Tips dan Trik

Cara Melaporkan Gangguan IndiHome dengan Mudah

Gambar Cara Lapor Gangguan IndiHome[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Siapa yang tak kesal, jika jaringan IndiHome mengalami gangguan? Tenang, Telkom menawarkan cara mudah melaporkan gangguan IndiHome.

Telkom merupakan salah satu penyedia layanan internet yang banyak digunakan di Indonesia, termasuk salah satu produk andalannya adalah IndiHome. Mengusung paket lengkap komunikasi, data, dan entertainment, Telkom menawarkan IndiHome dengan koneksi cepat jaringan berbasis fiber optik.

Dengan menggunakan satu paket triple play, sebutan paket layanan terpadu IndiHome, Gadgeter dapat menikmati layanan telepon rumah, internet, dan layanan televisi interaktif dengan teknologi IPTV dalam satu harga bayar.

Selain layanan utama seperti yang ditawarkan tersebut, IndiHome pun menawarkan banyak layanan tambahan yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Gadgeter. Gadgeter dapat memilih layanan tambahan seperti Telepon Mania, wifi.id seamless, TrenMicro Antivirus, IndiHome View (online surveillance camera) dan masih banyak lagi.

Untuk menikmati layanan tersebut, Telkom menawarkan paket dengan harga langganan paling murah senilai Rp 285.000,-/perbulan. Telkom juga menawarkan paket premium dengan kecepatan maksimal hingga 100 Mbps dengan harga Rp 1.750.000,- per bulannya. Ingat, harga ini belum termasuk PPn ya!

Banyak paket dan kemudahan ditawarkan oleh IndiHome, namun tidak jarang jaringan cepat miliknya harus tersendat karena adanya sebuah gangguan. Bahkan penangannya pun kadang-kadang tidak secepat yang kita harapkan.

Namun, tidak perlu berlebihan menanggapi permasalahan ini, sebagai penyedia layanan yang cukup banyak digunakan tentu Telkom pun tidak mudah mengatasi gangguan tersebut. Apalagi jika laporan gangguan IndiHome membludak, tentu Telkom memerlukan waktu untuk menanganinya.

Terdapat dua cara mudah melaporkan gangguan IndiHome kepada penyedia layanannya. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melaporkan gangguan IndiHome yang bisa digunakan oleh Gadgeter

Cara Pelaporan Gangguan IndiHome Melalui Customer Services

Cara melaporkan gangguan yang muncul pada layanan IndiHome salah satunya adalah dengan menghubungi layanan Customer Services yang terpampang di Web IndiHome. Gadgeter dapat menghubungi layanan tersebut dengan beberapa cara, termasuk melalui layanan telepon, Facebook, Twitter, Live Chat, maupun langsung datang ke Plasa Telkom.

Adapun akun Facebook yang dapat dihubungi adalah Telkom Care, akun Twitter yang dapat dihubungi adalah @telkomcare, atau Gadgeter dapat menghubunginya melalui nomor telepon 147 (untuk pengguna nomer telepon genggam harus menambahkan kode area di depannya).

Cara Pelaporan Gangguan IndiHome Melalui Aplikasi

Tidak jarang penanganan gangguan saat dilaporkan melalui customer services terasa sangat lamban. Kami pun tidak tahu mengapa begitu. Banyak pengguna IndiHome sampai harus datang ke Plasa Telkom agar keluhannya segera ditangani.

Oleh karena itu, Telkom merilis sebuah aplikasi Android untuk memperbaiki citra buruknya tersebut. Aplikasi dengan nama myIndiHome ini tersedia secara gratis di Google Play Store. Dengan ukuran 16,61 MB pada pembaruan terakhir, Telkom menawarkan banyak kemudahan melalui aplikasi myIndiHome tersebut.

Selain dapat digunakan untuk melaporkan gangguan, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola akun IndiHome yang Gadgeter miliki, seperti mendaftar, mengecek tagihan, melihat konten, melihat poin hadiah, dan lain sebagainya.

Gambar Aplikasi Indihome

Untuk menggunakan aplikasi ini, Gadgeter perlu membuat akun myIndiHome baru. Gadgeter hanya perlu mengisi Nama, Alamat E-Mail, Password, Nomer handphone yang dapat dihubungi, dan memilih jenis kelamin. Setelah itu, Gadgeter perlu memverifikasi akun tersebut, dengan kode verifikasi yang telah dikirim melalui SMS.

Jika semua proses di atas telah dilalui, Gadgeter dapat menggunakan aplikasi untuk melaporkan gangguan IndiHome. Untuk melaporkan gangguan IndiHome, Gadgeter dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Buka aplikasi myIndiHome, dan login menggunakan akun yang telah didaftarkan
  2. Pilih menu Lapor Gangguan
  3. Isi formulir yang disediakan, termasuk menambahkan daftar layanan yang dimiliki(layanan yang akan dilaporkan) jika Gadgeter belum membuatnya.
  4. Setelah itu, Gadgeter dapat men-submit laporan gangguan layanan IndiHome

Jika Gadgeter menginginkan respon yang cepat dalam penanganan gangguannya, Kami menyarankan penggunaan aplikasi myIndiHome sebagai solusi. Dengan menggunakan aplikasi ini, Gadgeter tidak perlu sampai mengantri berjam-jam di Plasa Telkom. Selain itu, laporan melalui aplikasi myIndiHome akan segera ditindak lanjuti.

Tinggalkan Komentar

6 Komentar

  • Sudah 1 bulan hingga saat ini koneksi putus nyambung melulu.. udah laporan 147 berpuluhan kali br berapa kali di respon dan ada teknisi yang datang masih saja koneksi putus nyambung…terus kalau kayak gini yang error dan jadi masalah siapa?????!!!!!!!

    • Kalau masih pakai kabel telepon tembaga, coba minta ganti kabel tembaga karena semakin berumur kabelnya semakin kurang optimal
      Semoga sih masih disediain kabel tembaga di daerahnya, karena stok udah mulai jarang.
      Kalau ga ada terpaksa nunggu sampai fiber optik masuk karena lagi ada pembaruan masal