Smartphone Tips dan Trik

Cara Menghapus Banyak Kontak Sekaligus di iPhone Supaya Lebih Praktis

Cara Menghapus Banyak Kontak Sekaligus di iPhone - Header

Gadgetren – Menghapus banyak kontak sekaligus tentu dapat menjadi solusi yang bisa ditempuh ketika kita mau merampingkan data. Hanya saja apakah ada cara untuk melakukannya di perangkat iPhone?

Berbeda dengan Android, setelan kontak di iPhone memang tidak menyediakan opsi menghapus banyak kontak sekaligus. Sistem bernama iOS di dalamnya hanya menyediakan fitur untuk melakukan hal tersebut secara keseluruhan atau satu per satu saja.

Meskipun begitu, menghapus banyak kontak sekaligus bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dicoba oleh pengguna iPhone di mana salah satu di antaranya termasuk menggunakan layanan iCloud.

Layanan iCloud merupakan bagian tak terpisahkan dari iOS. Selayaknya akun Google di handphone Android, kita membutuhkannya untuk melakukan banyak hal di perangkat iPhone seperti mengunduh aplikasi, melakukan pembayaran, hingga mencadangkan data.

Untuk menghapus kontak dengan menggunakan layanan iCloud, kita hanya saja membutuhkan dukungan komputer. Adapun secara lebih rinci dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Menghapus Banyak Kontak Sekaligus di iPhone

  1. Buka peramban di komputer
  2. Akses halaman https://www.icloud.com/
  3. Login menggunakan Apple ID yang dimiliki
  4. Selanjutnya ketuk menu Contacts di halaman utama
  5. Tekan dan tahan tombol Command di MacOS atau Control (CTRL) di Windows
  6. Pilih semua kontak yang mau di hapus
  7. Lepaskan tombol Command atau Control jika selesai
  8. Ketuk Ikon Gerigi di pojok kiri bawah
  9. Pilih opsi Delete dari menu yang muncul
  10. Tekan Delete jika muncul kotak konfirmasi

Perlu diingat bahwa penyimpanan kontak untuk iPhone tidak hanya bisa menggunakan iCloud saja melainkan juga layanan lain seperti Google Contacts. Jadi untuk menghapus data secara masal, nantinya pun bisa dilakukan sesuai dengan platform yang digunakan.

Opsi lain yang bisa ditempuh salah satunya dengan memanfaatkan fitur menghapus data kontak secara keseluruhan. Hal ini lebih mudah karena bisa dilakukan secara langsung di perangkat iPhone tanpa perlu bantuan komputer.

Cara Menghapus Kontak Secara Keseluruhan di iPhone

  1. Buka Settings
  2. Ketuk nama pengguna untuk membuka setelan Apple ID
  3. Masuk ke bagian iCloud
  4. Cari bagian Apps using iCloud
  5. Matikan tombol untuk Contacts
  6. Konfirmasi dengan menekan Delete from My Phone

Berbeda dengan cara sebelumnya yang hanya menghapus kontak terpilih, langkah-langkah ini akan melakukannya untuk seluruh data. Jadi kontak yang sebelumnya sudah tercadangkan di iCloud akan menghilang dari perangkat.

Kita pun tak perlu khawatir saat menggunakan cara ini. Data-data kontak soalnya masih akan tetap tersimpan di iCloud jadi kita bisa mengembalikannya sewaktu-waktu dengan mengaktifkan kembali tombol Contacts di pengaturan Apps Using iCloud.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar