Review

Review OPPO F7 : Smartphone Selfie Canggih Berkat Kecerdasan Buatan dan Helio P60

OPPO F7 Header

OPPO merupakan salah satu vendor asal Tiongkok yang berhasil melakukan ekspansi penjualan smartphone buatannya hingga ke Indonesia.

Bisa dibilang vendor yang satu ini sangat terkenal dengan smartphone yang berjuluk Selfie Expert mulai dari seri F1 dengan menggunakan kamera depan yang beresolusi besar. Hal ini pun mengantarkan OPPO menduduki peringkat kedua di Indonesia.

Beberapa bulan lalu, OPPO secara resmi telah meluncurkan smartphone Selfie Expert terbarunya yang bernama F7. Selain mengusung desain kekinian, smartphone yang satu ini juga telah dibekali dengan spesifikasi hardware dan fitur yang menarik.

Desain Layar Penuh Berponi

OPPO F7 Header Leakz

Bisa dibilang OPPO F7 memiliki desain yang lebih menarik dibandingkan dengan F5. Bodi belakangnya sendiri dilengkapi dengan bodi yang dilapisi plastik dengan kesan kaca yang membuatnya terlihat elegan.

OPPO F7 pun terlihat mewah dengan balutan warna yang menarik, mulai dari Solar Red, Diamond Black, dan Moonlight Silver. Beralih ke bagian bawahnya terdapat speaker, port microUSB 2.0, dan port jack audio 3,5mm.

Pada bagian kananya terdapat SIM Tray untuk kartu SIM maupun microSD dan tombol power. Sementara pada bagian kirinya terdapat tombol volume kanan dan kiri yang terpisah, namun berurutan secara vertikal.

Meskipun tombol volume dan power berjauhan, namun saya masih bisa untuk melakukan kombinasi screenshot. Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 6,23 inci yang beresolusi Full HD+ (2.280 x 1.080), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9.

Mengikuti tren saat ini, OPPO F7 sendiri telah dibekali dengan poni atau notch di bagian atas depannya yang berfungsi untuk menyimpan kamera, sensor, dan earpiece. Hal ini pun membuat bezel atas layarnya menjadi tipis. Sekilas, unit OPPO F7 yang saya review berwarna Solar Red.

Kamera Selfie 25 MP + AI

OPPO F7 Depan

OPPO F7 mengandalkan kamera depan dengan resolusi yang besar mencapai 25 MP dengan aperture f/2.0 dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI Beauty Technology 2.0) yang diklaim OPPO dapat menghasilkan foto selfie dengan hasil yang mulus dan jernih.

Bahkan berkat hadirnya fitur Portrait Mode sehingga memungkinkan saya dapat menghasilkan foto selfie berefek bokeh (background blur) dengan mudah dan instan. Selain itu, OPPO juga mengklaim bahwa F7 ini mampu mengenali 296 titik di wajah.

Sementara kamera belakangnya memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/1.8, Phase Detection Autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Bahkan terdapat juga fitur AI Scene Recognition yang dapat mengenali 16 scene sekaligus ketika kamera belakang sedang diarahkan ke kamera.

Fitur Portrait Mode yang dihadirkan pun membuat kamera belakangnya dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan cepat dan rapi. Baik kamera depan maupun kamera belakangnya sama-sama dibekali juga dengan Vivid Mode yang dapat membuat warna foto yang dihasilkan lebih pekat sehingga terlihat menarik.

Bagi pengguna OPPO F7 yang ingin mencoba sesuatu yang lucu dalam smartphone ini, OPPO telah menyediakan fitur AR Sticker pada kameranya sehingga dapat menambahkan gambar-gambar lucu pada wajah yang sedang difoto.

Dalam mencoba ketangguhan kameranya, saya telah mencoba mengambil foto dengan berbagai mode terutama menggunakan Vivid Mode. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kemampuan kamera depan maupun belakangnya maka dapat melihat hasil foto berikut ini :

Kamera Depan

Foto Selfie Normal

Foto Selfie Normal

Foto Selfie Beauty

Foto Selfie Beauty

Foto Selfie Beauty Bokeh

Foto Selfie Bokeh

Kamera Belakang

Foto Normal

Foto Normal

Foto HDR

Foto HDR

Foto Makro

Foto Makro

 

Fingerprint

OPPO F7 Fingerprint

Meskipun layarnya telah memenuhi bagian depan, namun OPPO tidak lupa untuk menyematkan sensor fingerprint pada bagian belakangnya. Selain dapat dengan cepat mendeteksi sidik jari, sensor fingerprint juga dapat digunakan untuk fitur App Lock dan Private Safe.

Face Unlock

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Recognition yang disematkan pada OPPO F7, membantu dalam memindai hingga 128 titik di wajah sehingga smartphone dapat mengenali wajah dengan lebih akurat dan cepat.

Selain dimanfaatkan untuk foto selfie, OPPO juga menyematkannya pada fitur Face Unlock yang memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone dengan cepat hanya menghadapkan wajahnya di depan kamera depan OPPO F7.

Performa

OPPO F7 Bawah

Unit OPPO F7 yang saya review memiliki konfigurasi chipset MediaTek Helio P60 Octa-core berkecepatan 2 GHz lengkap dengan Mali-G72 MP3, RM 4 GB, dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Secara teori di atas kertas, kombinasi spesifikasi hardware ini mampu menjalankan aplikasi atau game banyak sekalipun dengan lancar. Untuk membuktikannya saya mencoba menjalankan aplikasi secara multitasking dan berbagai macam game.

Pada saat mengaktifkan banyak aplikasi dan berpindah-pindah, saya merasakan bahwa smartphone OPPO F7 ini mampu mulus dalam menjalankan aplikasi secara multitasking selama kapasitas RAM tidak dipakai hingga penuh.

Selanjutnya pada sesi game, saya memainkan beragam game mulai dari Mobile Legends, PUBG Mobile, Arena of Valor, Honkai Impact 3, Final Fantasy XV Pocket, dan Need For Speed No Limits. Hasilnya semua game dapat dimainkan dengan lancar tanpa lag.

Menariknya lagi, OPPO telah menghadirkan fitur Game Acceleration pada F7 sehingga memungkinkan beragam game dapat berjalan dengan performa yang tinggi, mulai dari kecepatan animasi hingga grafis yang tinggi.

Sekilas, OPPO sendiri telah mengaktifkan fitur ini secara otomatis pada beberapa game yang sudah ditentukan sehingga membuat game tersebut dapat berjalan dengan lebih optimal dan tanpa lag sama sekali.

Performa OPPO F7

Terakhir, saya melakukan benchmark terhadap OPPO F7 dengan menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan Geekbench. Hasilnya smartphone ini berhasil mendapatkan skor mencapai 139.799 poin untuk pengujian di AnTuTu Benchmark.

Sementara, pada pengujian menggunakan Geekbench berhasil mendapatkan skor 1.529 poin untuk pengujian single-core dan 5.801 poin untuk pengujian multi-core. Hasil Geekbench ini sangat luar biasa karena mampu mengalahkan Samsung Galaxy Note 7dengan skor 5.228 poin pada pengujian multi-core.

Daya Tahan Baterai

OPPO F7 Kiri

Baterai yang disematkan pada smartphone ini mencapai kapasitas 3.400 mAh. Berkat hadirnya AI Battery Management dan efisiensinya MediaTek Helio P60, OPPO mengklaim bahwa daya baterai dari OPPO F7 dapat bertahan lama.
Untuk membuktikan klaim OPPO, saya mencoba smartphone ini dengan beragam aktivitas sehari-hari, mulai chat, SMS, berjejaring sosial, berfoto, navigasi dengan Google Maps, dan lainnya. Hasilnya OPPO F7 mampu bertahan selama 9 jam 12 menit hingga kondisi kritis 15%.

Bisa dibilang hasil ini sudah bagus mengingat performa yang ditawarkan OPPO F7 bertenaga. Sebagai,catatan saya hanya menggunakan satu kartu SIM di jaringan 4G-LTE. Tentu saja hasilnya akan berbeda apabila saya menggunakan dua kartu SIM sekaligus.

ColorOS 5.0

UI OPPO F7

ColorOS 5.0 berbasiskan Android 8.1 Oreo dengan fitur-fitur menarik dipercaya sebagai sistem operasi dari OPPO F7. Seperti biasanya, ColorOS ini menawarkan gesture menyapu 3 jari dari bagian atas ke bawah untuk melakukan screenshot.

Sementara itu, fitur Full Screen Multitasking yang hadir dalam smartphone ini akan menampilkan ikon aplikasi atau peringatan notifikasi aplikasi chat, telepon, atau SMS sehingga tidak akan mengganggu penggunanya ketika sedang bermain game maupun menonton video.

Tombol navigasi pada OPPO F7 ini pun dapat disembunyikan dan diganti dengan gesture yang telah ditentukan sehingga membuat layar terlihat penuh. Fitur Split Screen juga telah hadir di dalam smartphone ini yang memudahkan penggunanya untuk dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Selain dengan menahan lama tombol Recent, fitur Split Screen ini dapat diakses dengan gesture menyapu 3 jari dari bagian tengah ke bawah layar. Bisa dibilang masih banyak fitur yang dihadirkan OPPO pada ColorOS 5.0 ini.

Kesimpulan

OPPO FIX Kanan

OPPO F7 ini sangat unggul pada kamera depannya yang memiliki resolusi 25 MP ditambah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence sehingga dapat dengan pintar menghasilkan foto selfie atau wefie dengan hasil yang bagus.

Soal urusan performanya, smartphone yang satu ini pun bisa dibilang bertenaga berkat kombinasi MediaTek Helio P60, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB yang dapat menghasilkan aplikasi atau game banyak dengan minim lag.

Layar penuh beraspek rasio 19:9 yang ditawarkan smartphone ini pun bisa dibilang menarik karena membuat mata penggunanya lebih nyaman dalam menonton video maupun bermain game. Sayangnya bodi bagian belakangnya mudah kotor terkena sidik jari, namun hal ini bukanlah sesuatu yang terlalu bermasalah karena dapat ditambah casing tambahan yang disertakan dalam paket penjualannya.

Dengan fitur, spesifikasi hardware, performa, dan kamera yang ditawarkan, membuat OPPO F7 dapat menjadi pilihan menarik di harga Rp 4.199.000 untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB dan Rp 5.499.000. Namun OPPO F7 tidak dibenamkan teknologi NFC, padahal dengan harga kisaran segitu sudah bisa mendapatkan teknologi tersebut.

Kelebihan

Kamera Selfie 25 MP + AI yang Bagus
Layar Penuh 19:9
Performa Bertenaga Berkat MediaTek Helio P60
RAM 4 GB / 6 GB dan ROM 64 GB / 128 GB yang Memadai
Desain Bodi yang Memiliki Kesan Kaca Menarik
Sensor Fingerprint yang cepat
Face Unlock yang cukup akurat

Kekurangan

Tidak hadirnya NFC
Bodi belakang mudah meninggalkan Noda sidik jari

OPPO F7
  • Editor Rating
  • Rated 4 stars
  • 80%

  • OPPO F7
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Juni 4, 2018
  • Layar
    Editor: 90%
  • Performa
    Editor: 90%
  • Kamera
    Editor: 90%
  • Baterai
    Editor: 70%
  • Software
    Editor: 80%
  • Desain
    Editor: 90%

Leave a Comment