Tips dan Trik

5 Cara Mengatasi Wi-Fi yang Hidup Sendiri di Perangkat Xiaomi

Cara Mengatasi Wifi Hidup Sendiri di Xiaomi Header

Gadgetren – Beberapa waktu belakangan ini, banyak pengguna perangkat Xiaomi yang mengeluhkan bahwa Wi-Fi perangkatnya tiba-tiba menyala sendiri meskipun telah dimatikan berulang kali.

Permasalahan ini cukup ramai dibahas pada beberapa forum Xiaomi, baik forum lokal maupun global. Namun tak jarang, masih banyak orang yang kebingungan karena belum menemukan pemecahannya.

Wi-Fi yang bisa menyala sendiri sebenarnya bisa terjadi karena beberapa hal, seperti pengaturannya, aplikasi yang menggunakannya, dan berbagai macam hal lainnya. Untuk itu, masing-masing penyebab pun membutuhkan perbaikan dengan cara yang berbeda-beda.

Mematikan Pengaturan Scanning Always Available

Biasanya, salah satu penyebab Wi-Fi yang secara otomatis dapat hidup sendiri, adalah karena pengaturan khusus Scanning Always Available. Oleh karena itu, pengguna dapat mengecek terlebih dahulu pengaturan ini di Settings > Wi-Fi > Advanced Settings.

Memblokir Izin Akses Dari Aplikasi Penyebabnya

Beberapa aplikasi yang mendapatkan izin akses untuk menggunakan Wi-Fi biasanya juga menjadi salah satu faktor kenapa Wi-Fi bisa menyala sendiri. Tidak bisa dipungkiri, banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar dan memanfaatkan sumber daya perangkat, termasuk Wi-Fi di dalamnya.

Jika permasalahan Wi-Fi hidup sendiri diakibatkan oleh hal ini, maka pengguna perlu membatasi akses aplikasi-aplikasi tersebut terhadap Wi-Fi, melalui Settings > Permissions > Other permissions > tab Permissions > Change Wi-Fi connectivity.

Menghapus Aplikasi Penyebabnya

Jika permasalahan belum juga teratasi, pengguna dapat menghapus aplikasi yang menyebabkan hal ini terjadi. Dalam beberapa kasus, hal ini diakibatkan oleh pembaruan dari aplikasi Google.

Selain itu, jika kamu tidak tahu aplikasi apa penyebabnya, kamu dapat mencoba menghapusnya satu per satu atau melakukannya dengan factory reset yang juga bisa membuat perangkat menjadi lebih segar.

Tunggu Update Sistem Selanjutnya

Wi-Fi yang bisa hidup sendiri juga bisa diakibatkan oleh adanya bug dari sistem antarmuka MIUI yang digunakan dalam perangkat Xiaomi. Untuk hal ini, ada baiknya untuk menunggu pembaruan berikutnya, atau kalau tidak sabar, kamu bisa memilih downgrade ke sistem sebelumnya.

Bawa ke Xiaomi Service Center

Jika beberapa cara di atas belum menyelesaikan permasalahan Wi-Fi hidup sendiri, ada baiknya pengguna membawa perangkat ke Service Center Xiaomi terdekat, siapa tahu bisa dapat ganti perangkat yang baru dari Erajaya.

Tinggalkan Komentar