Berita

Li-Fi, Teknologi yang 100 Kali Lipat Lebih Cepat Dibandingkan Wi-Fi

Li-Fi

Semakin lama kecepatan akses internet memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Teknologi untuk mentrasmisikan data pun akan selalu berkembang terus. Nah, baru-baru ini ada sebuah teknologi yang 100 kali lebih cepat dari kecepatan yang dimiliki Wi-Fi yakni Li-Fi. Menurut pengembangnya, teknologi ini mampu mencapai kecepatan hingga 1 Gbps dalam penggunaan umum di dunia nyata.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Mashable, Li-Fi ini menggunakan lampu LED yang berkedip nyala dan mati dalam nano detik untuk mentrasfer data sehingga tidak terlihat secara kasat mata. Teknologi ini sendiri diciptakan sudah beberapa tahun lalu tepatnya 2011 dan kecepatan yang sudah dapat ditembus teknologi ini adalah 224 Gbps pada laboratorium tempat pengembangannya.

Perusahaan yang bernama Velmenni menuturkan kepada IBTimes UK bahwa perusahaan ini membawa teknologi Li-Fi dari laboratorium ke kantor dan lingkungan industri dunia nya di Estonia. Li-Fi sendiri diciptakan berdasarkan cahaya yang tidak dapat menembus dinding sehingga jangkauannya lebih terbatas yang berbeda dengan Wi-Fi yang mampu menembus dinding. Namun meskipun begitu, Li-Fi bisa menjadi salah satu teknologi yang lebih aman dibandingkan Wi-Fi.

Selain Velmenni, beberapa perusahaan yang mengembangkan Li-Fi untuk kantor dan rumah terus bermunculan seperti Oledcomm dan PureLifi. Kedua perusahaan ini menawarkan kit untuk pengembangan awal dalam memasang jaringan Li-Fi di kantor maupun rumah. Selain itu, PureLifi baru bisa mengklaim kecepatan 10 Mbps untuk paket yang tersedia saat ini.

Ke depannya, dengan adanya teknologi Li-Fi ini memungkinkan lampu LED dapat memiliki beberapa fungsi seperti mengeluarkan cahaya untuk rumah dan menghasilkan jaringan internet di rumah untuk membantu perangkat – perangkat Internet of Things bisa saling berinteraksi satu sama lainnya sehingga menjadi SmartHome.

[sumber : Mashable]


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator