nyaman maka bisa mengganti earbuds dengan ukuran lain mulai dari XS hingga L yang telah disediakan dalam paket penjualan.

Sennheiser MOMENTUM True Wireless Pemakaian

Soal pengendalian, earphone nirkabel ini dilengkapi dengan teknologi sentuhan di kedua earpiece yang cukup mudah digunakan. Earpiece kiri dan kanan mempunyai fungsi pengendalian yang sedikit berbeda.

Earpiece kanan dapat digunakan untuk menerima panggilan telepon atau voice assistant dengan sekali ketuk, menolak panggilan telepon atau mengaktifkan fitur Transparent Hearing dengan dua kali ketuk, dan meningkatkan volume dengan cara ditahan.

Sedangkan untuk earpiece sebelah kiri digunakan untuk memutar atau menghentikan lagu dengan sekali ketuk, memainkan lagu selanjutnya dengan dua kali ketuk, memainkan lagu sebelumnya dengan tiga kali ketuk, dan merendahkan volume dengan cara ditahan.

Sennheiser MOMENTUM True Wireless Kecil

Metode sentuh ini terbilang sangat mudah, namun untuk mengatur volume sedikit kurang konsisten untuk bisa mendapatkan volume yang sesuai karena saat earpiece ditahan terkadang volume meningkatkan terlalu tinggi atau sebaliknya dari yang saya inginkan.

MOMENTUM True Wireless besutan Sennheiser ini juga sudah mendapatkan rating IPX4 yang berarti tahan terhadap percikan air sehingga harusnya tidak masalah jika terkena keringat.

Secara keseluruhan saya sangat menyukai desain yang Sennheiser hadirkan pada earphone nirkabel ini. Desain minimalis yang trendi serta yang paling utama merupakan kenyamanan yang tidak ada duanya dibandingkan earphone wireless lainnya yang pernah saya coba.

Audio Jernih dan Menawan

Sebagai perangkat yang dihadirkan oleh Sennheiser yang merupakan brand ternama di dunia audio, kualitas suara yang dihasilkan pastinya akan memuaskan. Memang masih belum setara dengan headphone premium Sennheiser seperti HD 800 S, tetapi sudah sangat mumpuni

MOMENTUM True Wireless mampu menghadirkan suara yang jernih baik dalam frekuensi low, mid, dan high. Setiap instrumen musik terdengar dengan sangat jelas dan halus, semuanya terdengar seimbang. Begitu juga untuk vokal dari penyanyi, saya dapat mendengar secara akurat setiap kata yang diucapkan.

Earphone nirkabel ini menghadirkan suara yang sangat natural sehingga cocok untuk digunakan mendengar segala jenis musik. Tidak ada bass yang berlebihan maupun instrumen yang terasa datar dan menumpuk.

Sennheiser MOMENTUM True Wireless Phone

Earpiece sebelah kanan merupakan perangkat utama sehingga saat dilepas maka koneksi akan tertunda sementara. Jangkauan Bluetooth 5 yang diberikan juga cukup jauh, saya dapat tetap mendengarkan musik dengan lancar tanpa ada masalah sinkronisasi dalam jarak 20 meter sekali pun.

Ditambah lagi earphone Sennheiser satu ini sudah mendukung Qualcomm aptX dan aptX Low Latency untuk bisa menikmati konten musik yang lebih berkualitas.

Berhubung saya merupakan seorang gamer, saya juga sempat menggunakan MOMENTUM True Wireless untuk bermain game yang memiliki Binaural Audio. Game tersebut merupakan Hellblade: Senua’s Sacrifice dan Resident Evil 2.

Sennheiser MOMENTUM True Wireless RE2

Walaupun tidak ditujukan untuk gaming, namun earphone ini tetap mampu menarik saya ke dalam dunia game karena saya dapat mendengar dengan jelas setiap efek suara datang dari mana. Ditambah lagi dengan desainnya minimalis membuat saya jauh terasa lebih immersive karena seperti tidak menggunakan earphone.

Selain audio berkualitas, MOMENTUM True Wireless ini juga dilengkapi beberapa fitur tambahan. Salah satunya merupakan Tranparent Hearing yang berguna saat harus tetap waspada akan lingkungan seperti di transportasi umum. Saya sendiri tidak terlalu merasakan perbedaan yang terlalu jauh saat mengaktifkan fitur tersebut, namun tidak ada salahnya diaktifkan jika memang dibutuhkan.

Soal daya tahan baterai, Sennheiser menggadang kalau earphone nirkabel ini mampu bertahan selama 4 jam penggunaan ditambah travel case mampu mengisi penuh hingga dua kali. Itu berarti earphone ini dapat digunakan maksimal selama 12 jam. Pemberitahuan suara akan muncul saat baterai hampir habis ketika tengah digunakan atau pengguna juga bisa mengeceknya sendiri melalui aplikasi Smart Control.

Sennheiser MOMENTUM True Wireless Smart Controls

Untuk kebutuhan saya pribadi, travel case MOMENTUM True Wireless hanya perlu saya isi daya setiap dua hari sekali dikarenakan saya biasanya mendengarkan musik sekitar 1-2 jam saja dalam sekali sesi. Oleh karena itu saya tidak khawatir kehabisan baterai di tengah hari karena earphone ini memang mampu melewati kebutuhan sehari-hari saya dengan mudah.

Sesekali saya juga menggunakan earphone ini untuk bermain game hingga lebih dari 3 jam tanpa masalah. Jadi klaim Sennheiser akan kemampuan daya tahan baterai dari MOMENTUM True Wireless memang ada benarnya. Untuk mengisian daya traver case-nya sendiri memakan waktu kurang lebih 1,5 jam hingga penuh.

Kesimpulan

Sennheiser MOMENTUM True Wireless tidak diragukan lagi merupakan perangkat audio nirkabel yang hampir sempurna. Dibandingkan dengan earphone wireless lainnya yang pernah saya coba, perangkat dari Sennheiser ini melibas semuanya di berbagai segmen.

Desain premium yang sangat kekinian, nyaman digunakan, dan audio berkualitas menjadi andalan earphone nirkabel satu ini. MOMENTUM True Wireless mampu memberikan pengalaman mendengarkan musik yang benar-benar tanpa kabel sangat baik.

Memang ada beberapa hal yang masih bisa ditingkatkan lagi jika Sennheiser merilis penerusnya seperti kontrol sentuhan lebih akurat maupun travel case yang dapat menyimpan baterai lebih banyak lagi. Walaupun begitu, MOMENTUM True Wireless secara keseluruhan menghadirkan seluruh hal yang saya inginkan pada sebuah perangkat earphone nirkabel.

Proses pairing mudah dan konektivitas bluetooth yang sangat baik membuatnya dapat terhubung ke segala jenis perangkat. Bahkan saya pun bisa menggunakannya untuk bermain game di komputer untuk mendapatkan pengalaman yang lebih immersive.

Bagi yang ingin mencoba pengalaman mendengarkan musik tanpa kabel maupun yang tengah mencari earphone nirkabel, maka Sennheiser MOMENTUM True Wireless ini dipastikan akan membuat kamu tidak ingin kembali menggunakan earphone konvensional.

Kelebihan

  • Desain gaya dan kekinian
  • Menghasilkan suara low, mid, dan high yang jernih
  • Nyaman untuk digunakan
  • Baterai cukup untuk keseharian
  • Koneksi bluetooth sangat baik

Kekurangan

  • Kontrol touch untuk volume yang kurang bisa diandalkan
Sennheiser MOMENTUM True Wireless
  • Editor Rating
  • Rated 4.5 stars
  • 80%

  • Sennheiser MOMENTUM True Wireless
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Februari 18, 2019
  • Desain
    Editor: 100%
  • Kualitas Audio
    Editor: 100%
  • Baterai
    Editor: 90%
  • Software dan Fitur
    Editor: 80%

Tinggalkan Komentar