Review

Review D-Link Smart Plug DSP-W215 – Kendalikan Barang Elektronik Dari Smartphone

D-Link DSP-W215 Header

GADGETREN – Kamu suka lupa apakah sudah mematikan suatu barang elektronik setelah digunakan dan berharap bisa mengeceknya? Nah, D-Link Smart Plug DSP-W215 bisa mengubah hidup kamu dapat mengendalikannya melalui smartphone di mana dan kapan saja.

Dengan harga sekitar Rp 600.000, kamu bisa menggunakan Smart Plug besutan D-Link ini untuk mengubah hampir semua barang elektronik yang kamu inginkan menjadi produk smart home yang bisa kamu kendalikan dari smartphone. Masih ada beberapa fitur unik lainnya lagi yang dimilikinya untuk membuat hidup menjadi lebih mudah. Berikut ulasan D-Link Smart Plug DSP-W215 dari Gadgetren.

Desain

D-Link DSP-W215 Boks

Boks dari Smart Plug mempunyai informasi singkat yang menunjukkan bagaimana dia bekerja jika kamu berencana untuk menggunakannya. Bersamaan dengan Smart Plug kamu juga, kartu garansi, buku panduan, dan kartu quick install untuk membantu saat proses pemasangan. Kelengkapan yang lumrah ditemukan setiap membeli barang elektronik.

D-Link DSP-W215 Isi

Smart Plug DSP-W215 berwarna putih ini mempunyai kesan minimalis yang dapat berbaur tanpa harus terlihat mencolok. Terdapat dua tombol saja di Smart Plug, yakni tombol power di bagian depan dan tombol tombol WPS di samping kanan dengan lampu indiktator untuk mengetahui statusnya. Secara keseluruhan desainnya sangat sederhana dan terbukti berfungsi dengan baik.

Desainnya terbilang tidak ada yang spesial, tetapi ukurannya cukup besar dengan dimensi 117 x 66 x 39,3 mm sehingga terkadang bisa mengganggu steker disamping. Untungnya jika dipasang pada stop kontak tunggal tidak akan terlalu menjadi masalah.

D-Link DSP-W215 Desain

Fitur & Performa

Konfigurasi D-Link Smartplug DSP-W215 cukup mudah, kamu cukup memasangkannya ke stop kontak, tekan tombol power, dan menjalankan aplikasi mydlink Home di smartphone. Kamu harus membuat akun mydlink jika belum punya dan jika sudah maka tinggal pilih menambahkan perangkat. Setelah kamu mengikuti langkah pemasangan yang tertera, kamu langsung dapat melakukan akses sepenuhnya melalui smartphone. Satu-satunya masalah yang saya rasakan itu ketika dipasangkan ke stop kontak terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyala.

Fitur paling dasarnya memang untuk mematikan atau menghidupkan peralatan elektronik, namun Smart Plug juga dapat mencatat besaran daya listrik yang terpakai secara real time yang dapat kamu lihat melalui smartphone. Kamu juga dapat menghitung dan mengatur penggunaan daya sehingga perangkat yang terhubung tidak boros listrik atau kelebihan. Ini merupakan fitur yang sangat berguna pastinya karena pengguna bisa mengetahui seberapa banyak yang bisa dipangkas untuk penghematan.

D-Link DSP-W215 Info

(klik untuk perbesar)

Selain itu, kamu dapat memantau temperatur dari Smart Plug dan memberikan batasan maksimal yang boleh dicapai sehingga perangkat akan langsung mati secara otomatis untuk menjaga agar terhindar dari suatu hal yang tidak diketahui yang mengakibatkan kepanasan.

Smart Plug juga bisa memberikan jadwal kapan perangkat harus aktif. Terdapat dua modus pengaturan jadwal yang bisa kamu piiih, yakni Basic dan Advance. Perbedaannya pada modus Advance kamu dapat mennyesuaikan interval waktu setiap harinya lebih detil lagi. Mengatur penggunaan daya listrik agar biaya setiap bulan menjadi lebih murah menjadi salah satu alasan banyak yang mencoba produk smart home dan D-Link Smart Plug berhasil melakukan itu.

D-Link DSP-W215 Schedule

(klik untuk diperbesar)

Aplikasi mydlink Home sendiri bisa kamu gunakan untuk mengakses Smart Plug melalui jaringan Wi-Fi atau melalui internet sehingga kamu bisa memantau informasi perangkat di mana saja selama jaringannya terhubung. Tentu saja seberapa responsif perintah di eksekusi tergantung dengan seberapa baik koneksi internet yang digunakan jika kamu tidak berada di jaringan Wi-Fi.

Kesimpulan

D-Link Smart Plug DSP-W215 merupakan sebuah produk sederhana yang dapat melakukan seperti apa dijanjikan dan memenuhi tujuannya. Terdapat pilihan pengaturan yang fleksibel sehingga dapat disesuaikan bagaimana kamu ingin mengatur semuanya. Ditambah lagi kalau kamu juga menggunakan produk D-Link lainnya yang saling berhubungan maka Smart Plug merupakan perangkat tambahan yang sangat berguna.

Apakah kamu harus membeli D-Link Smart Plug DSP-W215? Jika kamu ingin mencoba untuk membuat lingkungan smart home, Smart Plug merupakan langkah awal yang cukup baik untuk merasakan keuntungannya. Harganya memang terbilang cukup mahal apalagi jika membutuhkan dalam jumlah banyak, tetapi akan terasa setimpal nantinya karena sudah tidak perlu lagi perlu memikirkan kapan harus mematikan atau menyalakan perangkat  yang akhirnya membuat pemakaian listrik lebih hemat dan tagihan berkurang.

Summary
Review Date
Reviewed Item
D-Link Smart Plug DSP-W215
Author Rating
31star1star1stargraygray

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment