Berita

Update MIUI 9.5.9.0 Sudah Keluar, Audio Jadi Bermasalah?

MIUI 9 Header

Gadgetren – Terus mendapatkan update sistem operasi untuk smartphone yang kita gunakan merupakan hal yang cukup baik. 

Tidak semua vendor maupun model smartphone selalu mendapatkan update karena biasanya hanya untuk kalangan smartphone kelas atas saja. Menyadari akan hal tersebut, Xiaomi yang berawal dari tim kustomisasi ROM memberikan sesuatu yang berbeda kepada para penggemarnya yang menggunakan perangkat Xiaomi. 

Xaomi dengan MIUI besutannya terbilang sigap dalam hal memberikan update untuk menambah fitur baru maupun memberikan perbaikan secara berkala. Hampir semua perangkat Xiaomi yang ada dipastikan selalu mendapatkan update MIUI terbaru bahkan untuk perangkat lawas sekali pun.  

Berbeda dengan vendor lain yang biasanya dalam 2 tahun sudah tidak ada update, ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para Mi Fans. Nah baru-baru ini ada update anyar yang mulai dikirimkan ke beberapa model, yakni MIUI 9.5.9.0. Untuk sebagian model ada yang masih bersifat Nightly bukan publik sehingga dikirim secara acak. 

Apa Yang Baru di MIUI 9.5.9.0 

MIUI 9.5.9.0 Update

MIUI 9.5.9.0 bukan lah major update atau update besar yang wajib kamu download. Pada kali ini pihak Xiaomi hanya memberikan berberapa perbaikan khususnya pada masalah pengaturan notifikasi yang tidak muncul saat menggunakan fitur dual apps. 

Selain itu juga ada perbaikan masalah sinyal internet yang putus maupun peningkatan fitur Gesture untuk salah satu model perangkat. Perbaikan yang tidak terlalu banyak tersebut membuat besaran update cukup kecil, yakni sekitar 70 – 80 MB saja. 

Jadi kalau kamu tidak mengalami salah satu permasalahan tersebut, maka tidak usah terburu-buru untuk update dan lebih menunggu untuk pembaruan versi besar saja. 

Ada Error Baru? 

Menurut laporan dari beberapa pengguna Xiaomi Redmi Note 4, setelah melakukan update MIUI 9.5.9.0 perangkat mereka mengalami permasalahan di sisi audio. Pengguna mengeluhkan kalau saat tengah mendengarkan musik, suara menjadi terputus-putus dan audio keluar dari speaker padahal menggunakan headphone. 

Untuk mengatasi hal tesebut, si pengguna melakukan downgrade menjadi MIUI 9.5.8.0 dan semua kembali menjadi normal. Tidak semua pengguna mengalami hal serupa karena ada yang baik-baik saja setelah melakukan update, namun kalau kamu mendapatkan masalah serupa maka untuk saat ini tidak ada cara selain downgrade. 

Leave a Comment