ASUS TUF Gaming FX507
Review Headphone

Review Sennheiser Momentum True Wireless 3 – TWS Premium dengan Suara Jernih

Review Sennheiser Momentum True Wireless 3 – TWS Premium dengan Suara Jernih yang Bertabur Fitur

Sennheiser Momentum True Wireless 3
  • Audio - 9/10
    9/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.8/10

Kesimpulan

Sennheiser Momentum True Wireless 3 menjadi earbud nirkabel premium yang mampu menghadirkan kualitas suara jernih dengan bass nendang dari film, lagu, maupun game yang dijalankan. Apalagi daya tahan baterainya lama sehingga dapat digunakan seharian.

Yang Disukai

  • Suara jernih dan bass nendang
  • Dukungan ANC dan transparency mode
  • Daya tahan lama
  • Nyaman di telinga
  • Gesture responsif
  • Tahan cipratan air dan leringat

Yang Tidak Disukai

  • Harga relatif agak mahal

Gadgetren –  Bermain pada segmen earbud TWS (True Wireless Stereo) Premium, Sennheiser menghadirkan Momentum True Wireless 3 di Indonesia.

Dibanderol dengan harga Rp3.399.000, TWS ini menawarkan kemampuan suara yang jernih dan desain yang ergonomis. Sennheiser Momentum True Wireless 3 ini sudah dilengkapi dengan fitur ANC (Adaptive Noise Cancellation) dan Transparency mode.

Dalam dus penjualannya, sudah terdapat unit Sennheiser Momentum True Wireless 3 beserta case penyimpanan, kabel USB Type-C untuk charger, eartips cadangan, karet cantolan telinga cadangan, kartu garansi, buku panduan, dan kartu ucapan terima kasih.

Sennheiser Momentum TW 3 - All Package

Case penyimpan dari TWS ini memiliki bentuk memanjang dengan ukuran yang tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa dan masih terasa nyaman ketika dimasukkan ke dalam saku celana.

Untuk case penyimpanannya sendiri terasa premium karena dibalut dengan bahan kain berwarna hitam dengan logo Sennheiser di bagian penutup atasnya. Terdapat lampu indikator baterai dan port USB Type-C untuk pengisian daya baterai pada bagian depan case ini.

Berkat penggunaan bahan kain pada permukaan luar, membuat saya dalam membuka case dan langsung mengambil Sennheiser Momentum True Wireless 3. Sementara untuk pengambilan earbud bagian kiri dan kanan pun sangat mudah dari dalam case karena menggunakan sistem magnetik.

Earbud sendiri memiliki pin magnet yang dapat terhubung pada pin di dalam case sehingga memudahkan proses pengisian daya baterai. Dengan sistem magnetik ini pun membuat earbud Momentum True Wireless 3 dapat tersimpan dengan kokoh di dalam case, namun mudah untuk diambil.

Desain dari earbud Momentum True Wireless 3 dibuat ergonomis sehingga dapat terpasang di telinga dengan kokoh. Namun apabila eartips ukuran Medium yang terpasang terasa besar, maka kita dapat menggantinya dengan eartips cadangan yang terdiri dari Xtra Small, Small, dan Large.

Sennheiser Momentum TW 3 - Wear

Selama penggunaan sehari-hari, saya merasa bahwa earbud ini nyaman ketika terpasang di telinga. Apalagi bentuk desain eartips dari perangkat ini di desain untuk rapat dengan lubang telinga.

Untuk menghubungkannya dengan handphone atau perangkat lainnya, saya harus mengaktifkan koneksi Bluetooth. Setelah muncul nama MOMENTUM 3 di daftar perangkat Bluetooth, maka saya perlu menutup lubang kecil pada bagian pinggir earbuds dan barulah menekan nama MOMENTUM 3 agar perangkat bisa saling terhubung.

Meskipun TWS Sennheiser ini dapat terhubung dengan dua perangkat sekaligus, namun untuk mendengarkan audionya tidak bisa bersamaan dari semua perangkat tersebut sehingga hanya bisa bergantian dan memilih satu perangkat yang aktif.

Pada saat mendengarkan lagu, saya merasa bahwa earbud ini mampu menghadirkan audio yang jernih dengan suara vokal yang pengucapannya terdengar jelas, bass yang terasa nendang serta bulat, dan berbagai instrumen musik juga dapat terdengar dengan baik.

Sennheiser Momentum TW 3 - Magnetic

Hal ini membuat saya dapat menghayati lagu yang didengarkan. Bahkan saat digunakan untuk musik dengan waktu lebih dari 1 jam non stop, earbud ini pun masih terasa nyaman tertempel di telinga.

Pada saat digunakan untuk memutar film pun, Momentum True Wireless 3 mampu menghadirkan suara para pemeran dengan jelas, namun diiringi dengan suara visual efek yang terdengar realistis.

Berkat penggunaan Bluetooth 5.2 dan fitur Qualcomm aptX Adaptive, membuat earbud TWS ini mampu menghadirkan latensi yang rendah sehingga membuat saya dapat memainkan game dengan sinkronisasi suara yang lancar.

Dalam penggunaan volume 50%, Sennheiser Momentum True Wireless 3 ini sudah mampu menghadirkan suara yang jelas. Suara menjadi semakin keras ketika volume ditingkatkan hingga 100, namun suara yang dihasilkan tetap terdengar jernih.

Fitur ANC pada earbud ini dapat dengan baik meredam noise pada kondisi lingkungan yang bising, seperti di kafe atau mall yang banyak menghasilkan percakapan, Commuter Line yang berjalan, dan jalanan yang ramai.

Berkat fitur ANC ini saya dapat menikmati musik yang diputar maupun video yang dijalankan dengan fokus tanpa hadirnya gangguan. Apalagi pada saat sedang telepon maupun video conference, saya mampu mendengar lawan bicara dengan baik.

Sementara mikrofon dari Sennheiser True Wireless 3 ini mampu menangkap suara saya dengan jelas sehingga membuat percakapan dengan lawan bicara menjadi lancar.

Namun apabila dalam kondisi sedang melakukan perjalanan yang memerlukan kehati-hatian, saya pun mengaktifkan Transparency mode agar dapat mendengar suara langkah, kendaraan, maupun objek sekitar.

Bahkan Transparency mode pada Momentum True Wireless 3 ini memiliki tiga level utama yang terdiri dari Low, Mid, dan High. Secara bawaan, level Mid akan diaktifkan agar mendengar suara sekitar dengan standar. Namun jika suara sekitar ingin ditingkatkan lebih jelas serta besar lagi, maka dapat level dapat diatur hingga High.

Supaya mendapatkan pengalaman audio yang lebih lanjut, saya pun mengunduh dan menginstall aplikasi pendamping Sennheiser Smart Control yang sudah tersedia Google Play Store.

Sennheiser Momentum TW 3 - SS

Menariknya pada aplikasi pendamping ini, saya dapat mengatur personalisasi audio sesuai dengan kenyamanan saya ketika mendengarkan suara yang dihasilkan oleh Momentum True Wireless 3.

Tak hanya sampai di situ saja, saya juga dapat mengatur Transparency Mode, Adaptive Noise Cancellation, Equalizer, Sound Zone, fit test earbud di telinga, Sound Zone, dan gesture sentuhan jari.

Fitur Sound Zone ini memungkinkan saya dapat mengatur tingkat ANC dan Equalizer agar disesuaikan dengan lokasi sedang berada. Misalnya pergi dari rumah ke mall atau sebaliknya, maka sistem akan secara otomatis membuat tingkat ANC dan Equalizer berbeda antara rumah dan mall sesuai dengan pengaturan yang telah dilakukan.

Sennheiser Momentum TW 3 - Open Tour

Earbuds ini memiliki 8 fungsi gesture sentuhan jari yang sudah ditetapkan secara bawaan dengan kombinasi 4 gesture pada bagian kiri yang berbeda dengan 4 gesture pada bagian kanan.

Misalnya tap 1x di bagian pinggir earbud sebelah kiri untuk mengaktifkan Transparency Mode atau kanan untuk memainkan atau menghentikan lagu maupun video, tap 2x di kiri untuk memutar lagu atau video sebelumnya atau kanan untuk menjalankan lagu atau video selanjutnya, tap 3x di kiri untuk mengaktifkan ANC atau kanan untuk memanggil asisten suara, dan tap serta tahan di kiri untuk menurunkan volume atau kanan untuk menaikan volume.

Sementara pada saat terdapat panggilan telepon, maka tap 1x di bagian pinggir earbud sebelah kiri atau kanan untuk mengangkat panggilan atau menyelesaikan telepon, dan tap 2x di bagian kiri atau kanan untuk menolak panggilan.

Berbekal sertifikasi IPX4, membuktikan bahwa earbud TWS ini dapat bertahan dari cipratan air maupun keringat. Dengan begitu, Momentum True Wireless 3 ini akan aman untuk aktivitas yang menghasilkan keringat, seperti berolahraga.

Dari sisi daya tahan baterai, Sennheiser Momentum True Wireless 3 ini bisa dibilang memiliki daya tahan lama. Saya mampu menggunakan earbud ini untuk mendengarkan lagu selama sekitar 5 jam 35 menit secara non stop.

Apabila dikombinasikan dengan case penyimpanannya, maka dapat bertahan lebih dari 25 jam. Earbud TWS ini mampu terisi selama 1,5 jam ketika sedang berada di dalam case.

Selain menggunakan kabel USB Type-C, case penyimpanannya juga dapat dicas secara nirkabel dengan Wireless Charger yang sudah menggunakan standar Qi.

Setelah pemakaian dalam beberapa minggu, saya merasa bahwa Sennheiser Momentum True Wireless 3 ini dapat menyajikan latensi rendah dan suara yang jernih dengan bass nendang sehingga membuat nyaman ketika menikmati hiburan, mulai dari memutar lagu, menjalankan film, dan memainkan game.

Sennheiser Momentum TW 3 - with Box

Fitur ANC yang hadir pada perangkat ini juga mampu membuat saya dapat menikmati hiburan maupun telepon dengan lancar ketika dalam kondisi lingkungan yang bising. Terdapat juga fitur Gesture sentuhan jari yang responsif untuk menjalankan berbagai fungsi.

Daya tahan baterai yang ditawarkan oleh earbud ini pun bisa dibilang lama. Sementara untuk waktu pengecasan dayanya pun tidak terlalu lama sehingga dapat digunakan dengan lancar untuk aktivitas sehari-hari.

Walaupun harganya bisa dibilang mahal untuk ukuran sebuah TWS, namun Sennheiser Momentum True Wireless 3 ini bisa menjadi salah satu pilihan earbud nirkabel di kisaran harga Rp3.399.000 karena kualitas suara dan beragam fitur yang dihadirkannya.

Harga dan Spesifikasi Sennheiser Momentum True Wireless 3

Dimensi & BeratEarbud: 18,1 x 21,6 x 25,9 mm; 5,8g
Case: 69,9 x 34.6 x 44,4 mm; 66,4g
WarnaGraphite, Black
Baterai77mAh (Earbuds), 950mAh (Case)
KonektivitasBluetooth 5.2
KonektorUSB Type-C
SensorSensor Sentuhan, Sensor Jarak, Hall Sensor
Mikrofon3 mikrofon
FiturAdaptive Noise Cancellation, Transparency Mode, Gesture Sentuhan Jari, Wireless Charging, Personalisasi Suara
HargaRp3.399.000

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar