ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Yang Benar Menghapus Kontak di Aplikasi WhatsApp

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Agar bisa mengirim pesan WhatsApp, pengguna harus menyimpan nomornya terlebih dahulu. Namun jika dilakukan secara terus-menerus, akan ada banyak kontak yang akhirnya tidak terpakai.

Seperti kasus yang pernah saya alami misalnya. Saat akan bertransaksi jual beli secara online, saya harus menyimpan nomor penjual sebelum menghubunginya untuk menanyakan kondisi barang secara lebih lengkap melalui aplikasi WhatsApp.

Namun setelah transaksi selesai, pembayaran sudah berhasil dilakukan dan barang sudah berada di tangan, nomor WhatsApp penjual tersebut tidak akan terpakai lagi. Dengan catatan, tidak ada perjanjian seperti garansi atau kerja sama lainnya.

Sebagai solusinya, para pengguna aplikasi perpesanan buatan Facebook tersebut harus rajin-rajin menghapus kontak-kontak yang sudah tidak terpakai secara manual. Sampai saat ini, belum ada fitur hapus kontak otomatis di aplikasi tersebut.

Dalam beberapa kejadian, menghapus kontak WhatsApp dari perangkat bisa dengan mudah untuk dilakukan. Yang mana dalam hal ini, pengguna hanya perlu masuk ke aplikasi kontak yang dimilikinya, lalu menghapus kontak seperti biasanya.

Namun pada beberapa kasus, meski sudah menghapusnya dari aplikasi kontak, beberapa data masih tertinggal atau ditampilkan oleh WhatsApp. Kenapa bisa begitu? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Lewat Kontak Telepon

Secara sederhana, kontak telepon dan kontak WhatsApp memiliki data yang terpisah. Saat aplikasi membaca kontak telepon, dia akan membuat salinan data sebagai kontak miliknya sendiri.

Agar bisa menghapus secara permanen kontak di aplikasi WhatsApp melalui kontak telepon, maka sebaiknya pengguna harus mengatur daftar kontak terlebih dahulu agar hanya menampilkan data dari WhatsApp.

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp - Setting Kontak

Caranya berbeda-beda untuk masing-masing smartphone, tetapi secara umum bisa diatur secara langsung dari pengaturan aplikasi kontak itu sendiri. Misal pada smartphone Samsung, hal ini bisa diatur melalui More (ikon titik tiga) di pojok kanan atas, lalu Settings, dan ubah Contact to Show ke WhatsApp.

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Dari Aplikasi

Selain menggunakan cara di atas, agar kontak WhatsApp bisa benar-benar terhapus dari telepon, maka pengguna bisa menghapusnya secara langsung dari aplikasi WhatsApp.

Pertama-tama, cari kontak yang akan di hapus dan masuk ke percakapan dengannya. Dalam hal ini, pengguna bisa mencarinya melalui fitur pencarian (ikon kaca pembesar) maupun melalui halaman membuat pesan baru (ikon balon teks di pojok kanan bawah).

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp - Lewat Aplikasi

Dari halaman percakapan, kemudian klik More (titik tiga di pojok kanan atas) dan pilih opsi View Contact. Selanjutnya, buka More sekali lagi dan pilih View in address book. Jika masuk ke data kontak telepon, cari tombol Delete untuk menghapusnya.

Cukup mudah untuk dilakukan memang, tetapi jika banyak yang akan dihapus bisa menjadi sangat melelahkan. Jika kamu tidak ingin melakukan hal ini, kamu bisa menggunakan metode mengirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan nomornya berikut ini.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar