ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Habisi Xiaomi! Inilah Raja Smartphone Android Tercepat di Desember 2018

Nubia Red Magic Mars Header

Seperti biasanya, AnTuTu selalu merilis daftar 10 smartphone Android tercepat di dunia setiap bulannya. Kali ini perusahaan tersebut baru saja meluncurkan daftar 10 smartphone Android tercepat di bulan Desember 2018.

Meskipun Lenovo Z5 Pro GT berhasil mendapatkan skor AnTuTu benchmark mencapai 368.480 poin yang mampu mengalahkan iPhone XS maupun smartphone Android lainnya, namun smartphone ini tidak masuk dalam daftar di bulan Desember 2018 karena baru akan dijual pada bulan Januari 2019 mendatang.

Untuk itu, Nubia Red Magic Mars berhasil menjadi raja dalam daftar terbaru di bulan Desember 2018 dengan skor AnTuTu mencapai 320.464 poin. Bahkan smartphone ini pun mampu mengahlahkan Huawei Mate 20 yang menggunakan chipset Kirin 980 dengan teknologi proses 7nm.

AnTuTu Desember 2018

Dengan berbekal chipset Snapdragon 845 berteknologi proses 10nm dan RAM 10 GB, ternyata pihak Nubia mampu memaksimalkan performa Nubia Red Magic Mars sebagai smartphone gaming yang memang harus sangat cepat.

Selanjutnya, Huawei Mate 20 harus rela berada di posisi kedua dengan perolehan 309.130 poin. Selain performa, Huawei Mate 20 juga mengandalkan desain, kamera, dan fitur menarik untuk penggunanya.

Baru saja rilis, ternyata Honor V20 dengan chipset Kirin 980 berhasil melesat menduduki posisi ketiga dengan perolehan 305.525 poin. Sementara Huawei Mate 20 X dengan layar lebar dan performa kencang yang ditujukan untuk smartphone gaming ini harus rela berada di posisi keempat dengan perolehan 304.096 poin.

Huawei Mate 20 Pro yang sangat inovatif dengan fitur Wireless Reverse Charging pun masih berada di posisi kelima dengn perolehan 302.872 poin. Honor MAgic 2 yang menggunakan chipset sama pun berada di posisi keenam dengan perolehan 300.978 poin.

Fakta menariknya, semua smartphone dengan chipset Kirin 980 mengisi peringkat kedua hingga keenam. Hal ini membuktikan bahwa chipset Kirin 980 Octa-core dengan teknologi proses 7nm ini sangat bertenaga untuk menjalankan smartphone.

Apalagi terdapat dual NPU (Neural-network Processing Unit) yang mampu mengendalikan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) lebih bagus dibandingkan generasi sebelumnya. Sayangnya smartphone gaming Xiaomi Black Shark Helo dengan Snapdragon 845 dan RAM 10 GB harus rela berada di posisi ketujuh dengan perolehan 300.211 poin.

Sementara posisi kedelapan hingga kesepuluh diisi oleh OnePlus 6T, Xiaomi Black Shark, dan OPPO Find X. Hal ini membuktikan bahwa rata-rata smartphone dengan chipset berteknologi proses 7nm memiliki performa yang lebih tangguh dibandingkan chipset dengan teknologi proses 10nm.

Untuk kasus Red Magic Mars sedikit berbeda karena Nubia mampu mengoptimalkan smartphone tersebut memiliki performa yang jauh di atas rata-rata produk dengan Snapdragon 845 Octa-core. Pastinya akan terjadi perubahan posisi lagi di bulan Januari 2019 mendatang.

[Sumber : Gizchina]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar