ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Melihat Kontak yang Tersimpan di Google Secara Lengkap

Gadgetren – Menyimpan kontak melalui Google memiliki banyak keuntungan dalam hail fleksibilitas, keamanan, dan kemudahan akses karena dapat tersinkronisasi otomatis di semua perangkat yang menggunakan akun Google tersebut.

Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir kehilangan kontak jika berganti perangkat karena akan otomatis muncul setelah login ke akun Google bersangkutan.

Kontak yang disimpan di akun Google tidak menggunakan memori ponsel kamu karena ada pada penyimpanan awan sehingga sangat membantu jika ponsel memiliki ruang penyimpanan terbatas dan bisa diakses dari mana saja selama terhubung ke akun Google.

Cara Melihat Kontak yang Tersimpan di Google

  • Kunjungi https://contacts.google.com melalui browser.
  • Login menggunakan akun Google yang ingin kamu lihat kontaknya.
  • Setelah masuk, kamu akan melihat daftar semua kontak yang tersimpan di akun Google kamu.
  • Kamu dapat menambahkan, edit, atau menghapus kontak.
  • Kamu juga bisa melakukan impor atau ekspor kontak.

Google pun secara otomatis akan mencadangkan (backup) kontak kamu dan menyediakan keamanan yang tinggi dengan menggunakan metode enkripsi hingga autentikasi ganda untuk melindungi akun kamu.

Oleh karena itu pastikan opsi Sinkronisasi Kontak pada ponsel diaktifkan untuk melihat semua kontak yang tersimpan di Google. Dengan begitu, kamu dapat melihat dan mengelola kontak yang tersimpan di akun Google kapan saja.

Jika kamu secara tidak sengaja menghapus kontak atau mengalami masalah teknis, Google menyediakan opsi untuk memulihkan kontak yang hilang dalam jangka waktu tertentu hingga 30 hari.

Kamu juga bisa menambahkan informasi seperti alamat email, alamat rumah, perusahaan, dan lainnya agar kontak lebih lengkap. Kamu bisa mengimpor dan mengekspor kontak sehingga memudahkan ketika ingin memindahkannya ke akun tertentu.

Jika kamu hanya menyimpan kontak di memori ponsel atau kartu SIM, kontak tersebut bisa hilang jika perangkat atau SIM rusak atau hilang. Dengan Google, semua kontak jadi lebih aman dan tidak bergantung pada perangkat fisik.

Kontak yang tersimpan di Google juga terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti Gmail, Google Meet, dan Google Calendar. Hal ini memudahkan kamu saat mengirim email, menjadwalkan pertemuan, atau berkomunikasi melalui layanan Google lainnya.

Dengan berbagai keuntungan ini, menyimpan kontak melalui Google memberikan kemudahan, fleksibilitas, dan ketenangan karena data kamu selalu aman dan mudah diakses di berbagai perangkat.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar