Featured Review

Review D-Link DWM-222 4G LTE – Cukup Pasang Kartu SIM & Colok Ke Laptop Untuk Langsung Internetan

D-Link DWM-222 Review Header

Gadgetren – D-Link merupakan salah satu vendor perangkat jaringan yang sudah sangat terkenal dan banyak digunakan termasuk di Indonesia. 

Nah kali ini saya kembali berkesempatan untuk mencoba salah satu produk mereka, yakni modem D-Link DWM-222 4G LTE USB Adapter. Produk satu ini punya fungsi berbeda dengan sebelumnya yang telah saya ulas, DWA-192, dengan desain unik untuk WiFi adapter yang membuat saya terpukau. 

Modem DWM-222 ini akan membuat kartu SIM operator kesukaan kamu dapat digunakan pada perangkat seperti laptop untuk terhubung ke internet saat tidak ada jaringan WiFi. Kehadiran modem USB sendiri sudah cukup lama di Indonesia sebagai salah satu perangkat yang digunakan untuk bisa berinternetan. 

Lalu bagaimana dengan performa dan fitur yang ditawarkan oleh D-Link DWM-222? Berikut ulasannya dari tim Gadgetren 

Desain 

D-Link DWM-222 Review Tampilan

D-Link DWM-222 punya bentuk yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan modem USB yang sudah beredar cukup lama. Warna hitam berbahan doff membaluti terasa sangat berkualitas dan nyaman digengam yang juga akan membuat modem satu ini tidak mudah cepat terlihat kotor.  

Dimensinya jika dilihat dari spesifikasi teknis sekitar 10,3 cm (P) x 3,4 cm (L) x 1,1 cm (T). Meskipun ukurannya terbilang biasa saja jika dibandingkan USB modem lainnya di pasaran, namun tetap sedikit terlalu besar untuk era sekarang ini. Hal ini akan membuat slot USB disampingnya terkadang tidak bisa digunakan untuk memasang perangkat lain secara mudah karena sedikit terhalang. 

Di bagian luar terdapat lampu indikator yang akan berubah – ubah warnanya sebagai penanda seperti merah saat belum terhubung, hijau saat sudah terhubung ke jaringan 4G LTE, atau biru untuk jaringan 3G. Lampu ini tentunya sangat berguna karena bisa mengecek kualitas jaringan tanpa perlu melihatnya melalui aplikasi. 

D-Link DWM-222 Review Buka

Untuk fitur lainnya dapat ditemukan pada bagian dalam modem setelah melepas penutup belakang. D-Link DWM-222 memiliki slot kartu SIM berukuran standar dengan tempat yang cukup besar sehingga mudah untuk memasang maupun mengeluarkan kartu SIM. Selain itu ada juga slot microSD yang mendukung hingga kapasitas 32GB sebagai tempat penyimpanan portable layaknya flashdrive. 

Tidak banyak hal yang akan kamu temukan di modem DWM-222 itu sendiri, namun ini sangat pas sekali  karena konsumen pastinya ingin suatu perangkat yang sederhana digunakan sebagaimana harusnya. Tentu saja karena DWM-222 merupakan USB modem, maka kamu juga tidak perlu khawatir soal baterai maupun kabel. 

Baca Juga: Router canggih berkinerja tinggi untuk para gamer dari D-Link

Pemasangan

D-Link DWM-222 Review Depan

Proses pemasangan D-Link DWM-222 terbilang sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu mengerti tentang jaringan maupun tahu konfigurasi lainnya. Hal ini sudah menjadi kelebihan dari perangkat D-Link jika melihat produk – produk yang telah diulas sebelumnya yang juga mengedepankan kemudahan dalam pemasangan pertama kali. 

Untuk D-Link DWM-222 sendiri kamu cukup mencoloknya ke port USB yang ada di komputer atau laptop setelah memasang kartu SIM pada slot yang sudah disediakan. Nantinya pada laptop akan langsung muncul sebuah jendela setup secara otomatis yang akan penginstal aplikasi D-Link Connection Manager. Jika tidak maka kamu harus menjalankan setup secara manual yang terdapat pada drive D-Link Modem yang muncul. 

D-Link DWM-222 Instalasi

Selanjutnya kamu tinggal menunggu aplikasi berjalan dan modem otomatis akan menghubungkan perangkat ke jaringan internet tanpa perlu kamu memasukkan APN atau konfigurasi hal lainnya. Tentu ini membawa kemudahana karena biasanya untuk modem USB kamu harus memasukkan APN yang berbeda untuk setiap operator terlebih dahulu sebelum bisa terhubung ke internet. 

Kuncinya di sini merupakan otomatis. D-Link dengan menghadirkan modem DWM-222 4G-LTE USB Adapter benar – benar memberikan pengalaman plug and play yang nyata. Cukup dengan mencoloknya di slot USB dan kamu sudah bisa langsung menggunakan tanpa perlu ada yang di otak – atik. D-Link DWM-222 ini dapat digunakan pada sistem operasi Window, MacOS, dan Linux.  

Tes Kecepatan 

Secara teori D-Link DWM-222 mampu memberikan downspeed hingga 150 Mbps dan upspeed 50 Mbps dalam jaringan 4G, 3.5G, 3G, dan 2.5G. Tentu saja semua ini akan sangat ditentukan juga oleh operator kartu SIM yang digunakan dan lokasi di mana kamu berada maupun kekuatan sinyal. Itu semua akan menjadi faktor dasar saat menggunakan perangkat modem USB Adapter. 

Dalam review kali ini saya menggunakan kartu SIM dari operator 3 karena punya kuota besar dan cocok bagi yang senang download. Selain itu dengan menggunakan kartu 3, saya juga bisa mengecek kestabilannya karena operator satu ini bisa dikatakan tidak mempunyai sinyal yang baik. 

Melalui situs speedtest.net yang sudah biasa digunakan untuk mengetes kecepatan koneksi internet, saya mendapatkan hasil downspeed hingga mencapai 22 Mbps dan upstream hingga 12 Mbps dengan latency di bawah 30ms. Cukup mengagumkan, ditambah lagi waktu respon rendah yang tidak jauh berbeda dibandingkan layanan internet rumahan. 

D-Link DWM-222 Speedtest

Melihat dari hasil tersebut tentunya D-Link DWM-222 terbilang cocok untuk digunakan bermain game online sekalipun sehingga buat yang ingin menggunakannya sekedar untuk berinternetan ria terasa sudah lebih dari cukup. 

Tentu saja dikarenakan modem ini mendukung jaringan lawas, kamu tidak perlu takut saat mendapatkan sinyal jelek karena DWM-222 akan langsung menyesuaikannya tanpa perlu memutuskan koneksi terlebih dahulu. 

Baca Juga: Punya balita yang harus selalu diawasi? Gunakan saja WiFi kamera D-Link DCS-700L

Dukungan Software

Saat proses pemasangan pertama kali di laptop atau komputer, D-Link DWM-222 juga akan menginstal aplikasi Connection Manager yang punya banyak fungsi. Melalui aplikasi ini kamu hampir dapat menggunakan seluruh fungsi utama dari kartu SIM. 

Pada tampilan Home, kamu dapat melihat status jaringan sudah terhubung atau tidak, tipe konektivitas, kekuatan sinyal, beserta kecepatan upspeed dan downspeed yang terletak di bagian bawah. Sebuah fitur standar yang tetap penting untuk mengetahui informasi koneksi secara sekilas. 

Connection Manager Home

Menu selanjutnya ada SMS, kontak, dan kode USSD. Pada menu SMS kamu dapat melihat segala pesan yang masuk ke nomor SIM tersebut maupun untuk mengirim pesan sedangkan menu kode USSD bisa kamu gunakan untuk melakukan yang biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan informasi kartu seperti kuota dan paket internet layaknya saat digunakan pada smartphone. 

Connection Manager Statistic

Di sampingnya ada menu statistik dengan grafik yang saya rasa cukup penting untuk pengguna internet berkuota. Melalu fitur ini kamu bisa mengetahui pergerakan kecepatan internet stabil atau tidak, jumlah data yang sudah ter-download baik itu harian, bulanan, hingga tahunan yang akan selalu tersimpan. Jadi kamu bisa selalu mengetahui bagaimana kondisi penggunaan kuota. 

Connection Manager Profile

Selanjutnya ada menu pengaturan dari modem D-Link DWM-222 seperti memasukkan data APN dan membuat profil. Untuk menu satu ini navigasi agak sedikit sulit karena saat saya coba membuat profile tidak bisa menggunakan tombol TAB untuk berpindah kolom. Kamu juga bisa mengatur aplikasi untuk memberitahu saat koneksi sedang tersambung atau terputus. 

Baca Juga: Ubah peralatan elektronik kamu jadi perangkat Smart Home dengan DSP-W215

Kesimpulan 

D-Link DWM-222 Review Box

USB Modem D-Link DWM-222 4G LTE merupakan perangkat yang sangat mudah digunakan dan sangat baik. Keluar dari boks dan memasangkan kartu SIM, modem ini bisa langsung digunakan tanpa perlu ada konfigurasi. Sebuah pengalaman yang bisa dikatakan sebagai esensi dari fasilitas perangkat plug and play. 

Buat kamu yang memang laptopnya butuh konektivitas cepat seperti 4G LTE tapi juga tidak mau pusing soal baterai bisa memilih D-Link DWM-222. Walaupun ukurannya masih terbilang besar, namun modem ini patut untuk dipilih bagi yang sering bepergian dengan laptop dan sulit mendapatkan jaringan WiFi di lokasi. 

 

Secara keseluruhan, tidak ada salahnya punya D-Link DWM-222 untuk selalu siap sedia disaat laptop kamu membutuhkan koneksi internet karena tidak harus khawatir soal baterai atau lainnya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
D-Link DWM-222 4G LTE USB Adapter
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Comment