ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik

Cara Mudah Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus

cara membaca pesan yang sudah dihapus whatsapp[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Sebenarnya, setiap hari aplikasi WhatsApp di perangkat kita selalu membuat backup secara otomatis. Dengan adanya hal ini, pengguna tak perlu merasa khawatir saat tanpa sengaja menghapus pesan miliknya.

Beberapa waktu lalu, saya mencoba fitur baru menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim ke salah satu penerima atau ke dalam sebuah grup. Namun, karena teledor, saya tanpa sengaja menghapus pesan yang cukup penting. Karena hal ini saya pun mencari cara bagaimana agar pesan tersebut dapat muncul kembali.

Secara otomatis, platform perpesanan yang berada di bawah naungan Facebook ini melakukan backup semua pesan pada pukul 02.00 dini hari setiap harinya ke dalam memori internal ponsel. Hal ini, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kembali pesan lama yang terhapus, yaitu pesan-pesan yang dikirim maupun diterima sebelum waktu pencadangan. Cukup berguna bukan?

Selain mencadangkan data secara offline di memori internal, backup data juga dilakukan secara online ke platform Goggle Drive jika kita telah membuat preferensi sinkronisasi otomatis di pengaturannya. Sama halnya dengan pencadangan secara offline, kita dapat mengembalikan pesan-pesan yang terhapus, namun dengan cara yang lebih mudah dengan metode pencadangan ini.

Anda hanya perlu menginstal ulang WhatsApp untuk mengembalikan data yang tersimpan di Google Drive. Saat memulai pengaturan awal, aplikasi WhatsApp secara otomatis akan menawarkan untuk memulihkan data-data lama yang tersimpan di platform could milik Google tersebut. Di luar kedua cara membuat backup WhatsApp secara otomatis tersebut, pengguna juga dapat membuat backup secara manual, tanpa perlu menunggu waktu backup.

Cara Membuka Menu Backup WhatsApp

Untuk mengakses opsi backup untuk WhatsApp, teman-teman dapat membuka aplikasi WhatsApp, kemudian klik ikon tiga titik(ikon menu lain) di pojok kanan atas, pilih setting, kemudian pilih Chats, dan masuk ke menu Chats Backup. Dari dalam menu pengaturan tersebut, kita dapat mengatur pencadangan data pada aplikasi WhatsApp.

Nah, jika teman-teman mengalami hal yang sama, menghapus pesan tanpa sengaja, teman-teman dapat menggunakan recovery data menggunakan Goggle Drive jika sudah mengaturnya. Namun jika belum, berikut di bawah ini ulasan cara membaca kembali atau mengembalikan pesan yang sudah dihapus di aplikasi WhatsApp dengan cara manual.

Cara Membaca Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus

Sedikit berbeda dengan recovery data menggunakan Goggle Drive, kita harus sedikit ribet kalau ingin mengembalikan data dengan cara manual. Selain caranya yang cukup ribet, kita harus memastikan bahwa data yang kita inginkan telah tersimpan di backup data ini. Data yang terhapus seharusnya tersimpan sebelum waktu pencadangan dan kita dapat mengembalikannya jika sudah dicadangkan.

Untuk mengembalikan pesan dan membaca kembali pesan yang sudah dihapus, ikuti langkah berikut ini :

Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Dihapus dengan Cara Manual

  1. Buka file manager yang telah terinstal di ponsel
  2. Buka folder WhatsApp, kemudian cari Databases untuk mencari data-data yang terhapus
  3. Backup data WhatsApp dalam folder tersebut memiliki format msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt** denganYYYY adalah tahun, MM adalah bulan, dan DD adalah tanggal. Salin data yang ingin dikembalikan sesuai dengan tanggal backup ke folder lain.
  4. Uninstal aplikasi WhatsApp
  5. Ubah nama data backup menjadi msgstore.db.crypt** tanpa mengubah nomor ** yang tertulis. Dan kembalikan ke folder Databases di dalam folder WhatsApp
  6. Setelah itu, install kembali WhatsApp ke ponsel

Setelah instal ulang berhasil, kita akan diarahkan untuk memulihkan data yang telah tersimpan. Ketuk Pulihkan untuk mengembalikan data. Dan selamat, pesan kita telah kembali. Oiya, jika pesan tidak kembali, bisa terjadi karena kita salah memilih data. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati karena setelah instal ulang bisa jadi data yang kita maksud malah ikut hilang.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

6 Komentar

  • Kak gimana caranya untuk mengembalikan chat yang sudah lama terhapus dengan beberapa tanggal misalnya tanggal 12,13,14 caranya gimana kak?

    • Kalau tidak kembali besar kemungkinan data sudah tertimpa dengan data baru sehingga sulit untuk dikembalikan lagi

  • Mohon bantuannya. Jika sy telah mengalami unisntal aplikasi whatsapp di hp lenovo. Kemudian sy ganti hp xiaomi. Dan sy instal whatsapp lagi di xiaomi. APAKAH BISA CHAT yg di lenovo dikembalikan baik di lenovo /di xiaomi?. Bagaimana caranya?

    • Kalau sebelumnya sudah melakukan backup, nanti pasti login WhatsApp di HP baru akan ada notifikasi untuk mengembalikan chat atau tidak