ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

12 Fitur Baru iOS 17 yang Membuatnya Layak Dicoba

Fitur Baru iOS 17 - Header

Gadgetren – Versi stabil dari pembaruan sistem iOS 17 yang diperkenalkan pada acara WWDC (Worldwide Developer Conference) 2023 sudah tersedia untuk umum semenjak Tanggal 18 September 2023 kemarin.

Kita yang menggunakan perangkat iPhone keluaran Tahun 2018 ke atas dapat mengecek pembaruannya melalui halaman Settings > General > Software Update. Adapun dalam hal ini seri yang lebih baru setelah iPhone XR dan iPhone XS.

Pembaruan iOS 17 sendiri tak hanya menawarkan perbaikan dan peningkatan. Sistem operasi seluler generasi ketujuh belas tersebut juga membawa beberapa fitur baru yang siap membantu dan memanjakan para pengguna iPhone.

1. Contact Posters

Fitur Baru iOS 17 - Contact Posters

Lewat pembaruan mayor tersebut, Apple salah satu di antaranya memperkenalkan sebuah fitur yang diberi nama Contact Posters. Kita dapat memakainya untuk menyesuaikan tampilan menu saat melakukan panggilan suara.

Contact Posters secara khusus memungkinkan kita membedakan tampilan menu untuk setiap nomor kontak sehingga nanti bisa terlihat lebih personal. Kita dalam hal ini dapat mengubah-ubahnya dengan foto, Memoji, serta bentuk dan warna tulisan yang menarik.

Menariknya, fitur baru iOS 17 ini kabarnya tak hanya akan mendukung aplikasi Phone bawaan iPhone. Apple menyebutkan bahwa kita nanti juga dapat memakainya untuk aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga yang mengusung fungsi serupa.

2. Live Voicemail

Fitur Baru iOS 17 - Live Voicemail

Sistem iOS 17 juga memperkenalkan fitur Live Voicemail. Fungsinya untuk membuat transkripsi dari pesan suara yang ditinggalkan oleh penelepon ke bentuk tulisan secara real-time sehingga memungkinkan kita bisa segera mengecek isinya.

Dengan fitur Live Voicemail, kita pun bisa memastikan apakah pesan suara yang ditinggalkan oleh penelepon berisi sebuah hal penting atau tidak. Jadi kita bisa langsung memutuskan untuk mengangkat panggilannya atau membiarkannya.

Apple di sisi lain memastikan bahwa fitur ini tetap akan menjaga data privasi karena pemrosesan akan dilakukan di perangkat iPhone secara langsung memanfaatkan chip Neural Engine. Live Voicemail justru akan melindungi pengguna dari spam atau panggilan nomor tidak diketahui.

3. Video/Audio Message untuk FaceTime

Setelah melakukan pembaruan ke iOS 17, fitur FaceTime juga akan mendapat sejumlah peningkatan. Adapun salah satu di antaranya kita kini akan menjumpai opsi untuk meninggalkan pesan berbentuk video atau suara jika orang yang dihubungi sedang tidak tersedia.

Berbekal fitur baru iOS 17 ini, kita pun dapat segera menyampaikan apa yang ingin dikatakan meskipun kontak sedang tidak bisa menerima panggilan. Prosesnya tentu bisa sedikit lebih praktis ketimbang kita harus membuka menu secara terpisah.

4. StandBy

Fitur Baru iOS 17 - StandBy

Fitur baru yang disebut dengan StandBy juga ikut memperkenalkan diri bersama iOS 17. Berupa layar khusus dengan kilasan informasi berukuran besar, dukungan ini secara khusus menawarkan tampilan yang mudah dilihat dari jarak jauh.

Secara spesifik, kita dapat mengatur layar StandBy dengan berbagai macam tampilan jam, foto favorit, maupun widget. Kita juga dapat menggunakannya untuk menampilkan informasi dari Live Activities, hasil penelusuran Siri, panggilan masuk, atau pusat notifikasi dalam ukuran yang lebih besar.

StandBy sendiri mendukung Always-On display yang memungkinkan layar terus-menerus menampilkan informasi serta Night Mode yang dapat membuatnya beradaptasi dengan cahaya redup sehingga jam, foto, atau widget tetap terlihat indah.

5. Swipe to Reply di iMessage

Selain untuk FaceTime, pembaruan iOS 17 juga mengusung beberapa peningkatan untuk aplikasi iMessage. Fitur Swipe to Reply yang dapat membuat pengoperasian layanan menjadi lebih praktis menjadi salah satu di antaranya.

Seperti namanya, fitur Swipe to Reply memungkinkan kita mengutip pesan iMessage yang ingin dibalas dengan menggeser gelembung percakapan terkait ke arah kanan. Lebih sederhana jika dibandingkan dengan metode yang sebelumnya.

6. Check In

Fitur Baru iOS 17 - Check In

Aplikasi iMessage juga mendapat fitur baru bernama Check In lewat pembaruan sistem operasi iOS 17. Kita dapat memakainya untuk memberi tahu anggota keluarga atau teman ketika berhasil sampai di tujuan perjalanan dengan selamat.

Setelah diaktifkan, fitur Check In akan mengirim notifikasi ke kontak terkait secara otomatis apabila kita sudah sampai di tempat tujuan. Namun jika tidak membuat progres apapun maka sementara waktu akan digantikan dengan informasi berguna seperti lokasi perangkat, tingkat baterai, dan status layanan seluler.

7. NameDrop

Fitur Baru iOS 17 - NameDrop

Dukungan berbagi AirDrop pun turut mendapat sejumlah fitur baru dengan adanya pembaruan iOS 17 yang mana dirancang untuk membuatnya semakin mudah digunakan. Termasuk salah satu di antaranya adalah NameDrop.

NameDrop adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita berbagi informasi kontak mulai dari nomor telepon hingga pengaturan Contact Posters secara lebih praktis, yaitu hanya dengan mendekatkan kedua perangkat iPhone yang digunakan.

8. AirDrop via Internet

Yang tak kalah menarik, fungsi AirDrop pun akan dilengkapi dengan fungsi berbagi lewat koneksi internet. Jadi proses transfer data dapat tetap berlanjut meskipun kedua perangkat iPhone dibawa ke tempat yang terpisah lumayan jauh.

Hanya saja sayangnya, fitur berbagi lewat koneksi internet dari AirDrop ini belum tersedia saat versi stabil diluncurkan. Apple masih mengembangkannya dan berjanji akan mendistribusikan fungsi baru ini pada pembaruan minor iOS 17 setidaknya pada akhir Tahun 2023.

9. Fungsi Autocorrect yang Ditingkatkan

Fungsi autocorrect di iOS 17 juga mendapatkan model bahasa pembelajaran mesin khusus prediksi kata generasi baru. Apple mengungkapkan bahwa dukungan ini pun dapat memberikan pengalaman yang lebih baik karena mampu meningkatkan pengalaman dan akurasi dalam mengetik.

Desain tampilan untuk fungsi autocorrect pada pembaruan iOS 17 di sisi lain juga sedikit disegarkan. Kita kini dibuat semakin mudah untuk mengembalikan kata-kata yang sudah dikoreksi oleh sistem ke hasil ketikan asli hanya dengan mengetuknya.

10. Journal

Fitur Baru iOS 17 - Journal

Di antara peningkatan yang dibawanya, iOS 17 juga turut memperkenalkan sebuah aplikasi baru bernama Journal. Kita dapat memakainya untuk membuat jurnal atau catatan harian guna merenungkan setiap momen maupun peristiwa yang dialami.

Dilengkapi dengan fungsi saran yang dipersonalisasi, Journal pun memungkinkan kita menambahkan catatan harian dengan berbagai macam hal seperti foto, musik, atau rekaman suara. Terdapat juga fitur mengunci aplikasi dan enkripsi ujung ke ujung yang membuatnya semakin ramah terhadap privasi.

Sama halnya dengan fungsi AirDrop via internet, aplikasi baru dari Apple ini sayangnya juga belum tersedia di versi awal iOS 17. Journal kabarnya baru akan tersedia lewat beberapa pembaruan berikutnya di mana kurang lebih pada akhir Tahun 2023.

11. Apple Maps Offline

Bersama iOS 17, Apple Maps pun membawa dukungan untuk melakukan navigasi secara daring. Kita dalam hal ini dapat mengunduh peta untuk area-area tertentu kemudian memanfaatkannya tanpa perlu terhubung ke jaringan internet.

Termasuk dalam hal ini, kita pun masih tetap bisa menggunakan sejumlah fungsi dari Apple Maps. Kita di antaranya masih bisa mengakses fitur navigasi belokan demi belokan, melihat perkiraan waktu tiba, hingga menemukan lokasi dari suatu tempat.

12. Aktivasi Siri yang Disederhanakan

Perintah suara untuk asisten digital Apple pun dibuat semakin ringkas bersama hadirnya pembaruan iOS 17. Kita kini bisa mengakses berbagai macam fungsinya hanya dengan memanggil “Siri” diikuti permintaan yang diinginkan alih-alih menggunakan kalimat “Hey, Siri”.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar