Smartphone

Oppo F9 VS Oppo F7. Smartphone Oppo Mana yang Terbaik?

Oppo F9 VS Oppo F7 Header

Gadgetren – Sebentar lagi, tepatnya tanggal 23 Agustus 2018 mendatang, Oppo akan mengenalkan perangkat terbaru seri F, yakni Oppo F9 yang bakal menjadi suksesor Oppo F7 sebelumnya.

Meskipun belum dirilis secara resmi, beberapa bocoran telah mengungkap bagaimana Oppo F9 ini akan hadir menyasar segmen pecinta selfie dengan kemampuan Selfie Expert andalan Oppo.

Lalu bagaimana spesifikasinya? Apakah akan lebih baik dari Oppo F7 yang telah hadir lebih dulu? Untuk menjawab hal ini, kami membandingkan kedua ponsel tersebut berdasarkan informasi mengenai Oppo F9 yang telah beredar di pasaran.

Desain dan Layar

Oppo F9 VS Oppo F7 - Desain

Kedua perangkat buatan Oppo ini sama-sama mengusung desain dengan layar berponi yang kekinian. Bedanya, Oppo F9 dilengkapi dengan poni dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan poni yang disematkan pada kakaknya.

Selain itu, layar Oppo F9 memiliki ukuran 6,3inci, atau dengan kata lain ukurannya sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan Oppo F7 yang hanya memiliki ukuran 6,23inci.

Sementara itu, kelebihan lainnya, Oppo F9 untuk pertama kalinya akan dilengkapi dengan fitur waterdrop screen, yang fungsinya masih disimpan rapat-rapat oleh pihak Oppo.

Performa

Oppo F9 VS Oppo F7 - Performa

Dalam urusan kinerjanya, perangkat kakak adik ini tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Keduanya menggunakan prosesor MediaTek Helio P60, di mana Oppo F7 memiliki varian RAM 4GB dan 6GB, sedangkan adiknya hanya memiliki varian 4GB.

Kamera

Oppo F9 VS Oppo F7 - Kamera

Meskipun di bagian kamera Selfie memiliki kamera dengan resolusi yang sama, sama-sama 25MP, kamera belakang Oppo F9 menawarkan peningkatan dibandingkan dengan Oppo F7.

Dalam hal ini, Oppo F9 dilengkapi dengan kamera ganda yang memiliki resolusi 16MP + 2MP, yang tentunya akan lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan kamera tunggal 16MP milik Oppo F7.

Tapi tenang saja, keduanya memiliki kemampuan yang cukup baik saat digunakan untuk mengambil gambar, karena keduanya telah dilengkapi AI khusus, baik untuk kamera belakang maupun depannya.

Baterai

Oppo F9 VS Oppo F7 - Baterai

Untuk bagian ini, baterai yang disematkan pada Oppo F9 memiliki kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan Oppo F7, di mana Oppo F9 akan mengusung baterai 3.500mAH yang lebih besar 100mAH dari seri sebelumnya.

Sementara itu, meskipun mengusung kapasitas yang lebih besar, Oppo F9 dapat mengisi baterai sangat banyak dalam waktu singkat berkat VOOC Flash Charge. Bahkan, dengan mengisi selama 5 menit, kamu bisa menggunakannya untuk telepon selama 2 jam.

Sistem Operasi

Oppo F9 VS Oppo F7 - OS

Kedua perangkat buatan Oppo ini hadir dengan mengusung sistem yang hampir sama, dimana keduanya menggunakan ColorOS berbasis Android Oreo. Bedanya, Oppo F7 awalnya masih menggunakan ColorOS 5.0, sedangkan Oppo F9 secara default menggunakan ColorOS 5.2.

Kesimpulan

Bagi kamu yang tertarik dengan urusan fotografi, kamu dapat memilih Oppo F9 sudah dilengkapi dengan kamera utama ganda, yang harusnya akan memberikan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan kamera tunggal 16MP milik Oppo F7.

Namun, jika kamu mempertimbangkan performanya, kamu bisa memilih Oppo F7, karena di atas kertas Oppo F7 memiliki kemampuan yang sama dengan Oppo F9, bahkan bisa saja lebih tinggi untuk varian RAM 6GB. Tentu saja dengan harga yang lebih murah seharusnya.

Tinggalkan Komentar