Review

Review D-Link DWA-192 – WiFi Adapter USB Super Cepat dan Ringkas Untuk Dibawa

d-link-dwa-192-header

Pada era sekarang ini nirkabel atau yang sering kita sebut Wireless sudah sangat umum dijumpai di berbagai perangkat modern baik itu laptop, ponsel genggam, bahkan hingga console game menyediakan konektivitas WiFi. Kecepatan transfer menggunakan WiFi pun sudah sangat cepat bahkan sudah mungkin untuk melebihi kabel konvensional.

Nah kali ini D-Link telah merilis WiFi Adapter AC1900 USB pertama mereka, yakni DWA-195. Dengan adanya adapter ini yang mendukung jaringan nirkable 802.11ac/n/g/b/a kamu bisa mendapatkan kecepatan maksimal dari router AC1900 untuk perangkat yang belum mendukung seperti laptop. Ditambah lagi dengan desainnya yang portable dan menggunakan USB 3.0 membuat DWA-195 sangat fleksibel.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai WiFi Adapter super cepat dari D-Link, berikut review DWA-195 dari Gadgetren.

Desain

d-link-dwa-192-desain-depan

D-Link DWA-192 mempunyai desain berbentuk bulat yang sekilas terlihat seperti Pokeball dari serial kartun Pokemon. Menariknya, DWA-192 tidak mudah terguling walaupun bentuknya yang bulat. Hal ini berkat bagian bawahnya yang rata dan dilengkapi dengan karet pengaman. Secara keseluruhan bahannya terbuat dari plastik, namun tetap terasa sangat kokoh.

Di bagian belakang terdapat port USB 3.0 sebagai sumber tenaga dan penghubung, tombol WPS agar dapat terhubung dengan mudah ke router yang kompatibel, dan tombol power on/off lampu indikator yang berada di bagian tengah.

Lampu indikator tersebut mempunyai tiga perubahan, yakni mati yang berarti tidak ada tenaga, berkedip yang berarti mencari koneksi, dan menyala penuh yang berarti sudah terhubung ke jaringan. Lampu indikator berwarna biru ini menambah kesan futuristik terhadap DWA-192.

Ukuran DWA-192 ini memang jauh lebih besar dibandingkan dengan WiFi Adapter USB Stick kebanyakan yang sering ditemui. Akibatnya sedikit sulit untuk dibawa bepergian karena tidak membutuhkan ruang lebih banyak jika dimasukkan ke dalam tas.

Pemasangan

d-link-dwa-192-desain-belakang

Untuk pemasangan D-Link DWA-192 terbilang sangat mudah. Sebelum menghubungkan ke laptop, kamu harus install driver terlebih dahulu. Namun, saya harus download secara langsung dari situs D-Link karena driver yang disediakan dalam bentuk Mini CD tidak kompatibel terhadap sistem operasi Windows 10 yang saya gunakan.

Setelahnya DWA-192 dapat langsung terhubung secara langsung ke laptop. Sebagai catatan, buat kamu yang laptop atau komputer sudah memiliki WiFi harus memastikan adapter mana yang terhubung karena hanya salah satu adapte saja yang dapat menyala.

Spesifikasi & Performa

d-link-dwa-192-install

D-Link DWA-192 sebagai WiFI adapter dengan label AC1900 dapat bekerja di dua frekuensi, yakni di 2.4GHz dengan kecepatan maksimal 600Mbps dan di 5GHz dengan kecepatan maksimal 1,300Mbps. Selain itu juga terdapat teknologi Advanced AC SmartBeam dari D-Link agar sinyal langsung terarah ke router dan dikatakan mampu menembus tembok.

Untuk mengetahui secara nyata, saya melakukan dua percobaan transfer data ukuran cukup besar dalam jumlah banyak dari komputer utama ke laptop yang dipasangkan DWA-192 dalam kondisi ruangan berbeda maupun ketika perangkat berbeda satu lantai untuk setiap frekuensi.

Dalam frekuensi 2.4GHz, DWA-192 mampu mengirimkan data dengan kecepatan rata-rata sekitar 24MB/s untuk ruangan yang berbeda dan sekitar 13MB/s ketika digunakan di lantai berbeda. Peningkatan kecepatan beberapa kali dibandingkan menggunakan WiFi bawaan yang memiliki kecepatan transfer sekitar 3MB/s.

DWA-192 juga memiliki performa yang luar biasa di frekuensi 5GHz. Ketika saya mencoba mengirim data dari ruang yang berbeda mampu meraih kecepatan hingga 41MB/s, sedangkan ketika berbeda lantai mencapai kecepatan sekitar 28MB/s. Perbedaan kecepatan transfer yang signifikan dibandingkan frekuensi 2.4GHz

Kesimpulan

D-Link DWA-192 yang bisa kamu dapatkan di kisaran Rp 950.000 ini mampu menawarkan performa tinggi baik itu dalam hal jangkauan maupun kecepatan transfer. Sangat praktis dan mudah untuk digunakan walaupun bentuknya lebih besar dari adapter kebanyakan sehingga mengurangi portabilitas.

WiFi adapter ini cocok bagi yang sering memindahkan file berukuran besar atau ruangan sulit mendapatkan sinyal WiFi, tentunya juga sudah siap menggunakan frekuensi 5GHz. Sedangkan yang masih mengandalkan frekuensi 2.4GHz tidak terlalu mendapatkan banyak keuntungan.

D-Link DWA-192 bisa menjadi alternatif buat kamu yang tidak menginginkan adapter PCI atau ingin mendapatkan kecepatan transfer lebih tinggi.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut yang suka memantau perkembangan teknologi

Writer di Gadgetren