Gadget Smartphone

Samsung Galaxy J2 Core vs J2 Pro. Mana Ponsel Entry Terbaik Samsung?

Samsung Galaxy J2 Core vs J2 Pro Header

Gadgetren – Untuk menyasar pasar di kelas entry, perusahaan Samsung memiliki seri ponsel andalan, yakni Galaxy J, yang senantiasa disegarkan dengan ponsel yang lebih baru setiap waktunya.

Yang paling baru, Samsung meluncurkan penyegaran lini Samsung Galaxy J2 miliknya dengan Samsung Galaxy J2 Core yang mengusung Android Go di dalamnya.

Padahal, jika dilihat-lihat, lini ini belum lama disegarkan oleh perusahaan ini dengan tipe Samsung Galaxy J2 Pro beberapa waktu lalu. Lalu, kira-kira apa yang membedakan kedua perangkat ini ya?

Samsung Galaxy J2 Core vs J2 Pro

Desain dan Layar

Kedua perangkat entry level buatan Samsung ini sama-sama memiliki ukuran layar 5 inci dengan resolusi quarter HD (960 x 540 piksel) dan berteknologi Super AMOLED.

Sementara itu, perbedaan paling mencolok adalah Samsung Galaxy J2 Core mengusung desain kekinian dengan tidak lagi menggunakan tombol home seperti yang digunakan oleh Samsung Galaxy J2 Pro.

Performa

Berbeda dengan pendahulunya Samsung Galaxy J2 Pro yang mengusung prosesor Snapdragon 425 Quad-core, Samsung Galaxy J2 Core memilih prosesor buatan Samsung sendiri, yakni Exynos 7570.

Sedangkan untuk penunjangnya, Samsung Galaxy J2 Core mengusung RAM sebesar 1GB dan storage 8 GB, yang notabene lebih kecil dari Samsung Galaxy J2 Pro yang memiliki 1,5 GB RAM dan 16 GB storage.

Kamera

Soal kamera, kedua perangkat ini memiliki kamera yang sama, baik untuk kamera utama maupun selfie-nya, di mana kamera utama memiliki resolusi 8 MP dengan LED Flash dan 5 MP untuk kamera depannya.

Baterai

Kedua perangkat entry level ini juga memiliki baterai dengan kapasitas yang sama, yakni sama-sama sebesar 2.600 mAh. Tentu saja, tanpa adanya dukungan pengisian cepat (fast charging).

Sistem Operasi

Sementara Samsung Galaxy J2 Pro masih mengusung sistem Android 7.1 Nougat, Samsung Galaxy J2 Core telah menggunakan Android 8.1 Oreo, tapi dengan versi Android Go Edition.

Bedanya dengan versi Android biasa, Android Go Edition memiliki sistem yang lebih ringkas, sehingga tidak terlalu memakan banyak ruang penyimpan maupun RAM.

Harga

Untuk harganya, Samsung Galaxy J2 Core tampaknya akan dijual dengan harga yang lebih murah dari Samsung Galaxy J2 Pro, karena memiliki ukuran RAM dan memori internal yang lebih kecil.

Untuk saat ini, belum terdapat informasi resmi mengenai harga Samsung Galaxy J2 Core di Indonesia (di Malaysia dijual seharga Rp 1,3 Jutaan), sedangkan Samsung Galaxy J2 Pro telah dijual dengan harga Rp 1,8 Jutaan.

Kesimpulan

Jika dilihat spesifikasinya, Samsung Galaxy J2 Core memiliki memiliki ukuran RAM dan internal yang lebih kecil, tapi tetap layak beli karena harganya lebih murah dan kinerja telah dioptimalisasi dengan menggunakan Android versi Go.

Namun bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan menggunakan aplikasi-aplikasi versi Go dan Lite (aplikasi-aplikasi yang telah dioptimalisasi di sisi kapasitas dan penggunaan RAM), kamu dapat memilih perangkat Samsung Galaxy J2 Pro.

Tinggalkan Komentar