Tips dan Trik

Cara Membatalkan Pesan WhatsApp yang Sudah Terlanjur Terkirim

cara membatalkan pesan whatsapp yang sudah terkirim header[Sumber: Pexels]

Gadgetren – Secara resmi, WhatsApp mengenalkan fitur menghapus pesan pada tanggal 31 Oktober 2017, agar kita dapat membatalkan pesan chat yang sudah terlanjur terkirim ke orang lain.

WhatsApp merupakan salah satu platform yang senantiasa mengembangkan fitur-fiturnya. Sebagai platform dengan pengguna terbanyak, WhatsApp selalu menghadirkan fitur baru di dalam aplikasinya. Setelah mengusung fitur Story ke dalamnya, kali ini WhatsApp mengenalkan fitur menghapus pesan chat dalam platformnya.

Salah pencet maupun salah kirim merupakan hal yang sangat manusiawi bagi kita. Kesalahan tersebut sering menimpa beberapa orang. Tanpa sengaja, kita dapat mengirim pesan ke grup yang salah, atau dapat mengirim pesan dengan tulisan yang tidak semestinya.

Namun, jika Anda menggunakan WhatsApp dengan versi yang paling baru, Anda dapat menarik kembali pesan tersebut, alias membatalkannya. Fitur ini datang beberapa waktu lalu, setelah WhatsApp mengujinya pada beberapa orang, dan mengumumkan secara resmi di blog resminya.

Fitur menghapus pesan chat baru ini hadir di beberapa platform, yaitu iPhone, Android, Windows Phone, dan PC. Pengguna dapat menggunakan fitur menghapus pesan WhatsApp pada platform apapun, akan tetapi perlu diperhatikan bahwa pengguna harus menggunakan versi terbaru dari aplikasinya.

Perlu diperhatikan, kata pengguna di atas berarti pengirim maupun penerima pesan. Jadi, untuk menggunakan fitur tersebut pengirim maupun penerima pesan harus memperbarui aplikasinya pada versi terbaru. Anda dapat memperbaruinya melalui Google Play Store untuk Android, App Store untuk iPhone, dan Windows Store untuk Windows Phone.

Cara Membatalkan Pesan WhatsApp yang Sudah Terkirim

Seperti yang dijelaskan pada ulasan sebelumnya, Anda perlu mengupdate aplikasi WhatsApp yang digunakan sebelum menghapus pesan yang telah terkirim di chat personal maupun grup. Setelah mengupdatenya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Urutan Membatalkan Pesan WhastApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp dalam perangkat Anda.
  2. Buka salah satu obrolan, baik itu chat personal atau chat grup.
  3. Ketikan pesan yang ingin dikirim, kemudian klik tombol Kirim.
  4. Jika Anda ingin membatalkannya, Anda dapat melakukannya seperti akan menghapus pesan chat biasanya. Kalu di Android, Anda dapat menekan lama pada chat yang dikirim, lalu pilih ikon tong sampah pada saat muncul menu pada bagian atas.
  5. Sesaat setelah memilih opsi hapus, Akan muncul beberapa pilihan, dan pilih DELETE FOR EVERYONE.
  6. Setelah berhasil, chat yang Anda kirim akan hilang, berganti tulisan You deleted this message.

Pesan WhatsApp yang Berhasil Dihapus

Cukup mudah bukan untuk menggunakan fitur ini. Namun perlu diperhatikan, fitur ini hanya berlaku untuk pesan yang dikirim dalam kurun waktu 7 menit setelah dikirim. Jadi, lebih baik berhati-hati saat menulis pesan agar tidak salah kirim atau tidak sengaja menekan tombol kirim.

 

Leave a Comment